Sukses

Canggih, Spion Pun Kini Berbasis Video Streaming HD

Liputan6.com, California - Mengikuti langkah Nissan, pabrikan mobil asal Amerika Serikat (AS), Cadillac tak mau ketinggalan untuk memperkenalkan teknologi streaming video dengan resolusi tinggi.

Teknologi ini rencananya akan disematkan pada kaca spion tengah model sedan CT6 mereka pada akhir 2015.

Cadillac mengatakan, teknologi ini mampu meningkatkan 300 persen visibilitas pengendara, yang mana lebih baik empat kali lipat dibandingkan kaca spion standar.

Canggihnya, sebagaimana dilansir dari Carscoops, Senin (22/12/2014), teknologi ini memungkinkan pandangan pengemudi yang tak lagi dihalangi headrest pada kursi di belakang, juga atap dan pilar.

"Perbandingannya setara ketika kita mengemudikan mobil atap terbuka," ujar Executive Chief Engineer Cadillac CT6, Travis Hester.

"Sebagai tambahan (teknologi ini) mampu meningkatkan cakupan penglihatan, di mana menanggalkan beberapa komponen yang mengganggu visibilitas seperti pilar belakang, yang mana memberikan pandangan yang lebih jelas bagi pengendara."

Adapun, kaca spion ini didukung dengan kamera beresolusi High Definition yang juga mampu beroperasi ketika pencahayaan minim atau gelap sekalipun. Untuk kacanya, menggunakan layar 1.240 x 240 berjenis TFT-LCD dengan kerapatan piksel 171 ppi.

Dijelaskan, teknologi kaca spion ini beroperasi layaknya kamera yang terhubung dengan televisi. Hanya saja, dalam penerapananya, Cadillac mengoneksikan kamera dan spion mengunakan jaringan nirkable. Seluruh data yang dihimpun dari kamera dikirimkan dan diterima oleh layar yang berbentuk kaca spion secara streaming.