Sukses

Kala Porsche Klasik Jadi Investasi Menggiurkan

tingginya harga pada Porsche 911 Carrera RS adalah karena sasis asli dan mesin dalam kondisi terbaik.

Liputan6.com, Stuttgart - Melakukan investasi jangka panjang tak melulu dilakukan dalam bentuk perhiasan atau properti. Rupanya, membeli mobil klasik pun dapat menjadi bentuk investasi yang cukup menguntungkan.

Di Inggris contohnya, salah satu mobil klasik yang harganya terus merangkak naik adalah Porsche 911 Carrera RS lansiran 1973. Mobil yang tergolong sportcar ini mengalami kenaikan nilai harga mencapai 669 persen dalam satu dekade terakhir.

Melansir laman Telegraph, Jumat (12/12/2014), pada tahun 2004 silam, sebuah Carrera RS dihargai 65 ribu Pound Sterling atau sekitar Rp 1,27 miliar. Tak sampai 10 tahun atau di tahun 2011, sportcar ini dibanderol seharga 200 ribu Pound Sterling atau sekitar Rp 3,92 miliar.

Yang lebih mengejutkan lagi, harga Carrera RS saat ini mencapai kisaran 500 ribu Pound Sterling atau sekitar Rp 9,8 miliar Tentu, tingginya harga tersebut bergantung pada kondisi dan orisinalitas.

Dikatakan, kunci dari tingginya nilai investasi pada Porsche 911 Carrera RS adalah mempertahankan sasis asli dan mesin dalam kondisi terbaik.

Dicontohkan oleh seorang spesialis Porsche yang berbasis di Oxfordshire, Inggris, pemilik Porsche Carrera RS kenalannya belum lama ini dapat menjual mobil tersebut dengan harga mencapai 600 ribu Pound Sterling atau 11,76 miliar. Mobil ini dijual dengan kondisi yang terawat dan memiliki riwayat perawatan yang terjadwal pada buku servisnya. (Ysp/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini