Sukses

Berumur 100 Tahun, Fiat Ini Masih Menyalak!

Otot pacu yang tertanam di bagian depan mobil berbedar Fiat itu menyimpang sejumlah sejarah besar.

Liputan6.com, Jakarta - Suara menyalak terdengar begitu keras ketika sebuah mesin tua yang berusia 100 tahun berhasil menyala. Otot pacu yang tertanam di bagian depan mobil berbedar Fiat itu menyimpan sejumlah sejarah besar.

Betapa tidak, Mobil Fiat S76 yang memiliki julukan "The Beast of Turin" itu dibuat pada 1910 silam dan berhasil menorehkan sebagai kendaraan darat tercepat dan mampu menembus 186,88 km/jam pada masanya.

Bahkan pada tahun 1912, saat digunakan meluncur di Long Island, Fiat S76 mampu mencapatkan kecepatan 290 km/jam dan menembus 200 km/jam ketika meluncur di sirkuit Brooklands pada 1911.

Namun kini, sebagaimana dilansir dari Worlcarfans, Kamis (4/1/2/2014), Duncan Pittwaway coba mengurai kejayaan mobil tersebut dengan merakit kembali seluruh komponen menjadi sebuah mobil yang utuh.

Berdasarkan sebuah video, tim mulai menyusun seluruh komponen dengan rapi dan memastikan tidak ada komponen yang tertinggal. Kemudian ada tim yang khusus merakit sasis adapula yang ditugasi memasang mesin.

Setelah semuanya rampung, kemudian Fiat S76 dibawa ke luar workshop dan diisi tim menyalurkan bahan bakar ke mobil. Untuk menghidupkannya, salah satu anggota tim memutar engkol yang beradar di bagian depan mobil. Setelah dua kali diputar akhirnya mesin pun hidup dan brummm!

Suara menyalak begitu keras keluar dari mesin yang tak lagi muda itu. Sesekali terlihat percikan api keluar dari hasil pembakaran mesin. Penasaran? Berikut videonya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini