Sukses

Pekerjaan Rumah Menteri Jokowi di Industri Roda Dua

Pembantu presiden diharapkan mampu menyelesaikan sengkarut logistik yang saat ini menghantui pelaku industri.

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) menyambut baik pengumuman menteri-menteri di Kabinet Kerja masa pemerintahan Joko Widodo (Jokowi).

Ketua Umum AISI Gunadi Sindhuwinata menuturkan, pekerjaan rumah telah menanti para menteri kabinet. Untuk industri otomotif sendiri, ia mengharapkan, 'pembantu presiden' itu mampu menyelesaikan sengkarut logistik yang saat ini menghantui pelaku industri.

"Untuk mendukung pertumbuhan, kebijakan yang tepat perlu dilakukan. Khususnya, untuk menyelesaikan masalah pengiriman logistik," kata Gunadi kepada Liputan6.com melalui sambungan telepon.

Industri roda dua, lanjut Gunadi, dipercaya tembus 8 juta unit pada tahun 2014 ini. Karenanya, untuk menopang target tersebut, industri-industri komponen dan pendukung lainnya perlu dilibatkan. 

"Bagaimana mempercepat pengiriman dari suplier ke pabrik produksi itu yang harus diperhatikan. Sekarang ini, macet dan infrastruktur menjadi kendala utama dalam proses logistik," beber dia.

Tak heran, kondisi jalan yang membuat waktu pengiriman acapkali terlambat, mau tak mau memengaruhi proses produksi. "Biaya BBM tinggi belum lagi operasional sopir karena kondisi jalan," imbuhnya.

"Industri otomotif menyumbang pendapatan ke negara tidak hanya dalam bentuk pajak, tapi juga lapangan kerja. Setidaknya dua juta orang tergantung pada industri otomotif," lanjut Gunadi. (Gst/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini