Sukses

H2R, Motor Tercepat di Dunia Versi Kawasaki

Liputan6.com, Cologne - Pabrikan roda dua ternama asal Jepang, Kawasaki, akhirnya membuka tabir dari model motor sport terbaru mereka di ajang Intermot. Kuda besi dengan julukan H2R itu sukses menjadi salah satu primadona di pameran akbar tersebut.

Dilansir dari Visordown, Rabu (1/10/2014), motor yang siap merambah pasar mulai 2015 itu menggendong mesin segaris berkapasitas 998cc supercharged liquid-cooled. Walau belum ada informasi resmi dari tenaga yang sanggup dihasilkan mesin tersebut, yang pasti H2R memiliki output setara 296 horse power (HP).

Dijelaskan, supercharger yang dibenamkan dalam mesin tersebut dirancang oleh Kawasaki Heavy Industries (KHI) Group. Menurut Kawasaki, komponen tersebut membantu dalam menghasilkan performa dan akselerasi yang lebih tinggi.

Kawasaki H2R hadir dengan jarak sumbu roda yang lebih panjang, dan memungkinkan handling yang lebih baik, serta fairing berbahan serat karbon untuk meningkatkan stabilitas.

Tak luput, sisi lengan ayun dan rangka juga terbuat dari baja untuk memberikan kekuatan dan mampu menyerap getaran yang berlebihan ketika motor melaju pada kecepatan tinggi.

H2R hadir dengan ukuran roda 120/600R17 pada bagian depan, sedangkan roda belakang menggunakan 190/650R17. Sepeda motor tunggangan rider professional ini juga tak diperkenankan untuk berlari di luar sirkuit. Dijelaskan pula, tipe ban yang dipakai tak boleh sembarangan, selain jenis slick.

Tak cuma mengandalkan KHI Group untuk melahirkan H2R, Kawasaki Aerospace Company turut dikerahkan dalam membuat bodi berbasis serat karbon. Tak heran, motor ini digadang-gadang memiliki aerodinamika baik, optimalisasi pendinginan melalui fairing serta lekuk desan yang dirancang untuk memiliki hambatan angin kecil dengan lubang hisap udara pada bagian depan.

Sementara itu, versi jalanan dari Kawasaki H2R juga bakal diboyong ke publik dalam waktu dekat. Memanfaatkan gelaran EICMA pada November nanti, pabrikan roda dua itu menyiapkan model yang ditempeli mesin dengan output 200 HP.