Sukses

Saingi Everest, Nissan Kembangkan SUV Berbasis Pikap

Rencananya, SUV baru Nissan ini siap bersaing dengan Ford Everest yang juga dibangun dari basis pikap.

Liputan6.com, Tokyo - Pabrikan otomotif Jepang, Nissan, dikabarkan tengah merancang sebuah varian baru bergen SUV. Untuk kebutuhan ini, desain dari pikap double cabin mereka, Navara, didaulat menjadi basis dari SUV tersebut.

Melansir laman Carscoops, Rabu (5/8/2014), dipilihnya Navara sebagai basis pengembangan SUV tersebut dikarenakan suspensi belakang five-link milik pikap tersebut. Selanjutnya, Nissan hanya membutuhkan modifikasi kecil untuk mengubahnya menjadi sebuah SUV.

Kabar ini diperoleh dari Takashi Fukui, chief engineer Nissan untuk Navara. Takashi mengatakan jika saat ini, ia dan timnya tengah disibukkan dengan pematangan sebuah konsep SUV. Diperkirakan, pengembangan kendaraan ini akan selesai satu tahun ke depan sebelum resmi diperkenalkan.

Menurut Takashi, pengembangan SUV tersebut akan berjalan tanpa hambatan selama mengusung komponen bawaan Navara. Terlebih, untuk suspensi belakang, desain dari Navara tak akan banyak mendapat perubahan.

Tak menutup kemungkinan, SUV yang namanya masih disamarkan ini akan memilliki tampang yang mirip dengan Navara. Bedanya, bila bagian belakang Navara merupakan bak terbuka, bagian belakang SUV ini tentunya adalah kabin penuh.

SUV baru Nissan ini menyasar konsumen menengah atas. Rencananya, varian tersebut dilepas untuk bersaing dengan Ford Everest yang juga dibangun dari basis pikap, Ranger.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.