Sukses

Mobil Milik Tuan Takur Resmi Tak Diproduksi Lagi

Inspektur Vijay atau Tuan Takur tidak lagi mengendarai Ambassador dan akan mengendarai mobil dengan desain modern.

Liputan6.com, New Delhi - Perusahaan otomotif ikonik dari India, Hindustan Ambassador, secara resmi mengumumkan jika mereka tidak lagi memproduksi kendaraan. Selama ini, pabrikan tersebut terkenal dengan hasil garap ulang kendaraan yang mengambil basis dari Morris Oxford III.

Mobil garapan dari Hindustan Ambassador terkenal di film-fim Bollywood sebagai kendaraan dinas dari Inspektur Vijay atau milik Tuan Takur. Saat ini, mobil buatan Hindustan Ambassador masih digunakan sebagai taksi di beberapa kota besar di India.

Setelah 57 tahun memproduksi kendaraan, akhirnya perusahaan tersebut kini menghentikan produksinya karena permintaan yang sangat merosot. Hindustan Ambassador sedang berusaha mencari alternatif untuk tetap bertahan, seperti dikutip dari Carscoops, Kamis (5/6/2014).

"Produksi di pabrik Uttarpara ditangguhkan untuk sementara sampai waktu yang tidak ditentukan. Hal ini dilakukan untuk memastikan kondisi perusahaan tak semakin memburuk dan masih memungkinkan untuk kembali bangkit," ujar seorang pejabat senior Hindustan kepada AFP.

Alasan yang mendorong Hindustan Ambassador menghentikan produksinya adalah selain menurunnya jumlah penjualan dan model yang sudah tidak populer, perusahaan juga mengakui sedang kekurangan modal produksi.

Pejabat senior Ambassador menjelaskan kalau membanjirnya mobil-mobil dengan desain modern dengan harga murah di India membuat penjualan Ambassador menurun. Padahal, desain dari Ambassador dapat menjadi sebuah karya seni karena memiliki desain yang klasik.

Saat ini nama Hindustan Ambassador akan menjadi kenangan manis apalagi bagi para penggemar film Bollywood karena nantinya 'Inspektur Vijay' atau 'Tuan Takur' sudah tidak lagi mengendarai Ambassador dan mungkin akan mengendarai mobil-mobil mewah dengan desain modern. (Ysp/gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini