Sukses

Holding RS BUMN Pecahkan Rekor Dunia Deteksi Dini Kanker Serviks Hingga 2.023 Peserta

Memperingati Hari Ibu Nasional ke-95, PT Pertamina Bina Medika - Indonesia Healthcare Corporation (IHC) / Holding Rumah Sakit (RS) BUMN menggelar kegiatan deteksi dini kanker serviks melalui pemeriksaan HPV DNA berbasis urin.

Liputan6.com, Jakarta Memperingati Hari Ibu Nasional ke-95, PT Pertamina Bina Medika - Indonesia Healthcare Corporation (IHC) / Holding Rumah Sakit (RS) BUMN menggelar kegiatan deteksi dini kanker serviks melalui pemeriksaan HPV DNA berbasis urin.

Kegiatan dilakukan serentak di 18 RS IHC Group seluruh Indonesia dan berhasil menjangkau sebanyak 2.023 peserta wanita hingga memecahkan rekor dunia Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

“Ini merupakan apresiasi untuk para Ibu atas pengabdiannya membangun ketahanan keluarga, melalui peran Ibu dalam melahirkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, berbudi pekerti luhur, dan cinta Indonesia,” kata Direktur Utama IHC drg. Mira Dyah Wahyuni, MARS, di Jakarta, Minggu (24/12/2023).

Kanker serviks menduduki peringkat kedua dengan prevalensi tertinggi pada wanita di Indonesia, oleh karenanya perlu upaya preventif secara berkelanjutan.

“Mencerdaskan satu ibu adalah mencerdaskan satu bangsa, menyehatkan satu ibu, menyehatkan satu bangsa,” tegasnya.

Direktur Medis IHC dr. Lia, menambahkan bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan angka kesembuhan dan mengurangi biaya pengobatan kanker serviks. “Masyarakat diharapkan dapat meningkatkan awareness untuk hidup sehat dan memeriksakan kesehatannya secara rutin,” jelas dr. Lia.

Pada hari yang sama, juga diadakan kegiatan health talk serentak di 37 rumah sakit IHC Group dengan mengangkat topik “Peduli Infeksi HPV dan Kanker Serviks” yang dihadiri lebih dari 5000 peserta seluruh Indonesia.

“Kegiatan health talk ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya deteksi dini kanker serviks. Kami berharap masyarakat dapat lebih memahami risiko kanker serviks dan pentingnya melakukan pemeriksaan secara rutin,” ujar dr. Lia.

Kegiatan ini didukung oleh PT Pertamina (Persero) sebagai induk IHC dan berkolaborasi dengan PT Bio Farma (Persero), PT Pertamina Patra Niaga, PT Bank Syariah Indonesia Tbk, PT Perusahaan Gas Negara Tbk, serta perhimpunan Oncology Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Raih Rekor MURI

VP CSR & SMEPP Management Pertamina, Fajriyah Usman menyampaikan berhasilnya kegiatan ini, hingga meraih rekor dunia MURI, merupakan wujud nyata dukungan Pertamina bagi peningkatan kesehatan di Indonesia.

"Kegiatan ini adalah upaya PT Pertamina (Persero) berkolaborasi dengan IHC, dalam rangka memperingati Hari Ibu Nasional ke-95. Ini merupakan wujud dukungan nyata Pertamina untuk peningkatan kesehatan di Indonesia. Kami tidak hanya memberikan support dalam hal kegiatan tapi juga berbagai program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina yang selama ini dijalankan juga banyak kaitannya dengan peningkatan kesehatan untuk wanita, termasuk para Ibu dan juga anak-anak" ungkapnya.

Kegiatan ini merupakan wujud dari penerapan komitmen ESG (Environment, Social, Governance). Selain itu juga ikut berkontribusi terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs), utamanya pada Poin 3 Kehidupan Sehat dan Sejahtera serta poin 4 Pendidikan Berkualitas.

Deteksi dini kanker serviks dapat dilakukan dengan pemeriksaan Pap Smear atau pemeriksaan HPV DNA berbasis urin. Pemeriksaan Pap Smear dilakukan dengan mengambil sampel sel dari leher rahim, sedangkan pemeriksaan HPV DNA berbasis urin dilakukan dengan mengambil sampel urine yang lebih modern dan nyaman bagi pasien.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini