Sukses

Psikolog: Ini Solusi Buat Kamu yang Merasa Tertinggal

Apakah Anda saat masih kecil sering dibilang sebagai anak yang berbakat, namun merasa kesulitan menemukan kesuksesan sebagai orang dewasa? Psikolog Adam Grant mungkin punya solusi untuk Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda saat masih kecil sering dibilang sebagai anak yang berbakat, namun merasa kesulitan menemukan kesuksesan sebagai orang dewasa? Psikolog Adam Grant mungkin punya solusi untuk Anda.

Sederhananya, daripada menyerah ketika sesuatu tidak datang secara alami, mulailah berpikir seperti seorang "late bloomer".

"Bakat alami terlalu dilebih-lebihkan," kata Grant, seorang penulis buku terlaris dan profesor psikologi di Wharton School, Universitas Pennsylvania, baru-baru ini kepada "Squawk Box" di CNBC.

"Kebanyakan anak berbakat tidak tumbuh menjadi orang jenius saat dewasa. Dan saya rasa hal ini membuat kita benar-benar meremehkan para pembelajar yang lambat, yang terlambat berkembang."

Anda harus bisa mencoba hal-hal baru, memecahkan masalah dan menerima kesalahan untuk mencapai puncak kemampuan Anda, tulis Grant dalam buku terbarunya, "Potensi Tersembunyi: Ilmu untuk Mencapai Hal-hal yang Lebih Besar."

Para pembelajar yang lambat dalam mengembangkan sifat-sifat seperti itu karena kebutuhan sejak usia dini yang mempersiapkan mereka dengan baik untuk meraih prestasi di kemudian hari, tambahnya.

Mereka yang terlambat berkembang juga cenderung sangat terampil dalam mengubah kelemahan menjadi kekuatan, dan jika Anda dapat menguasai sesuatu yang tidak Anda kuasai, Anda siap untuk menangani sebagian besar jenis tantangan, kata Grant kepada "Squawk Box."

Bukan berarti mereka yang berbakat secara alami akan hancur, menurut Grant. Bukunya menguraikan cara-cara yang bisa dilakukan siapa saja untuk mencapai potensi mereka:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

1. Solusi

Mintalah saran dari atasan dan rekan kerja, bukan umpan balik. Anda akan mendapatkan saran yang lebih menarik dan dapat diterapkan.

Temukan cara-cara baru dan menyenangkan untuk melatih kemampuan Anda. Para atlet sering menyebutnya sebagai latihan silang: Alih-alih menjalankan latihan atau bermain secara berulang-ulang, mereka mengangkat beban, berlatih yoga, atau bahkan menghadiri kelas dansa.

Apa pun konteksnya, melakukan hal ini dapat membantu mencegah kelelahan. Mengharapkan dan menerima kecanggungan. Menguasai sesuatu itu sulit, dan hal itu seharusnya tidak menghalangi Anda untuk mencoba.

"Perasaan bahwa ada sesuatu yang tidak nyaman adalah sinyal bahwa Anda akan mempelajari sesuatu yang baru," kata Grant kepada New York Times bulan lalu. "Itu adalah sinyal yang tidak hanya harus kita perhatikan, tetapi juga diperkuat.

Penelitian mendukung hal itu. Jika Anda dijuluki sebagai pembelajar auditori, misalnya, Anda mungkin lebih menyukai buku audio atau podcast daripada teks tertulis. 

Namun formatnya tidak benar-benar memengaruhi kemampuan Anda untuk menguasai materi: Orang-orang memahami konsep baru dengan lebih efektif ketika mereka didorong keluar dari zona nyaman mereka, menurut penelitian.

Keterampilan karakter bisa sangat berharga di tempat kerja. Pengusaha miliarder Mark Cuban secara aktif mencari karyawan yang membuat kantor menjadi tempat yang lebih baik daripada melihat-lihat resume yang mengesankan, ujarnya dalam podcast "Re:Thinking" di Grant tahun lalu.

Dalam salah satu contoh, Cuban mengatakan bahwa ia mempekerjakan seorang CEO yang memiliki pengalaman yang kurang relevan dalam resume mereka, tetapi unggul dalam "dukungan karyawan dan pelatihan serta peningkatan kemampuan karyawan."

"Mereka mungkin tidak memiliki pengalaman di sisi bisnis yang seharusnya kami cari," kata Cuban. "Tetapi mereka menempatkan karyawan pada posisi untuk berhasil lebih baik daripada siapa pun yang pernah saya lihat."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini