Sukses

Studi: Orang Berpasangan Ternyata Memiliki Kesamaan 89%

Dalam hal mencari pasangan, ternyata hal yang berlawanan tidak menarik. Faktanya, kebanyakan orang cenderung berpasangan dengan orang yang sangat mirip dengan mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam hal mencari pasangan, ternyata hal yang berlawanan tidak menarik. Faktanya, kebanyakan orang cenderung berpasangan dengan orang yang sangat mirip dengan mereka, menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Nature Human Behavior.

Pasangan rata-rata memiliki kesamaan hingga 89% sifat, termasuk nilai-nilai yang lebih dalam seperti religiusitas dan pembelajaran politik, serta pengalaman seperti merokok dan aktivitas seksual.

"Hanya ada sedikit sekali sifat-sifat yang berlawanan yang benar-benar menarik," kata Jared Balbona, salah satu penulis makalah tersebut dan seorang rekan postdoctoral di University of Colorado Boulder Institute for Behavioral Genetics, kepada CNBC Make It.

Pasangan menyelaraskan jumlah air yang mereka minum dan seberapa menyedihkannya mereka. Untuk mendapatkan data selengkap mungkin, para peneliti mengumpulkan data dari dua sisi.

Mereka menganalisis temuan dari 199 makalah yang telah diterbitkan. Beberapa di antaranya berasal dari tahun 1903 yang mengamati 22 ciri-ciri yang umum dipelajari di antara pasangan.

Secara keseluruhan, meta-analisis tersebut berisi informasi mengenai 8,5 juta orang di seluruh dunia. Mereka memperkuat temuan tersebut dengan mempelajari 133 sifat dari 80.000 sukarelawan dari Inggris.

Para peneliti memplot hasil mereka pada skala yang berkisar antara 1 hingga -0,5, dengan 1 adalah konvergensi penuh dengan pasangan dan -0,5 menunjukkan nonkonvergensi penuh. Nilai nol untuk sifat tertentu menunjukkan keacakan total dan tidak ada korelasi antara pasangan.

Mereka melaporkan temuan mereka dengan menggunakan interval kepercayaan 95%, sebuah standar industri, yang mengindikasikan bahwa mereka 95% yakin temuan mereka, yang dipilih secara acak, adalah benar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ekstrovert dan Introvert Sulit Bersatu

Semua pasangan terdiri dari pria-wanita. "Penelitian kami berbeda dengan penelitian yang menyeluruh dan besar," kata Balbona.

Kualitas, pengalaman, atau sifat yang dimiliki oleh pasangan bervariasi. Peserta studi cenderung minum air dalam jumlah yang sama dengan pasangan mereka dan menghabiskan waktu yang sama di depan komputer.

Mereka juga melaporkan tingkat kepuasan dan kekikiran yang sama dalam hal pertemanan dan cenderung aktif secara seksual pada usia yang sama.

Orang ekstrovert dan introvert lebih kecil kemungkinannya untuk berpasangan satu sama lain dibandingkan dengan orang yang memiliki stamina sosial yang sama, kata Balbona, menyanggah kiasan yang mengatakan bahwa orang yang tinggal di rumah dan orang yang suka bergaul akan tertarik satu sama lain.

Hanya ada tiga sifat yang cenderung tidak cocok dengan pasangan: kesulitan mendengar, kecenderungan untuk khawatir, dan apakah mereka orang yang suka beraktivitas di pagi hari atau malam hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.