Sukses

Kanker Meningkat di Generasi Muda, Tetapi Para Ilmuwan Tidak Tahu Mengapa

Kanker sedang meningkat di kalangan anak muda dan para ilmuwan tidak benar-benar tahu mengapa, menurut penelitian yang diterbitkan di BMJ Oncology.

Liputan6.com, Jakarta - Kanker sedang meningkat di kalangan anak muda dan para ilmuwan tidak benar-benar tahu mengapa, menurut penelitian yang diterbitkan di BMJ Oncology.

Meskipun kanker masih cenderung lebih sering terjadi pada orang yang lebih tua, jumlah kanker di antara orang-orang yang berusia di bawah 50 tahun (ketika kanker dianggap sebagai "kanker stadium awal") telah meningkat selama tiga dekade terakhir, menurut analisis data kesehatan yang telah ditelaah oleh rekan sejawat.

Melansir laman Forbes, Jumat (8/9/2023), secara global, terdapat 1,82 juta diagnosis kanker baru dan 1,06 juta kematian akibat kanker di kalangan usia di bawah 50 tahun pada tahun 2019, menurut para peneliti, masing-masing meningkat 79% dan 28% dari angka pada tahun 1990.

Kanker tenggorokan dan prostat yang muncul lebih awal meningkat paling tajam antara tahun 1990 dan 2019, menurut temuan para peneliti, dengan peningkatan sekitar 2,28% dan 2,23% setiap tahun.

Kanker payudara, jenis kanker yang paling umum di seluruh dunia tidak termasuk kanker kulit non-melanoma, bertanggung jawab atas jumlah kasus terbesar dan kematian terkait di antara orang yang lebih muda, kata para peneliti, dengan tingkat 13,7 kasus dan 3,5 kematian per 100.000 orang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tren Kanker Tiga Dekade Terakhir

 

Kematian meningkat paling tajam di antara penderita kanker ginjal atau ovarium dan, setelah kanker payudara, kanker tenggorokan, paru-paru, perut dan usus menyebabkan kematian tertinggi.

Para peneliti mencatat bahwa meskipun tingkat kanker stadium awal menjadi perhatian secara global, tingkat kasus baru pada tahun 2019 paling tinggi di negara-negara kaya di Amerika Utara, Eropa Barat, dan Australasia, sedangkan negara-negara berpenghasilan rendah di Asia Tengah, Eropa Timur, dan Oseania mengalami tingkat kematian yang sangat tinggi.

Melihat tren selama tiga dekade terakhir, para peneliti memprediksi kasus kanker baru yang muncul lebih awal dan kematian yang terkait akan meningkat masing-masing 31% dan 21% pada tahun 2030. Orang-orang berusia 40-an tahun cenderung menjadi yang paling berisiko, kata para peneliti.

3 dari 4 halaman

Apa yang Kita Tidak Tahu

Menulis dalam editorial terkait, para peneliti dari Pusat Kesehatan Masyarakat di Queen's University Belfast mengatakan bahwa temuan ini "menantang persepsi tentang jenis kanker yang didiagnosis pada kelompok usia yang lebih muda" dan "berfungsi sebagai peringatan akan beban masa depan pada sistem perawatan kesehatan" yang masih dalam masa pemulihan dari pandemi Covid-19.

Mengingat risiko pada orang yang berusia antara 40 dan 49 tahun, sistem perawatan kesehatan masyarakat harus mempertimbangkan untuk memperluas program skrining, kata mereka.

Masih menjadi misteri mengapa kasus kanker meningkat di kalangan anak muda. Pada dasarnya, kanker adalah penyakit proliferasi sel yang tidak terkendali, dengan sel tumbuh dan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Hal ini terjadi ketika informasi genetik dalam sel kita yang bertanggung jawab untuk menjaga pertumbuhan sel tetap terkendali mengalami kerusakan, yang menjelaskan mengapa kanker lebih sering terjadi pada orang yang lebih tua yang memiliki lebih banyak waktu untuk mendapatkan mutasi ini.

Banyak faktor yang memengaruhi risiko terkena kanker, termasuk kecenderungan genetik, paparan terhadap virus tertentu, dan faktor lingkungan seperti polutan, pola makan, olahraga, dan penggunaan obat-obatan seperti alkohol dan tembakau, dan para peneliti mengatakan bahwa tidak ada penjelasan tunggal untuk peningkatan kanker yang muncul lebih awal selama tiga dekade terakhir.

Deteksi yang lebih baik melalui skrining dan perbaikan sistem medis, seperti skrining kanker serviks di AS, dapat menjelaskan sebagian dari peningkatan tersebut, kata para peneliti.

Faktor-faktor lain seperti perubahan gaya hidup, terutama peningkatan tingkat obesitas dan kurangnya aktivitas fisik, serta polusi lingkungan juga dapat menjelaskan sebagian dari peningkatan tersebut, kata mereka.

4 dari 4 halaman

Besar Angka Orang Meninggal

Para peneliti menemukan bahwa tingkat beberapa kanker yang muncul lebih awal menurun selama tiga dekade yang diteliti. Kasus baru kanker hati stadium awal turun sekitar 2,88% setiap tahun, kata para peneliti, penurunan paling tajam dari semua jenis kanker yang diteliti.

10 juta. Kira-kira begitulah jumlah orang yang meninggal akibat kanker pada tahun 2020, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Secara kolektif, kanker menyumbang hampir satu dari setiap enam kematian. WHO mengatakan sekitar sepertiga dari jumlah tersebut disebabkan oleh faktor-faktor yang dapat dicegah seperti penggunaan tembakau, indeks massa tubuh yang tinggi, konsumsi alkohol, pola makan yang kurang buah dan sayuran, serta kurangnya aktivitas fisik.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.