Sukses

Coba Tips Ini Demi Melembapkan Rambut Kering

Meskipun rambut kering dapat terjadi karena sejumlah alasan, setiap ahli menyebutkan iklim dan lingkungan menjadi dua faktor utama yang dapat menyebabkan rambut kering.

Liputan6.com, Jakarta Kunci untuk mendapatkan rambut yang kuat, berkilau, dan sangat halus adalah dengan melakukan perawatan. Namun, itu saja tidak cukup karena kelembapan rambut juga harus terjaga.

Lantas, bagaimana caranya?

Untuk mengatasi masalah rambut kering dan cara memperbaikinya, seorang penata rambut selebriti Ashley Gomila, selebriti dan penata merek Living Proof DJ Quintero, dan salah satu pendiri IGK Aaron Grenia berbagi tipsnya.

Meskipun rambut kering dapat terjadi karena sejumlah alasan, setiap ahli menyebutkan iklim dan lingkungan menjadi dua faktor utama yang dapat menyebabkan rambut kering.

Kemudian, penting untuk mempertimbangkan kebiasaan rambut, seperti perawatan — seperti pemrosesan kimia yang berlebihan, pengeritingan, relaksasi, dan layanan pewarnaan — serta penataan rambut dengan panas. Keduanya bisa menyebabkan rambut kusam dan kering.

Melembabkan versus Menghidrasi Rambut

Meskipun sering kali dapat dipertukarkan, melembapkan rambut dan menghidrasi rambut bukanlah hal yang sama. “Melembabkan mengacu pada menambah kelembapan pada rambut, sedangkan menghidrasi mengacu pada menambahkan air pada rambut,” kata Gomila.

Produk pelembab, seperti minyak dan krim rambut, berfungsi mengunci kelembapan untuk mencegah helai rambut mengering.

Sementara itu, produk yang menghidrasi, seperti kondisioner dan semprotan tanpa bilas, menambah air pada rambut dan menyeimbangkan tingkat kelembapan alami rambut Anda, katanya.

Sementara itu, untuk membedakannya, pelembab adalah produk yang paling mungkin Anda gunakan dalam rutinitas rambut sehari-hari, kata Quintero. Sebaliknya, produk pelembab adalah perawatan yang Anda lakukan saat rambut terasa kering.

Namun, "melembabkan dan menghidrasi sama-sama penting untuk menjaga kesehatan rambut," kata Gomila. “Sangat penting untuk menemukan keseimbangan yang tepat antara keduanya dan memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan spesifik rambut Anda.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Melembabkan Rambut

Pertama, Grenia menyarankan untuk menyesuaikan jenis dan tekstur rambut karena semua jenis rambut memerlukan kebutuhan kelembapan yang berbeda.

“Beberapa jenis dan tekstur rambut lebih mudah kehilangan kelembapan dibandingkan yang lain – dan oleh karena itu perlu menambahkan produk pelembab ke dalam rutinitasnya secara lebih teratur,” jelasnya.

Bagi sebagian besar orang, kunci melembapkan rambut adalah menggunakan bahan-bahan yang tepat. Carilah mentega dan minyak emolien seperti shea butter dan minyak jojoba serta minyak kelapa atau humektan alami seperti gliserin, kata Gomila.

Hal lain yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kelembapan rambut adalah dengan tidak menggunakan alat-alat rambut yang panas. Dan, khususnya untuk rambut alami, Gomila merekomendasikan penataan rambut dengan gaya pelindung.

“Mereka adalah cara yang bagus untuk menata rambut Anda tanpa harus menggunakan panas apa pun," katanya.

Secara keseluruhan, mencoba melembapkan rambut kering tidak sesulit kelihatannya. Yang Anda butuhkan hanyalah produk yang tepat dan penyesuaian sederhana pada rutinitas rambut Anda untuk mendapatkan bentuk helai rambut Anda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.