Sukses

Tidak Semua Skincare Bisa Dicampurkan, Ini Aturannya Menurut Ahli

Iritasi kulit adalah faktor besar lain yang perlu dipertimbangkan saat menyusun rangkaian produk dalam rutinitas perawatan kulit.

Liputan6.com, Jakarta Bagi pemula yang tengah mencoba-coba skincare atau bahan perawatan kulit perlu tahu bahwa ada beberapa kandungan yang tidak diperbolehkan digunakan secara bersamaan. Jika digabungkan, yang ada mungkin hanya menimbulkan permasalahan kulit baru.

"Mencampur bahan-bahan tanpa pengetahuan yang tepat tentang cara kerja bahan-bahan tidak hanya membuang-buang uang, tetapi juga waktu. Selain itu, juga dapat menyebabkan frustrasi jika hasil yang terlihat kurang dari yang diharapkan atau kulit justru bermasalah,” kata dokter kulit bersertifikat di New York City Shari Marchbein seperti melansir InStyle, Jumat (13/7/2023).

Iritasi kulit adalah faktor besar lain yang perlu dipertimbangkan saat menyusun rangkaian produk dalam rutinitas perawatan kulit.

"Rutinitas perawatan kulit Anda harus mencakup produk yang saling melengkapi untuk menghindari kulit yang terlalu kering, terkelupas, atau mengiritasi kulit," tambah dokter kulit bersertifikat dan CEO Curology David Lortscher. "Lebih tidak selalu lebih baik."

Retinol

Ini adalah salah satu bahan perawatan kulit paling direkomendasikan oleh ahli kulit. Selain itu, juga dikenal sebagai vitamin A.

Yang membuat retinol begitu hebat adalah kandungan satu ini membantu pergantian sel kulit sehingga memperbaiki tampilan garis halus, kerutan, tekstur kulit tidak rata, bintik hitam, dan jerawat. "Retinol adalah bahan anti-penuaan yang efektif, tetapi dapat memperparah kekeringan kulit," jelas Lortscher.

Bahan yang bisa dicampur: Retinol dengan bahan pelembab seperti asam hialuronat dan ceramide serta SPF.

"Pastikan untuk melembabkan; bahan humektan seperti asam hialuronat dapat menarik dan menahan molekul air ke lapisan permukaan kulit, sementara bahan emolien berbahan dasar minyak membantu mengunci kelembapan."

Penting juga untuk diingat bahwa retinol dapat membuat Anda lebih sensitif terhadap sinar matahari.

"SPF harus dipakai setiap hari sepanjang tahun, tidak hanya untuk mencegah kanker kulit, keriput, dan bintik matahari, tetapi karena banyak bahan lain yang kita aplikasikan ke kulit kita termasuk retinol dan retinoid dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari," tambah dia.

Jangan Dicampur: Retinol dengan vitamin C, benzoil peroksida, dan asam AHA/BHA.

Asam AHA dan BHA bersifat pengelupasan, yang dapat mengeringkan kulit dan menyebabkan iritasi lebih lanjut jika rutinitas perawatan kulit Anda sudah mengandung retinol.

Mengenai benzoil peroksida dan retinol, "Tidak disarankan untuk menggunakan benzoil peroksida dan retinoid secara bersamaan karena keduanya dapat membatalkan satu sama lain sehingga menjadikannya kurang efektif," jelas Marchbein.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Vitamin C

"Vitamin C melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas oksidatif dan bekerja paling baik di pagi hari," kata Marchbein. Bahan ini juga mencerahkan kulit dan bahkan bisa mencerahkan bintik hitam.

Bahan yang bisa dicampur: Vitamin C dengan antioksidan dan SPF.

Ketika vitamin C digunakan dengan antioksidan lain seperti vitamin E, dapat meningkatkan hasil dan efisiensi. Hal yang sama berlaku untuk memakai vitamin C di bawah tabir surya. "Serum vitamin C harus selalu dilapisi di bawah tabir surya karena keduanya saling melengkapi dan akan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV," jelas Marchbein.

Jangan Dicampur: Vitamin C dengan retinol.

Berbeda dengan vitamin C, retinol dan retinoid membangun kolagen dan membantu memperbaiki kulit, jadi sebaiknya digunakan dalam semalam. Karena vitamin C tumbuh subur di siang hari, sebaiknya pisahkan bahan-bahan tersebut satu sama lain karena memiliki fungsi yang berbeda.

Asam AHA/BHA

Asam salisilat, glikolat, dan laktat adalah bahan pengelupas efektif yang dapat memperbaiki tekstur dan warna kulit, dan dalam kasus SA, mampu mengobati jerawat. Dikatakan demikian, ketiga asam ini dapat mengeringkan dan mengiritasi kulit. Intinya, saat menggunakan produk dengan asam AHA atau BHA, tindak lanjuti dengan produk yang menghidrasi.

Bahan yang bisa dicampur: Asam AHA/BHA dengan bahan pelembab dan SPF.

"Melembabkan setelah mengoleskan AHA dan BHA sangat penting untuk membatasi iritasi. Carilah ceramide, petrolatum, asam hialuronat, dan gliserin untuk melembabkan dan menenangkan kulit," kata Marchbein. Menggunakan produk yang menggabungkan beberapa asam AHA dan BHA tingkat rendah dapat menjadi cara yang sangat efektif untuk mengelupas dan membuka pori-pori yang tersumbat.

Seperti retinol, asam AHA/BHA dapat menyebabkan sensitivitas terhadap sinar matahari. Meskipun Anda harus memakai tabir surya setiap hari terlepas dari produk apa yang ada dalam rutinitas perawatan kulit Anda, sangat penting untuk tidak melewatkan langkah ini saat Anda menggunakan bahan-bahan ini.

Jangan Dicampur: Asam AHA/BHA dengan retinol.

"Saya sangat memperingatkan mereka yang juga menggunakan retinoid untuk jerawat atau anti-penuaan karena kombinasi dengan berbagai asam dapat menyebabkan sensitivitas kulit yang berlebihan, iritasi, dan kemerahan," kata dia.

Faktanya, AHA dan BHA biasanya tidak boleh digunakan bersamaan dengan retinoid pada hari yang sama," jelas Marchbein. "Juga, hati-hati menggabungkan berbagai asam atau bahkan exfoliant fisik dan kimiawi, karena ini dapat menyebabkan iritasi dan bahkan eksim."

 

3 dari 4 halaman

Benzoil peroksida

Benzoil peroksida dapat menjadi tambahan yang mengubah permainan untuk rutinitas perawatan kulit jika Anda memiliki kulit yang cenderung berjerawat. “Karena perawatan jerawat, secara umum, dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi pada kulit, menggabungkan keduanya harus dilakukan dengan hati-hati dan setiap bagian lain dari rutinitas perawatan kulit (yaitu pembersih dan pelembab) harus sangat lembut dan sangat menghidrasi. masing-masing," jelas Marchbein.

Bahan yang bisa dicampur: Benzoyl Peroxide dengan bahan pelembab yang lembut, SPF, dan antibiotik topikal.

Seiring dengan bahan pelembab yang dapat menyangga efek dehidrasi dari benzoil peroksida, komponen pelawan jerawat dapat digunakan bersamaan dengan perawatan topikal resep seperti klindamisin. SPF juga harus dipakai setiap hari.

Jangan Dicampur: Benzoil peroksida dengan retinol, resep jerawat tretinoin dengan hati-hati.

Seperti disebutkan sebelumnya, benzoil peroksida dan retinol dapat menonaktifkan satu sama lain jika digunakan bersamaan. Sementara perawatan jerawat resep dapat digunakan dengan BP, tretinoin memerlukan perawatan ekstra.

Lortscher menjelaskan, "Tergantung pada bagaimana produk diformulasikan, benzoil peroksida dapat menonaktifkan tretinoin jika dicampur bersama dalam botol yang sama. Menurut pengalaman kami, obat ini bekerja dengan baik saat dioleskan ke kulit satu demi satu — dan tidak masalah urutannya, cukup gosok satu produk dengan lembut dan menyeluruh sebelum menerapkan yang lain," katanya.

"Jika Anda ingin meminimalkan kemungkinan interaksi jika Anda menggunakan tretinoin, aplikasikan formulasi yang mengandung tretinoin di PM, dan gunakan benzoil peroksida di AM, atau gunakan pembersih pembersih benzoil peroksida daripada melapisi- pada benzoil peroksida,” tambah dia.

 

4 dari 4 halaman

Niacinamide

Atau dikenal sebagai vitamin B3, antioksidan ini merupakan anti inflamasi yang dapat mencerahkan kulit dan bahkan menghilangkan perubahan warna.

Bahan yang bisa dicampur: Niacinamide dengan (hampir) setiap bahan dalam rutinitas perawatan kulit.

"Karena niacinamide bersifat antiradang, kulit bereaksi sangat minim terhadapnya, dan efek samping seperti iritasi tidak biasa," jelas Lortscher. "Itu harus kompatibel dengan sebagian besar produk perawatan kulit lainnya, dan untuk hasil terbaik, gunakan produk tanpa bilas seperti pelembab."

Jangan Dicampur: Niacinamide dan vitamin C.

Meski sama-sama antioksidan, vitamin C adalah salah satu bahan yang tidak cocok dengan niacinamide. "Keduanya adalah antioksidan yang sangat umum digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit, tetapi keduanya tidak boleh digunakan secara berurutan," kata Marchbein. "Potensi mereka berkurang secara signifikan bila digunakan bersama-sama, kecuali aplikasi diberi jarak setidaknya 10 menit antara setiap serum."

SPF

Jika Anda akan menggunakan satu produk perawatan kulit, buatlah yang ber-SPF . Ini satu-satunya cara untuk melindungi kulit secara efektif dari kanker dan agresor lingkungan, yang dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan dini. Mengingat pentingnya, SPF dapat dilapisi dengan bahan perawatan kulit apa pun.

Bahan yang bisa dicampur: SPF dapat (dan harus) digunakan dalam setiap dan setiap rutinitas perawatan kulit.

Jangan Dicampur: SPF dengan riasan atau pelembap.

Ya, SPF bisa terasa seperti langkah ekstra dalam rutinitas perawatan kulit yang sudah ekstensif, tapi jangan mencoba mengambil jalan pintas. "Jangan mencampur tabir surya Anda dengan riasan atau pelembap dan gunakan seperti biasa - tabir surya harus diaplikasikan sebagai satu lapisan untuk menjaga faktor pelindung," kata Lortscher.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini