Sukses

Meditasi Jangan Terlalu Lama, Ini Durasi Waktu Saran Dari Ahli

Meditasi yang lebih lama bukan berarti akan memberi manfaat yang lebih besar. Selain itu, bermeditasi terlalu lama terkadang dapat menurunkan kualitas meditasi Anda.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak manfaat meditasi, dari mengurangi stres hingga menurunkan kecemasan. Akan tetapi, bagaimana cara bermeditasi yang baik dan berapa lama durasinya?

Sebelumnya, 21 Mei diperingati sebagai Hari Meditasi Sedunia. Dalam perayaan tersebut, seorang pakar meditasi dengan pengalaman lebih dari 20 tahun Vishen Lakhiani berbagi pengetahuan tentang durasi meditasi yang baik sehingga bisa mendapatkan manfaat yang maksimal.

“Orang-orang berpikir bahwa lamanya meditasi Anda menentukan kualitas meditasi Anda. Itu tidak benar,” kata Lakhiani seperti melansir CNBC Make It, Selasa (23/5/2023).

Meditasi yang lebih lama bukan berarti akan memberi manfaat yang lebih besar. Selain itu, bermeditasi terlalu lama terkadang dapat menurunkan kualitas meditasi Anda.

Seringkali, seseorang menganggap satu jam adalah tujuan meditasi yang maksimal. Namun, Lakhiani tidak setuju.

Durasi Meditasi

Bertentangan dengan apa yang mungkin Anda dengar, “Saya memberi tahu murid-murid, jangan bermeditasi selama satu jam sehari,” kata Lakhiani. “Hidup lebih besar dari itu.”

Sebaliknya, dia menyarankan untuk bermeditasi tidak lebih dari 20 menit, bahkan terkadang kurang dari lima menit. “Bagi kebanyakan orang, 15 hingga 20 menit akan memberi Anda perubahan yang Anda butuhkan,” kata Lakhiani.

“Anda dapat menyelami kedamaian selama satu hingga tiga menit dan melihat hasil yang luar biasa. Manfaat terbesar akan terjadi dalam beberapa menit pertama,” imbuhnya.

Dia menegaskan, “Jangan berpikir bahwa Anda membutuhkan satu jam untuk bermeditasi.”

Namun, dia menyarankan untuk menggunakan waktu 40 menit ekstra sisa dari bermeditasi untuk melakukan beberapa aktivitas, seperti membaca buku, latihan dengan intensitas tinggi, dan menghabiskan waktu bersama orang tersayang.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berlatih ‘Meditasi Aktif’

Kebanyakan orang terlalu sibuk untuk mencurahkan satu jam untuk bermeditasi, jadi Lakhiani menyarankan murid-muridnya untuk berlatih meditasi aktif sepanjang hari.

“Meditasi aktif adalah tentang mengubah masalah menjadi proyek,” katanya. “Jika Anda merasa sedikit cemas atau khawatir tentang hasil yang perlu Anda lakukan di akhir minggu dan Anda mandek, Anda mungkin membayangkan diri Anda menyelesaikan proyek, melihat diri Anda mendapatkan pujian dari bos dan lihat diri Anda sangat bangga dengan pekerjaan Anda.”

Taktik ini adalah bentuk meditasi aktif yang juga dikenal sebagai visualisasi kreatif. Cara ini adalah sesuatu yang dapat Anda latih beberapa kali sehari selama kurang dari lima menit.

Bentuk lain dari meditasi aktif dapat mencakup melatih welas asih terhadap orang lain dan memikirkan hal-hal yang Anda syukuri.

Meditasi yang lebih singkat memungkinkan Anda bermeditasi beberapa kali dalam satu hari, kata Lakhiani. Renungkan selama tidak lebih dari 20 menit dan Anda dapat menumpuk modalitas ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.