Sukses

Kampanye Care for Life, Bosch AA Berikan Pemeriksaan Mata dan Operasi Katarak Gratis

Liputan6.com, Jakarta Bosch Automotive Aftermarket (AA) perluas jangkauan kampanye “Care for Life” ke Indonesia Timur dengan menggandeng Yayasan Tunas Bakti Nusantara (YTBN) untuk membantu memulihkan kesehatan mata anak-anak yang mengalami gangguan penglihatan.

Implementasi kampanye di Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur (19/5), dalam bentuk pemeriksaan mata kepada 250 anak dan warga, serta tindakan operasi katarak secara gratis bagi 40 orang dari kalangan membutuhkan. 

Laporan InfoDATIN: “Situasi Gangguan Penglihatan” (2018) yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan menyebut hanya ada empat dokter spesialis mata di Nusa Tenggara Timur. Dengan demikian, setiap dokter harus menangani 871.510 penduduk - menjadikan NTT sebagai provinsi dengan rasio perbandingan dokter dengan pasien tertinggi di Indonesia. Padahal, berdasarkan target nasional, idealnya satu dokter spesialis mata maksimal hanya melayani 250.000 penduduk.

“Melalui inisiatif ‘Care for Life’, Bosch AA berupaya untuk menciptakan dampak yang mengubah kehidupan anak-anak Indonesia. Inisiatif ‘Care for Life’ di Indonesia berfokus pada #CareForSight untuk meningkatkan kualitas penglihatan anak. Melalui pemeriksaan mata yang kami jalankan, kondisi pandangan anak-anak dapat terdeteksi sedini mungkin. Artinya, jika gangguan pandangan segera diketahui, potensi perbaikan dan kesembuhannya pun semakin tinggi. Dengan mata yang sehat, anak-anak bisa beraktivitas dengan optimal. Tak terkecuali untuk mobilitasnya, seperti berkendara ketika mereka dewasa kelak,” ungkap Agung Sinulingga, Sales Manager Automotive Aftermarket, Bosch di Indonesia. 

#CareForSight tahap kedua di Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara ini dapat terselenggara berkat keterlibatan masyarakat yang turut memberikan donasi melalui halaman galang dana secara online.

Selain itu, Bosch Automotive Aftermarket juga mengundang partisipasi pelanggan dan distributor, dimana setiap pembelian sepasang produk wiper Bosch Aerotwin Wiper, konsumen turut menyumbangkan Rp10.000 untuk pendanaan #CareForSight pada 20 Oktober s.d. 30 Desember 2022 lalu. Pada akhir periode tersebut, Bosch Automotive Aftermarket berhasil mengumpulkan dana dukungan sebesar Rp 200 juta yang sepenuhnya diserahkan kepada YTBN.

Dalam pelaksanaan #CareForSight di Kefamenanu, Timor Tengah Utara, Bosch AA dan YTBN menggandeng Rumah Sakit Umum Leona, Kefamenanu yang menyediakan tenaga kesehatan sekaligus fasilitas untuk pemeriksaan mata dan operasi katarak. Sementara, di lapangan, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-Republik Demokrasi Timur Leste Sektor Barat Batalyon Kavaleri 10 Mendagiri (Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonkav 10/Mendagiri) turut terlibat langsung dalam menjaring masyarakat setempat sebagai penerima manfaat program #CareForSight.

“Daerah-daerah di perbatasan negara, seringkali luput dari perhatian berbagai pihak sehingga terjadi ketimpangan pembangunan di berbagai sektor, termasuk kesehatan. Karenanya, kami dari Yayasan Tunas Bakti Nusantara sangat mengapresiasi Bosch AA yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk menjadi mitra dalam perluasan inisiatif #CareForSight. Kami percaya kepedulian Bosch AA untuk meningkatkan kesehatan mata ini akan berdampak bagi anak-anak di Indonesia yang kelak akan menjadi penerus masa depan,” ungkap dr. Teguh Dwi Nugroho, SpB., Subsp.BVE(K) selaku Ketua Yayasan Tunas Bakti Nusantara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini