Sukses

Berikut Rekomendasi Kripto Meme Coin 2023 Berdasarkan Kapitalisasi Pasar

kripto memiliki beberapa jenis dan kategori antara lain stablecoin, kripto metaverse, hingga kripto meme coin. Belakangan ini, kripto meme coin tengah menjadi sorotan karena nilainya melonjak

Liputan6.com, Jakarta - Dalam praktiknya, aset kripto memiliki beberapa jenis dan kategori seperti stablecoin, kripto metaverse, hingga kripto meme coin. Belakangan ini, kripto meme coin tengah menjadi sorotan karena nilainya melonjak akibat salah satu meme coin yang baru meluncur yaitu PEPE Coin. 

Dilansir dari Investopedia, ditulis Kamis (11/5/2023), meme coin atau koin meme adalah istilah cryptocurrency untuk mata uang populer, yang digambarkan dengan meme lucu atau animasi. Ini didukung oleh pedagang dan pengikut online yang antusias. 

Sementara meme coin mungkin menyenangkan, mereka juga merupakan investasi yang sangat berisiko dan mungkin memiliki sedikit atau tidak ada nilai intrinsik. 

Di dunia ini ada banyak meme coin yang dapat diperdagangkan melalui crypto exchange lokal hingga global. Pada kesempatan kali ini, ada beberapa rekomendasi kripto meme coin terbaik 2023 berdasarkan kapitalisasi pasar menurut Coinmarketcap. Adapun rekomendasinya sebagai berikut. 

Dogecoin

Dogecoin (DOGE) adalah kripto yang didasarkan pada meme Internet "doge" yang populer dan menampilkan anjing Shiba Inu pada logonya. 

Dilansir dari Coinmarketcap, mata uang digital open-source ini diciptakan oleh Billy Markus dari Portland, Oregon dan Jackson Palmer dari Sydney, Australia, dan bercabang dari Litecoin pada Desember 2013. 

Pencipta Dogecoin membayangkannya sebagai mata uang kripto yang menyenangkan dan ringan yang akan memiliki daya tarik lebih besar. audiens inti Bitcoin, karena didasarkan pada meme anjing.

Dogecoin menjadi salah satu kripto deretan teratas berdasarkan kapitalisasi pasarnya dan menjadi meme coin paling populer di dunia. Dogecoin menempati posisi pertama untuk meme coin dan posisi ke 8 dari deretan kripto di dunia. Dogecoin memiliki kapitalisasi pasar sebesar Rp 149,1 triliun.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Shiba Inu hingga Pepe Coin

Shiba Inu

Koin Shiba Inu dibuat secara anonim pada Agustus 2020 dengan nama samaran "Ryoshi". Koin meme ini dengan cepat mendapatkan kecepatan dan nilai karena komunitas investor tertarik dengan pesona lucu koin, dipasangkan dengan berita utama dan Tweet dari kepribadian seperti Elon Musk dan Vitalik Buterin.

Shiba Inu bertujuan untuk menjadi mitra berbasis Ethereum untuk algoritma penambangan berbasis Srypt Dogecoin. Token Shiba Inu dan SHIB adalah bagian dari kumpulan cryptocurrency bertema anjing, termasuk Baby Dogecoin (BabyDoge), Dogecoin (DOGE), JINDO INU (JIND), Alaska Inu (LAS), dan Alaskan Malamute Token (LASM). 

Shiba Inu menjadi salah satu kripto terpopuler dan masuk dalam 15 kripto jajaran teratas berdasarkan kapitalisasi pasar. Shiba Inu (SHIB) juga menjadi meme coin terbesar kedua setelah pendahulunya yaitu Dogecoin. Kapitalisasi pasar kripto Shiba Inu per Mei 2023 sebesar Rp 77,2 triliun.

 

PEPE Coin

PEPE Coin adalah salah satu meme coin pendatang baru yang belum lama ini menjadi sorotan. PEPE adalah memecoin deflasi yang diluncurkan di Ethereum. Cryptocurrency dibuat sebagai penghargaan untuk karakter meme di internet Pepe the Frog, yang dibuat oleh Matt Furie, yang mendapatkan popularitas di awal tahun 2000-an.

Dilansir dari Coinmarketcap, proyek ini bertujuan untuk memanfaatkan popularitas koin meme, seperti Shiba Inu dan Dogecoin, dan berusaha untuk memantapkan dirinya sebagai salah satu cryptocurrency berbasis meme teratas. 

PEPE mengimbau komunitas cryptocurrency dengan melembagakan kebijakan tanpa pajak, sistem redistributif yang memberi penghargaan kepada pemegang saham jangka panjang, dan mekanisme pembakaran untuk mempertahankan kelangkaan koin PEPE.

Sebagai pendatang baru, PEPE Coin berhasil menjadi meme coin terbesar ketiga di dunia dengan kapitalisasi pasar Rp 11 triliun. Secara keseluruhan kripto yang terdaftar di Coinmarketcap, PEPE Coin menempati posisi 57. 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 4 halaman

Kapitalisasi Pasar Kripto Meme Coin Meningkat, Sentuh Rp 340,9 Triliun

Sebelumnya, kapitalisasi pasar kripto koin meme telah naik nilainya terhadap dolar AS bulan lalu. Menurut statistik yang tercatat pada 9 Januari 2023, melalui archive.org, ekonomi koin meme bernilai USD 16,8 miliar atau setara Rp 253,4 triliun (asumsi kurs Rp 15,086 per dolar AS) 27 hari lalu.

Dilansir dari Bitcoin.com, Kamis (9/2/2023), selama 27 hari terakhir, token meme telah menambahkan nilai USD 5,8 miliar atau setara Rp 86,3 triliun dan naik lebih dari 34 persen. Pada 5 Februari 2023, kapitalisasi pasar koin meme bernilai lebih tinggi yaitu USD 22,6 miliar atau setara Rp 340,9 triliun, meningkat 5,4 persen dari hari sebelumnya.

Peraih terbesar minggu ini di antara meme token termasuk kripto pomeranian eth (POM), naik 117,2 persen, baby doge coin (BABYDOGE), naik 113,9 persen, dan polydoge (POLYDOGE), naik 86,7 persen. 

 

 

4 dari 4 halaman

Doge Coin dan Shiba Inu

Dua koin meme terkemuka dalam hal penilaian pasar, dogecoin (DOGE) dan shiba inu (SHIB), telah meningkat 5,3 persen menjadi 22,1 persen, dengan SHIB mengalami peningkatan yang lebih besar.

Dogecoin telah meningkat 29,4 persen dalam sebulan, sementara shiba inu telah meningkat 71,9 persen. Sebagian besar nilai ekonomi koin meme diperoleh sepanjang 2023. 

Pada 5 Februari 2023, pemenang terbesar di antara koin meme selama 24 jam terakhir termasuk arbinu (ARBINU), yang naik 51,9 persen, duckereum (DUCKER), naik 43,5 persen, dan onigiri neko (ONIGI), naik 35,3 persen. Koin meme terbesar, dogecoin, turun 1,7 persen terhadap dolar AS, sementara shiba inu naik 1,5 persen.

Koin meme terbesar ketiga, koin baby doge, meningkat 18,9 persen selama 24 jam terakhir. Meskipun naik 34 persen terhadap dolar AS dan nilai tambah USD 5,8 miliar dalam 27 hari, sebagian besar aktivitas pasar tetap terfokus pada dua koin teratas, DOGE dan Shiba Inu, menunjukkan permintaan aset koin meme terus ada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.