Sukses

3 Bahan yang Bisa Dicoba Untuk Rutinitas Perawatan Kecantikan 2023

Liputan6.com, Jakarta Jika rutinitas perawatan kulit tidak memberikan perubahan pada kulit wajah, Anda sebaiknya mengganti produk lain yang mengandung bahan lain. Salah satunya bisa mencoba produk perawatan kulit yang mengandung bambu, chebula, dan apel.

Menggunakan bahan-bahan alami pada kulit juga tak kalah menuai manfaat yang menjanjikan untuk melindungi dari agresi eksternal. Tren ini sebetulnya telah berkembang sejak pandemi, mengakibatkan munculnya bahan-bahan dengan segudang manfaat.

Lantas, bagaimana peran bambu, apel, dan chebula sebagai produk perawatan kulit?

Bambu Untuk Meningkatkan Hidrasi

Melansir lifestyleasia.com, Kamis (12/1/2023), bambu digunakan selama ribuan tahun di beberapa negara, termasuk China, baik dalam konstruksi, desain dan dekorasi, atau bahkan tekstil. Namun, bambu juga dimanfaatkan untuk sektor kosmetik.

Bambu, lebih tepatnya silika alami yang dikandungnya, memiliki banyak manfaat bagi kulit. Kandungan ini dapat ditemukan dalam kecantikan sebagai hydrolat atau hydrosol untuk menutrisi kulit kering dan dehidrasi secara mendalam. Selain itu, juga disukai karena kekuatan regeneratifnya. Properti ini menjadikannya suatu keharusan dalam perawatan anti-penuaan, baik untuk membantu menjaga kekencangan kulit atau melawan kerutan dan garis halus.

Bambu mampu memenuhi kebutuhan hampir semua jenis kulit, salah satunya untuk kombinasi kulit berminyak berkat kekuatannya yang mattifying. Ini bahkan bagus untuk rambut dan kuku yang rusak. Jika ditemukan dalam bubuk, bambu dapat membantu melawan keringat berlebih.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Apel Untuk Anti-PenuaanKulit

Baru-baru ini, apel telah memasuki tren karena muncul sebagai alternatif yang potensial untuk kulit binatang. Namun, sekarang apel sudah dimanfaatkan pula untuk produk kosmetik berkat khasiat anti penuaan dan manfaat kulit lainnya.

Kaya akan polifenol dan quercetin, apel menjanjikan untuk mengatasi berbagai tanda penuaan kulit, mulai dari melonggarnya, mengurangi kekencangan, dan kerutan. Lebih dari itu, apel juga bertindak untuk pembaharuan kulit dan melindunginya dari agresi di masa depan dari faktor eksternal, seperti polusi, misalnya, sekaligus menutrisi kulit kering. Seperti pada banyak kosmetik, buahnya, yang digunakan bersamaan dengan bahan alami lainnya, bahkan bisa menjadi sekutu bagi kulit kombinasi yang menderita sebum berlebih.

Chebula, Keajaiban Multiguna Dalam Perawatan 

Dikenal dalam pengobatan Ayurveda, chebula memiliki banyak nama, seperti myrobalan chebulic atau haritaki. Chebula dianggap sebagai ramuan ajaib di beberapa negara dan wilayah, termasuk India dan Tibet karena manfaatnya yang tak terhitung jumlahnya.

Menurut Ayurveda, ia memiliki khasiat anti-inflamasi yang bermanfaat bagi kulit dan tubuh. ada pula sifat anti-penuaan yang membuatnya efektif dalam menghaluskan dan mengencangkan kulit, serta membuatnya lebih elastis. Ini karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

Selain itu, bahan serba guna ini dapat berkontribusi untuk memperkuat dan membangun kembali penghalang kulit, membantunya melindunginya dari faktor eksternal tertentu, sekaligus melembabkan kulit secara mendalam.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS