Sukses

Asam Lambung Naik? Coba 4 Tips Ini Untuk Meredakannya

Liputan6.com, Jakarta Refluks asam terkadang bisa membuat seseorang menderita. Oleh karena itu, ketika asam lambung naik sebaiknya segera diatasi salah satunya dengan mengonsumsi obat yang mudah ditemukan di rumah.

Umumnya refluks asam disebabkan oleh keasaman dan mulas. Ketika asam lambung berubah menjadi saluran yang mengangkut makanan dari mulut ke perut, hal itu menyebabkan mulas dan keasaman.

Makan malam yang terlalu banyak dan tidur telentang atau bersandar di pinggang, serta mengemil sebelum tidur, semuanya bisa menjadi faktor penyebab masalah ini. Keasaman dan mulas mungkin disebabkan oleh masalah medis yang mendasarinya atau, dalam situasi tertentu, obat yang Anda konsumsi. Namun, masalah ini sering disebabkan oleh faktor yang berkaitan dengan gaya hidup dan kebiasaan makan.

Untuk menyembuhkannya, ada pengobatan rumahan yang dinilai dapat membantu meredakan asam lambung dan mulas tanpa obat.

Melansir Pinkvilla, Rabu (11/1/2023), beriku ini 5 obat yang bisa jadi alternatif untuk meredakan asam lambung.

1. Mengonsumsi pisang matang

Sifat asam ringan buah ini dapat menenangkan lapisan kerongkongan yang meradang dengan menutupinya. Pisang memiliki konsentrasi potasium yang tinggi, menjadikannya makanan yang bersifat basa.

Namun perlu diperhatikan, pisang mentah itu kurang basa. Karbohidrat dan pati-berat dapat menyebabkan mulas dan refluks pada orang tertentu. Jadi, pastikan Anda memilih pisang yang sudah matang untuk mengatasi masalah ini.

2. Permen karet

Kerongkongan Anda mungkin terasa lebih baik dan bengkaknya berkurang jika Anda mengunyah permen karet. Ini karena peningkatan alkalinitas air liur yang disebabkan oleh permen karet. Asam lambung Anda bisa dinetralkan dengan cara ini. Setelah makan, mengunyah permen karet bebas gula khususnya dapat membantu mengurangi refluks asam dan gejala mulas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

3. Minum susu dingin

Cara selanjutnya untuk mengurangi keasaman dan mulas adalah susu. Susu menghentikan regurgitasi atau sensasi terbakar di perut dengan menyerap produksi asam di sana. Minumlah segelas susu murni dingin tanpa pemanis atau tambahan apa pun jika Anda merasa mulas atau asam di perut. Minum susu dingin bisa jadi cepat meredakan masalah ini.

4. Minum jus lidah buaya

Penyakit refluks asam, mulas yang meningkat, dan radang usus adalah penyakit utama yang dapat disembuhkan dengan jus lidah buaya. Jus lidah buaya banyak digunakan untuk mengobati penyakit radang usus, penyakit asam lambung, dan keasaman lambung yang tinggi.

Sementara itu, daun utuh yang mengandung konsentrasi polisakarida terbesar, adalah pilihan ideal untuk membuat jus. Jika Anda tidak dapat memperoleh jus lidah buaya murni yang belum diproses, cukup beli satu dari toko terdekat untuk mendapatkan bantuan cepat.

Akan tetapi, Anda juga perlu mengonsultasikan dengan dokter jika mengalami refluks asam atau mulas yang parah. Apalagi jika ada keluhan terus berlanjut atau semakin parah meskipun Anda telah melakukan upaya dari tips yang disebutkan di atas untuk mengobatinya.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS