Sukses

5 Manfaat Air Beras Buat Perawatan Rambut

Digunakan di negara-negara Asia selama berabad-abad, air beras memiliki banyak manfaat kesehatan dan perawatan rambut.

Liputan6.com, Jakarta Tak disangka bahwa air beras bermanfaat untuk perawatan rambut. Bahan yang cukup mudah ditemukan ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang memiliki berbagai masalah rambut.

Seperti namanya, air beras adalah air bertepung yang tersisa setelah Anda menanak nasi. Ini bisa merujuk pada air yang digunakan untuk merebus nasi atau bisa nasi yang direbus hingga menjadi cairan kental.

Digunakan di negara-negara Asia selama berabad-abad, air beras memiliki banyak manfaat kesehatan dan perawatan rambut. Air beras yang difermentasi dapat dibuat di rumah dengan bahan-bahan yang mungkin Anda miliki, seperti beberapa gelas air dan nasi mentah.

Tergantung pada kekentalannya, air beras dapat digunakan dengan salah satu dari dua cara: disemprot dengan botol semprot atau disikat ke rambut dengan sisir atau jari Anda. Punya manfaat karena air beras memiliki kandungan pati yang tinggi sehingga berguna untuk mendukung pertumbuhan dan kesehatan rambut secara keseluruhan. Selain itu juga tinggi nutrisi dan vitamin seperti vitamin B, vitamin E, magnesium, dan zinc.

Cara Menggunakan Air Beras sebagai Masker Rambut DIY

Salah satu manfaat menggunakan perawatan air beras untuk rambut Anda adalah tidak memerlukan penyesuaian apa pun pada rutinitas perawatan rambut Anda yang sudah ada. Bergantung pada jenis dan tekstur rambut, sebaiknya gunakan air beras setiap hari hingga seminggu sekali atau kurang. Tapi ini bisa dilakukan bersamaan dengan keramas.

Seperti halnya tambahan pada rutinitas perawatan rambut atau rutinitas perawatan kulit Anda, mulailah perlahan dan sesuaikan aplikasi sesuai kebutuhan rambut Anda.

Untuk mengoleskan air beras ke rambut, mulailah dengan sampo biasa dan proses deep conditioner terlebih dahulu. Setelah rambut Anda bersih dan dibilas dari semua produk, aplikasikan perawatan air beras ini. Semprotkan atau tuangkan air beras ke rambut Anda dan ratakan dengan lembut menggunakan sisir atau jari Anda.

Pastikan Anda memijatnya sampai ke kulit kepala. Biarkan air beras meresap ke rambut hingga 20 menit. Dengan menggunakan air hangat, cuci bersih air beras dari rambut hingga benar-benar hilang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Air Beras Buat Rambut

1. Mendukung Volume Rambut

Jika Anda ingin menambah volume pada rambut, air beras adalah cara yang tepat. Itu karena memiliki kandungan pati dan asam amino yang tinggi yang meningkatkan volume dan menghaluskan rambut kusut dan kering akibat penggunaan produk penambah volume yang dibeli di toko. Pati dalam air beras bahkan berguna untuk mengurangi kerusakan akibat ujung bercabang.

2. Membuat Rambut Lebih Berkilau

Dalam hal produk sehat dan menghidrasi yang tidak memiliki efek samping, air beras tidak ada bandingannya. Ini memiliki kandungan vitamin dan pati yang tinggi dan mengandung asam amino dan vitamin esensial yang membantu mendukung rambut berkilau dan folikel rambut yang sehat. Faktanya, vitamin yang Anda temukan di sebagian besar produk pelembab, seperti vitamin B dan vitamin E, terdapat secara alami dalam air beras dan hanya sebagian kecil dari harganya. Vitamin B dan E berguna untuk menghaluskan permukaan rambutdan memberikan tampilan yang segar dan berkilau.

3. Mendukung dan Memperbaiki Folikel

Asam amino yang ditemukan dalam air beras sangat penting untuk membangun protein. Satu asam amino tertentu, sistein, digunakan oleh tubuh untuk membangun rambut, kuku, dan bahkan kulit. Air beras membantu proses perbaikan dengan mengirimkan nutrisi penting ke rambut yang rusak atau lemah.

Selain itu, juga mengandung senyawa yang dikenal sebagai inositol, yang ditemukan dalam banyak produk pencegah rambut rontok berkat dukungannya untuk perbaikan rambut dan pencegahan kerontokan rambut. Air beras adalah alternatif yang aman dan andal untuk memperkuat rambut yang menipis dan membuatnya tidak mudah rontok, elastisitas rambut rendah, dan patah.

 

3 dari 3 halaman

4. Melindungi Kulit Kepala

Air beras membantu membersihkan kulit kepala dengan lembut. Ketika kita menggunakan banyak produk pada rambut, akan ada penumpukan yang dapat menyebabkan iritasi dan gatal. Air beras dengan lembut memecah penumpukan produk, melegakan dan merilekskan kulit kepala. Ini menghasilkan lebih sedikit rasa gatal dan garukan, yang memungkinkan kulit kepala Anda sembuh.

Penting juga untuk dicatat bahwa ketika kulit kepala memproduksi sebum secara berlebihan, seringkali karena paparan minyak atau kekeringan yang berlebihan, hal itu dapat menyebabkan ketombe. Saat kita menggunakan air beras di kulit kepala, kita membersihkan sisa-sisa serum dan minyak secara menyeluruh, dan pada gilirannya, dapat mengurangi ketombe.

5. Melembutkan dan Mencegah Kusut

Jika Anda menyadari bahwa rambut kasar atau kering, atau jika Anda kesulitan menyisirnya, pertimbangkan perawatan air beras ini. Sebab, bisa sangat berguna jika Anda memiliki rambut yang lebih panjang dan Anda ingin mengurai kekusutan dengan hati-hati tanpa menggunakan produk berlebih yang membebani rambut dan menyebabkan penumpukan.

Air beras mengurai rambut kusut dengan kombinasi kandungan pati, vitamin, asam amino, dan antioksidan. Pati dalam air beras melapisi bagian luar rambut, yang membuatnya lebih mudah untuk disikat atau disisir dan menghilangkan simpul dan kusut. Karena air beras juga kaya akan vitamin dan nutrisi, rambut Anda akan terasa lebih lembut dan terlihat lebih sehat. Yang Anda butuhkan hanyalah secangkir nasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.