Sukses

Coba 4 Tips Ini yang Akan Membantu Anda Meningkatkan Energi di Pagi Hari

Hasilnya ada empat cara untuk meningkatkan energi setelah tidur malam.

Liputan6.com, Jakarta Setelah tidur semalaman, umumnya tubuh akan terasa segara ketika bangun di pagi hari. Namun, beberapa orang justru merasa tidak berenergi. Jika hal ini terjadi, setidaknya ada empat hal yang sebaiknya dilakukan demi menjalani aktivitas seharian penuh semangat.

Menurut seorang peneliti postdoctoral di Center for Human Sleep Science di UC Berkeley Raphael Vallat ada perilaku yang dapat meningkatkan kewaspadaan di pagi hari dan membuat Anda tetap terjaga sepanjang hari.

Vallat baru-baru ini ikut menulis studi Nature Communications yang mengamati kebiasaan tertentu yang dapat meningkatkan energi setelah tidur malam.

Untuk menentukan aktivitas yang membuat seseorang tetap berenergi, tiap individu diminta mencatat seberapa waspada yang mereka rasakan setelah bangun tidur dan sepanjang hari. Ini adalah perilaku yang diasosiasikan dengan kewaspadaan segera setelah bangun tidur dan seterusnya.

Hasilnya ada empat cara untuk meningkatkan energi setelah tidur malam.

1. Terlibat dalam aktivitas fisik sehari sebelumnya. “Semakin tinggi jumlah aktivitas fisik, semakin terjaga dan waspada yang Anda rasakan keesokan harinya,” kata Vallat.

2. Tidur lebih lama dan/atau lebih lambat dari biasanya, yaitu 30 menit ekstra.

3. Sarapan tinggi karbohidrat rendah glikemik seperti roti utuh, oat, dan nasi merah sekaligus menghindari karbohidrat glikemik tinggi seperti kentang, nasi putih, dan roti putih.

4. Menghindari makanan sarapan tinggi gula atau yang mengandung protein dalam jumlah berlebihan yang dapat mengurangi kewaspadaan.

Lebih dari 800 peserta diberi makanan yang berbeda untuk sarapan dan membuat jurnal makanan untuk mencatat asupan makanan. Selain itu, mereka juga memakai jam tangan yang memantau aktivitas fisik dan tiap individu melaporkan kebiasaan tidur mereka termasuk lama, kualitas, waktu dan keteraturan tidur.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Faktor tambahan yang membuat tubuh berenergi saat bangun tidur

Memang, keempat yang disebutkan sebelumnya sangat mudah diimplementasikan, tetapi ada juga faktor non-perilaku yang terkait dengan kewaspadaan setelah tidur malam, kata Vallat, yaitu:

a. Umur

Berapa usia seseorang, sebenarnya memiliki pengaruh besar pada seberapa waspada yang mereka rasakan sepanjang hari, kata Vallat.

“Usia sebenarnya bukanlah sesuatu yang dapat Anda lakukan,” katanya, tetapi “yang kami temukan adalah semakin tua usia Anda, semakin Anda merasa waspada.”

b. Kebahagiaan

Suasana hati dan kebahagiaan juga cukup penting untuk merasa berenergi setelah bangun tidur.

“Yang paling mengejutkan dalam penelitian ini, kami menemukan korelasi yang sangat kuat antara seberapa waspada perasaan Anda dan seberapa bahagia Anda menilai diri sendiri,” kata Vallat.

c. Gen

Untuk menyelidiki pengaruh genetika, penelitian ini melibatkan beberapa pasangan kembar identik, yang berbagi 100 persen genom mereka.

“Ada 25 persen kontribusi gen Anda terhadap perbedaan kewaspadaan antar individu,” tambahnya.

Dia juga mengatakan, “Dan sebenarnya 60 persen ditentukan oleh lingkungan, dan ketika saya mengatakan lingkungan, saya biasanya merujuk pada faktor gaya hidup yang dapat dimodifikasi seperti jumlah tidur dan suasana hati Anda juga.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.