Sukses

8 Makanan Ini Baik untuk Kesehatan Kulit Kepala dan Rambut, Apa Saja?

Menggunakan produk yang menjaga kulit kepala tetap bersih dan seimbang adalah kuncinya.

Liputan6.com, Jakarta Tahukah Anda bahwa kulit kepala memengaruhi kesehatan rambut? Sementara itu, produk perawatan kulit kepala saja tidak cukup. Anda perlu memenuhi asupan makanan tertentu demi mendukung kulit kepala dan rambut yang sehat.

Menggunakan produk yang menjaga kulit kepala tetap bersih dan seimbang adalah kuncinya. Akan tetapi, prosesnya tidak itu saja. Anda juga harus mengonsumsi makanan yang mendukung kesehatan kulit kepala, kata seorang ahli trikologi Helen Reavey.

"Ketika Anda kekurangan mineral atau nutrisi tertentu, apa yang Anda miliki untuk melindungi setiap organ lain di tubuh Anda dan memberi mereka makan dan memberi mereka nutrisi," kata Reavey seperti melansir Well and Good, Minggu (11/12/2022).

Perlu diketahui, ketika kulit kepala tidak memiliki nutrisi yang diperlukan, ia tidak dapat berfungsi dengan baik, tambah Sonya Angelone. "Kulit kepala pada dasarnya adalah kulit di kepala Anda. Dan, seperti halnya kulit di bagian tubuh lainnya, kulit kepala membutuhkan nutrisi tertentu agar tetap sehat,” kata dia.

Karena persoalan itu, Angelone dan Reavy akhirnya membagikan beberapa makanan terbaik untuk kesehatan kulit kepala. Setidaknya itu ada 8 jenis makanan dan minuman yang dapat menjaga kesehatan kulit kepala menurut mereka.

1. Air

Air secara teknis bukanlah makanan, tetapi itu adalah sesuatu yang harus Anda konsumsi demi kesehatan. "Kulit perlu tetap terhidrasi dengan baik untuk sirkulasi darah yang baik dan menjaga keutuhannya," kata Angelone.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Yoghurt

"Vitamin A penting untuk menghasilkan sebum, minyak yang membantu menjaga kelembapan kulit kepala dan rambut tetap sehat," kata Angelone.

Dia menuturkan, "Sumber yang baik adalah produk hewani dan makanan. Jumlah terkonsentrasi ditemukan di hati, minyak ikan, susu, yogurt, dan telur. Beberapa sereal dan minuman kocok siap saji juga mengandung vitamin A. Buah dan sayuran mengandung beta-karoten, a prekursor vitamin A."

3. Stroberi

Selain vitamin A, Anda juga harus melengkapi dengan vitamin C. Vitamin C juga dapat membantu kulit kepala Anda menghasilkan minyak alami di kelenjar sebaceous yang mengarah ke kulit kepala yang lembab. Sumber vitamin C yang baik termasuk stroberi, paprika, buah jeruk, dan kiwi.

"Vitamin C penting untuk membuat kolagen, protein yang dibutuhkan untuk memproduksi keratin, protein utama yang membentuk rambut," kata Angelone.

4. Kacang Brazil

"Kacang Brasil sangat tinggi selenium," kata Reavey. Selenium adalah trace mineral yang kaya antioksidan dan membantu mencegah peradangan. Banyak kondisi kulit kepala seperti dermatitis seboroik dan psoriasis bersifat inflamasi, sehingga mengurangi peradangan dapat membantu mengatasi kondisi ini.

Namun, pastikan Anda tidak berlebihan mengonsumsi selenium karena terlalu banyak justru dapat menyebabkan kerontokan rambut. "Dua dari itu sehari adalah semua yang Anda butuhkan," kata Reavey.

 

3 dari 3 halaman

5. Alpukat

"Kulit kepala yang kering dan terkelupas dapat disebabkan oleh kulit kering atau kekurangan asam lemak esensial seperti asam lemak omega-3," kata Angelone. Tetap terhidrasi dengan baik dan makan cukup asam lemak omega-3 dapat membantu mendukung kesehatan kulit kepala yang optimal dan mengurangi ketombe, wabah psoriasis, dan kulit kering. Sumber omega-3 yang bagus termasuk alpukat, salmon, tuna, biji rami, biji chia, dan kenari.

6. Salmon

"Vitamin D dapat membantu psoriasis, suatu kondisi yang menyebabkan peradangan dan penskalaan kulit dengan rasa terbakar dan gatal," kata Angelone.

Dia menambahkan, "Karena ini adalah penyakit sistem kekebalan tubuh, menjaga tingkat vitamin D yang sehat dapat membantu. Vitamin D juga dapat membantu mencegah sel naik ke permukaan terlalu cepat yang mengakibatkan bercak kulit bersisik keperakan. Sumber makanan termasuk susu yang diperkaya, salmon, dan telur."

7. Telur

"Besi mungkin salah satu mineral terpenting untuk rambut rontok dan pertumbuhan rambut," kata Reavey. Angelone menjelaskan itu karena "zat besi penting untuk membantu sel darah merah membawa oksigen ke kulit kepala untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Zat besi dapat ditemukan dalam daging, telur, makanan laut, dan roti, pasta, dan sereal yang diperkaya zat besi."

8. Kacang

"Protein selalu penting untuk kesehatan kulit termasuk kulit kepala," kata Angelone.

"Rambut terdiri dari protein sehingga kekurangan dapat menyebabkan kerontokan rambut. Makanan kaya protein termasuk daging, makanan laut, telur, susu, kedelai, kacang-kacangan dan lentil, dan quinoa,” imbuhnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.