Sukses

Cari Tahu Manfaat Minyak Opuntia Buat Perawatan Kulit

Liputan6.com, Jakarta Meski memiliki duri, Opuntia sebagai salah satu genus dari tanaman kaktus ternyata punya manfaat khususnya untuk kulit. Tanaman berduri ini berasal dari Amerika, Australia, Timur Tengah, Mediterania, dan Kepulauan Karibia.

Mungkin kedengarannya cukup aneh karena Anda berpikir tanaman ini berbahaya. Akan tetapi, tumbuhan yang hidup di gurun ini seringkali justru bermanfaat. Tidak hanya untuk dunia kecantikan, tapi juga bisa dikonsumsi dalam bentuk sirup yang disuling.

Sementara itu, biasanya Opuntia yang dijadikan sebagai produk perawatan kecantikan ini biasanya digunakan dalam bentuk minyak atau serum.

Lantas, apa manfaat Opuntia sebagai produk kecantikan?

Melansir laman lifestyleasia.com, Jumat (25/11/2022), berikut ini beberapa manfaat yang ditawarkan Opuntia buat merawat kulit.

1. Mengembalikan kulit yang rusak

Asam Oleat yang terdapat di dalam minyak ini juga melawan kerusakan akibat radikal bebas, mengurangi munculnya bintik hitam yang dapat berkembang seiring waktu.

2. Mengurangi penuaan kulit

Opuntia memiliki tingkat Betalains tertinggi dari semua tanaman yang dikenal. Nah, betalains ini adalah antioksidan kuat dengan sifat anti-penuaan.

3. Memberikan hidrasi

Selanjutnya minyak opuntia juga memiliki kemampuan untuk menahan air bahkan dalam kondisi terkering. Setelah mandi, Anda bisa menggunakan minyak ini untuk mengunci kelembapan kulit yang ternutrisi secara optimal.

4. Mengencangkan pori-pori

Asam lemak esensial Opountia juga menjaga lapisan kolagen kulit Anda tetap lembab dan sehat, yang membuat pori-pori Anda tetap kencang.

5. Bagus untuk rambut

Selain untuk kulit, minyak opuntia juga memiliki sifat anti-inflamasi yang ideal untuk pengisian kulit kepala. Di samping itu, juga tinggi vitamin E yang berfungsi sebagai kondisioner rambut pelawan rambut alami.

6. Mengurangi munculnya jerawat

Siapa sangka, minyak ini juga tinggi asam amino, yang merangsang produksi kolagen dan mempercepat pergantian sel. Hal itu memungkinkan kulit Anda menyembuhkan dan memperbarui dirinya sendiri.

7. Membuat kulit lebih bercahaya

Karena kehadiran asam lemak linoleat omega-6 yang mendukung dan vitamin K yang mencerahkan, minyak opuntia adalah sahabat pelindung kulit. Menurut penelitian, senyawa yang bermanfaat bagi kulit ini meningkatkan penampilan yang sehat sekaligus memberikan cahaya alami.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Cara Penggunaan

Opuntia ini biasa digunakan dalam bentuk minyak atau pelembap daripada produk berbasis alkohol seperti toner. Para ahli mengatakan perlu enam hingga delapan minggu untuk melihat hasilnya, sama seperti produk perawatan kulit lainnya. Hal itu karena pergantian sel kulit lambat sehingga butuh beberapa minggu untuk melihat efeknya.

Sementara itu, bahan satu ini umumnya cocok untuk semua jenis kulit kecuali Anda alergi terhadapnya. Bahan ini begitu bermanfaat untuk kulit kering dan sensitif. Selain itu, para ahli mengatakan ini sangat bermanfaat bagi siapa saja yang ingin kulit terhidrasi, efek antioksidan, atau yang memiliki masalah pigmentasi pada kulitnya.

Anda bisa menggunakan 2-3 tetes pada kulit lembab atau campurkan dengan toner wajah bebas alkohol favorit. Dengan menggabungkan minyak dan air, Anda dapat meningkatkan penyerapan sekaligus memberi kulit Anda rasio kelembaban dan hidrasi yang seimbang.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS