Sukses

Hai Ladies, Jangan Lewatkan Rutinitas Perawatan Kulit Ini Saat Masuk Usia 20-an

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada waktu yang lebih baik selain usia 20-an untuk memperhatikan kesehatan, rambut, dan tentunya kulit. Kebiasaan perawatan kulit dan rambut yang tidak memadai selama usia ini dapat menunjukkan tanda-tanda kerusakan di tahun-tahun mendatang.

Karena itu, dokter kulit Jushya Bhatia Sarin baru-baru ini berbagi saran penting tentang kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.

Melansir The Indian Express, Selasa (22/11/2022), berikut ini perawatan yang jangan dilewatkan ketika Anda menginjak usia 20 tahunan.

1. Menerapkan tabir surya

Menerapkan tabir surya secara teratur sangat penting karena sinar UV selalu ada. Sekalipun ketika hari berawan dan saat Anda bekerja di dalam ruangan di dekat jendela atau bahkan saat sedang mengemudikan mobil. "Sinar UV tidak baik untuk kulitmu," katanya.

Selain itu, pakar satu ini juga menyarankan untuk mengonsumsi sayuran segar, serat dan suplemen dengan vitamin D3. “Berolahraga secara teratur dan menjalani gaya hidup alkaline melalui diet untuk kesehatan yang maksimal,” imbuhnya.

2. Segera cari solusi saat rambut rontok

Sangat penting untuk bertindak sejak dini pada rambut rontok selagi masih bisa diatasi. Sarin berkata, "Beberapa rambut rontok bisa permanen."

3. Coba Retinol

Jika Anda sering menggosok wajah, tolong hentikan, katanya. Dia menjelaskan, “Anda melakukan lebih banyak kerugian daripada kebaikan dengan menyebabkan robekan mikro di kulit, mengelupas karena penghalang kulit dan pigmentasi yang rusak.”

Menurut Sarin, lebih baik gunakan retinol dalam rutinitas perawatan kulit karena bahan ini "dibenarkan untuk dipakai oleh seseorang di usia 20-an".

Sebelumnya, pelatih perawatan kulit Tarun Dosanjh menyarankan bahwa seseorang harus memulainya sejak dini — di usia 20-an — untuk melindungi kulit dan menjaganya tetap sehat.

“Meskipun Anda mungkin berpikir bahwa tidak perlu khawatir merawat kulit sampai Anda berusia 30 atau 40-an, ada beberapa kebiasaan yang dapat Anda kembangkan di usia 20-an yang akan melindungi kulit Anda dalam jangka panjang,” ungkapnya.

Menurutnya, praktik perawatan kulit yang sehat ini meliputi memilih pembersih yang tepat, menggunakan tabir surya spektrum luas, menggunakan pelembab berwarna sebagai pengganti tabir surya, membeli krim mata yang bagus, dan menghapus riasan sebelum tidur.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.