Sukses

Ini Dia Segudang Manfaat Asam Hyaluronic Buat Perawatan Kulit

Liputan6.com, Jakarta Asam hyaluronic yang terdapat di dalam produk perawatan kulit memiliki segudang manfaat. Selain memperbaiki kontur dan volume wajah, ada kegunaan lain yang ditawarkan dari bahan satu ini.

“Karena komposisinya yang lengket dan kemampuannya untuk mempertahankan kelembapan, asam hialuronat dikaitkan dengan peningkatan kesehatan kulit, pereda nyeri sendi, pereda mata kering, peningkatan kekuatan tulang, dan manfaat kesehatan lainnya,” kata pendiri KaraMD M. Kara seperti melansir Forbes, Rabu (16/11/2022).

Bagi yang belum tahu, asam hyaluronic atau asam hialuronat adalah zat alami dan ditemukan di kulit, mata, jaringan ikat, dan persendian manusia.

“Asam hialuronat bekerja dalam jaringan dengan cara mengikat dan menarik air,” kata ahli pengobatan anti penuaan dan regenerasi di Swiss Medica Stem Cell Clinic di Serbia Rosmy Barrios.

Dia menjelaskan, “Ini merangsang sintesis elastin (protein yang memberikan elastisitas pada kulit) dan kolagen (protein yang membantu menjaga kulit, tulang, dan persendian kita tetap sehat) dan melindungi kulit dari radikal bebas, membuat kita terlihat muda.”

Tubuh manusia memproduksi asam hialuronat dengan sendirinya, tetapi produksinya melambat seiring bertambahnya usia, ungkap Barrios. “Seiring waktu, konsentrasi asam hialuronat di kulit mulai berkurang,” jelasnya. “Akibatnya, tanda-tanda penuaan seperti keriput dan penurunan elastisitas mulai muncul.”

Asam hialuronat dapat digunakan dalam bentuk suplemen oral, injeksi, tetes mata atau dalam berbagai jenis aplikasi topikal, tergantung bagaimana penggunaannya. Namun, biasanya sering ditemukan dalam serum, krim mata, dan pelembab, sedangkan injeksi adalah perawatan kosmetik yang populer untuk pembesaran bibir, pengurangan kerutan, dan juga digunakan untuk meredakan nyeri sendi lutut.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Manfaat Asam Hyaluronic

Asam hialuronat memiliki banyak manfaat internal dan eksternal potensial, menurut penelitian, dan telah disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) AS untuk beberapa penggunaan, termasuk pengisi kulit, krim luka topikal, dan suntikan sendi lutut.

Potensi manfaat asam hialuronat meliputi:

a. Melembabkan kulit

Asam hialuronat dapat menahan hingga 1.000 kali beratnya dalam air, membuatnya sangat efektif menjaga kulit tetap terhidrasi.

b. Mengurangi tanda-tanda penuaan

Asam hialuronat merangsang produksi kolagen, yang penting untuk menjaga kulit tetap montok dan tampak awet muda.

c. Meningkatkan kesehatan tulang

Asam hialuronat dapat meningkatkan kesehatan tulang dengan merangsang produksi sel tulang baru.

d. Mencegah atau mengurangi nyeri sendi lutut

Asam hialuronat merupakan komponen utama cairan sendi dan dapat membantu mencegah atau mengurangi nyeri sendi pada lutut.

e. Meredakan mata kering

Asam hialuronat juga terdapat dalam air mata dan dapat digunakan untuk mengobati sindrom mata kering atau setelah prosedur bedah mata.

f. Dapat mengobati penyakit saluran napas kronis

Asam hialuronat dapat secara efektif mengobati penyakit saluran napas kronis tertentu, seperti asma dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), menurut penelitian yang tersedia, meskipun penggunaan ini tidak disetujui oleh FDA.

 

3 dari 4 halaman

Asam Hyaluronic untuk Kulit

Salah satu penggunaan asam hialuronat yang paling umum adalah sebagai produk perawatan kulit. Banyak serum, krim, dan gel yang mengandung asam hialuronat tersedia secara online dan di pengecer lokal. Beberapa krim luka resep juga mengandung asam hialuronat — komponen kunci regenerasi jaringan dan respons antiinflamasi.

“Asam hialuronat yang dioleskan ke kulit pada malam hari menembus kulit dan kemudian terus menarik air ke arahnya—memungkinkan hidrasi kulit yang lebih baik saat Anda sedang tidur,” jelas Casey.

“Kulit yang terhidrasi dengan baik akan tetap kuat, kenyal, dan sehat,” sambungnya.

Hyaluronic Acid untuk Kesehatan Tulang dan Sendi

Asam hialuronat mendorong pertumbuhan sel tulang baru untuk kesehatan tulang yang optimal. Ini juga merupakan komponen utama cairan sendi dan dapat membantu mencegah atau mengurangi nyeri sendi dengan bertindak sebagai bantalan di antara tulang.

Suntikan asam hialuronat disetujui oleh FDA untuk mengobati osteoarthritis di lutut ketika pengobatan lain tidak memperbaiki nyeri sendi, namun suntikan ini belum disetujui oleh FDA untuk osteoarthritis di sendi lain. Penyedia yang berpengalaman dapat menyuntikkan sedikit asam hialuronat ke dalam atau di sekitar sendi lutut selama prosedur rawat jalan.

 

4 dari 4 halaman

Asam Hyaluronic untuk Penyakit Saluran Nafas Kronis

Asam hialuronat dapat mengurangi peradangan paru-paru dan menjaga saluran udara tetap bersih. Hal itu karena paru-paru mengandung jaringan ikat yang kaya akan asam hialuronat.

“Selama bertahun-tahun, kami telah mengetahui manfaat asam hialuronat untuk kesehatan sendi, mata, dan kulit,” jelas Kara. “Namun, penelitian yang lebih baru menunjukkan bahwa asam hialuronat juga bisa menjadi zat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan paru-paru.”

“Penelitian telah menunjukkan bahwa asam hialuronat dapat membantu hidrasi lendir, transportasi lendir, dan lebih sedikit lendir yang tersumbat di saluran udara karena perannya dalam pengaturan cairan dan sifat penahan kelembapannya,” tambahnya.

Asam Hyaluronic untuk Kesehatan Mata

Jaringan mata mengandung asam hialuronat, yang membantu menjaganya tetap terlumasi dan berfungsi dengan baik. Orang dengan penyakit mata kering mungkin menemukan suplemen dengan tetes mata asam hialuronat atau suplemen oral dapat membantu meningkatkan produksi air mata dan memperbaiki gejala.

Faktanya, sebuah studi kecil tahun 2019 di Journal of Ophthalmology yang meneliti penggunaan asam hialuronat untuk mata kering menemukan bahwa pengobatan kombinasi dengan asam hialuronat oral dan topikal dalam bentuk pelumas menghasilkan perbaikan gejala yang lebih signifikan daripada pengobatan topikal saja.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.