Sukses

Punya Jenis Kulit Kombinasi? Begini 5 Tips Merawatnya

Liputan6.com, Jakarta Kulit kombinasi akan berminyak dan kering pada waktu yang berbeda. Namun, itu bukan menjadi masalahnya. Yang terpenting, Anda harus mengetahui cara merawat kulit kombinasi agar tetap sehat dan mulus.

Menemukan rejimen perawatan kulit yang sempurna untuk kulit kombinasi mungkin sering membingungkan. Mengingat bahwa berbagai area wajah Anda memiliki kebutuhan yang bervariasi. Misalnya sulit untuk menentukan cara merawat kulit dengan benar.

Akan tetapi, dengan mengikuti rejimen perawatan untuk kulit kombinasi, Anda dapat membantu kulit menemukan keseimbangan yang ideal.

Terlepas dari kenyataan bahwa jenis kulit ini mungkin menantang, berikut ini beberapa tips untuk merawat kulit kombinasi seperti melansir laman Pinkvilla, Selasa (1/11/2022).

1. Gunakan pembersih wajah yang ringan

Produk yang bekerja pada area yang kering mungkin tidak selalu bekerja di area berminyak. Oleh karena itu, lebih baik menggunakan pembersih yang dapat menutrisi dan meratakan area kering sekaligus menghidrasi dan mempertahankan area berminyak.

Selalu awali hari Anda dengan membersihkan wajah menggunakan pembersih yang lembut dan ringan. Pembersih harus memiliki tekstur gel dan mengandung vitamin dan antioksidan. Itu selalu lebih baik untuk membersihkan setelah harus bangun dan kemudian sebelum tidur.

2. Gunakan toner

Kulit kombinasi membutuhkan banyak kelembapan dan beberapa area wajah Anda memerlukan kontrol minyak. Karena itu, toner yang sangat baik memelihara dan menenangkan kulit, mengurangi peradangan, berjerawat, stres oksidatif, dan kekeringan. Pilih toner bebas alkohol yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

3. Eksfoliasi kulit

Pengelupasan membantu dalam pengangkatan sel kulit mati dengan mengganggu koneksi yang menahan mereka tetap utuh, memungkinkan sel-sel baru untuk muncul dan meningkatkan cahaya Anda sehari-hari. Pengelupasan sel kulit mati sangat penting untuk menjaga kulit kombinasi dalam kondisi baik.

Akan tetapi, di sisi lain, pengelupasan juga dapat memperburuk kulit kering. Oleh karena itu, seseorang dengan kulit kombinasi harus menggunakan pengelupasan kulit terbaik yang tersedia.

4. Hilangkan minyak

Ketika lemak dan minyak menumpuk di kulit bergabung dengan kotoran, itu akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Tujuan kertas blotting minyak kosmetik adalah untuk menyerap minyak pada kulit.

Kertas-kertas ini cukup kecil untuk dimasukkan ke dalam tas Anda dan dapat memberikan solusi cepat untuk mengurangi minyak berlebih di siang hari. Untuk menghindari mengganggu kadar lipid normal kulit Anda, pilihlah tisu pembersih dengan bahan sesedikit mungkin.

5. Melembabkan kulit

Kulit kombinasi cenderung berminyak di zona-t tetapi dikeringkan sebaliknya. Namun, pelembab ringan berbasis air akan ideal untuk mengembalikan keseimbangan pada kulit. Anda bahkan dapat menggunakan pelembab ringan dan halus yang sama untuk merawat tambalan kering dan berminyak. Beberapa spesialis juga menyarankan untuk menggunakan dua pelembab berbeda untuk mengatasi masalah kulit Anda.

Sebelum memulai praktik apa pun, penting bagi Anda untuk melakukan uji tempel sebelum menerapkan produk apa pun ke wajah Anda.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS