Sukses

Mentimun Beku Bisa Mengatasi Kulit Bengkak, Begini Penggunaannya

Selain itu, mentimun juga jadi pilihan yang cukup bagus sebagai alat pijat.

Liputan6.com, Jakarta Mentimun menjadi salah satu bahan perawatan untuk mengatasi kulit bengkak. Namun untuk menggunakannya, sebaiknya timun dibekukan terlebih dahulu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Menurut salah satu dokter bersertifikat Erum N. Ilyas, alasan di balik mentimun beku adalah sifatnya yang mendinginkan.

“Mereka dapat mendinginkan kulit dan mengurangi kemacetan pembuluh darah, dan mereka juga memiliki vitamin K, yang telah terbukti membantu sirkulasi juga,” katanya seperti dilansir Well and Good, Jumat (14/10/2022).

Manfaat membekukan mentimun mirip dengan manfaat mendinginkan kulit. “Ini menggabungkan ilmu pemijatan sistem limfatik di kulit dengan kualitas dingin tahan lama dari permukaan mentimun beku untuk memaksimalkan manfaat menghilangkan peradangan dan cairan berlebih di kulit,” sambungnya.

“Kami tahu bahwa cairan cenderung menumpuk di jaringan lunak wajah dan sekitar mata dan dapat memburuk dengan alergi, rosacea, tekanan darah tinggi, dan perubahan hormonal,” jelasnya. Semakin lama cairan itu ada, semakin akan mengubah tekstur kulit di wajah.

Selain itu, mentimun juga jadi pilihan yang cukup bagus sebagai alat pijat.

“Selain obat-obatan, pijatan sederhana untuk mengembalikan kelebihan cairan ini ke dalam sistem limfatik dengan lembut dapat membantu mengendalikan efek pembengkakan ini, dan saya akan sering memberi tahu pasien untuk memijat kulit di sekitar mata mereka secara melingkar untuk mengurangi tampilan. tas,” jelasnya.

Mentimun dikenal karena manfaat kulitnya dan memiliki kandungan air yang sangat tinggi, sehingga dapat membeku dengan mudah, seperti es batu. “Permukaan yang dipotong memiliki tekstur sedikit tetapi tidak kasar saat dicairkan,” katanya, sehingga tidak akan mengiritasi kulit Anda. Plus, mentimun juga mengandung vitamin K, B, dan C, di antara banyak mineral.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara menggunakan mentimun beku di wajah

Untuk menggunakannya, potong mentimun di salah satu ujungnya untuk meninggalkan permukaan yang halus dan terbuka. Kemudian masukkan ke dalam freezer, di dalam kantong plastik. Karena dipotong, Anda harus menghindari kontaminasi silang dengan makanan lain dan freezer burn.

Setelah dibekukan, ujung yang belum dipotong akan terasa sangat dingin, jadi bungkus dengan handuk agar tangan tetap hangat. Kemudian Anda bisa mulai menggosokkan potongan mentimun ke wajah selama beberapa menit.

Ketika akan mulai mencair, kemeudian Anda potong saja sepotong dari ujungnya saat Anda selesai mengunakannya di pagi hari dan biarkan mentimun membeku kembali dengan permukaan baru yang terbuka.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.