Sukses

Konser Suara 1.000 Sasando Pecahkan Rekor MURI, Dihadiri Ibu Iriana Jokowi

Konser Suara 1000 Sasando ini berhasil memecahkan rekor MURI (Museum Rekor-Dunia Indonesia) atas pagelaran dengan pemain sasando terbanyak di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Provinsi NTT bersama Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) dan Dekranasda NTT menyelenggarakan "Konser Suara 1000 Sasando."

Konser bertajuk "Magical Sound of Sasando for The World" di Waterfront City Labuan Bajo, 28 September 2022 malam ini bertujuan melestarikan musik tradisional Sasando asal Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Konser Suara 1000 Sasando ini berhasil memecahkan rekor MURI (Museum Rekor-Dunia Indonesia) atas pagelaran dengan pemain sasando terbanyak di Indonesia.

Acara ini dihadiri oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama para anggota OASE KIM.

Penghargaan diberikan langsung perwakilan MURI kepada Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Provinsi NTT yang diterima oleh Ketua Dekranasda NTT, Julie Sutrison Laiskodat.

Penghargaan juga diberikan kepada Bupati Rote Ndao, Paulina Haning Bullu mewakili masyarakat Pulau Rote NTT, asal musik sasando.

Alat musik tradisional khas NTT ini merupakan salah satu warisan budaya bangsa yang telah digunakan sejak abad ke-7. Oleh sebab itu, sudah sewajarnya sebagai generasi penerus untuk melestarikannya. Dalam sambutannya yang disampaikan secara daring.

Gubernur NTT Viktor Laiskodat menyatakan bahwa tidak ada sasando di dunia, selain dari Pulau Rote NTT.

“Seperti artinya sasandu yaitu bergetar atau berbunyi maka musik sasando juga harus digetarkan ke seluruh dunia, Magical Sound of Sasando for The World”, ungkap Laiskodat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dihadiri Ribuan Masyarakat

Acara yang diselenggarakan secara hybrid di Waterfront Marina Labuan Bajo dan melalui zoom serta youtube ini juga dihadiri oleh ribuan masyarakat di NTT serta perwakilan para duta besar di seluruh dunia serta duta besar negara-negara sahabat melalui zoom.

Music Director acara Konser 1000 Sasando, Izhu Nisroni menyampaikan bahwa 1000 pemain sasando yang sudah berlatih selama kurang lebih dua bulan tersebut merupakan para pelajar NTT asal Kupang dan Labuan Bajo.

Konser Suara 1000 ini juga dimeriahkan musisi-musisi ternama tanah air seperti Gerry Gany X Factor, Conrad Good Vibration , Inez Dona, Rizal Masai, Roli Lede, Izhu Nisnoni & Friends, dan J&D Project Band.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini