Sukses

Manfaat Asam Amino Buat Perawatan Kulit yang Perlu Anda Tahu, Apa Saja?

Asam amino adalah senyawa organik yang penting bagi tubuh dan terbuat dari oksigen, hidrogen, karbon, dan molekul lainnya. Kandungan ini baik untuk banyak manfaat kecantikan yang berbeda.

Liputan6.com, Jakarta Asam amino begitu dikenal dalam dunia kesehatan. Di balik itu, kandungan satu ini ternyata juga bermanfaat dalam dunia perawatan kulit.

Khasiatnya yang mampu dirasakan bagi semua pemilik jenis kulit bisa membantu membangun kolagen hingga mencegah penuaan dini dan bahkan lebih dari itu.

Anda mungkin ingat pernah mendengar tentang asam amino pada saat mengikuti kelas sains. Asam amino adalah senyawa organik yang penting bagi tubuh dan terbuat dari oksigen, hidrogen, karbon, dan molekul lainnya. Kandungan ini baik untuk banyak manfaat kecantikan yang berbeda.

Asam amino membantu dalam banyak proses alami tubuh, seperti pertumbuhan otot, sistem kekebalan, dan pembentukan.

Bagi yang belum tahu, asam amino termasuk senyawa organik, tetapi ada beberapa jenis yang perlu diperhatikan.

"Beberapa asam amino dibuat dalam tubuh Anda (asam amino nonesensial); yang lain harus berasal dari sumber makanan (asam amino esensial)," kata Dokter Kulit kosmetik bersertifikat Dendy Engelman seperti dilansir dari Popsugar, Minggu (4/9/2022).

Menurut Klinik Cleveland, "Tubuh Anda membutuhkan 20 jenis asam amino yang berbeda untuk berfungsi dengan benar. 20 asam amino ini bergabung dengan cara yang berbeda untuk membuat protein dalam tubuh Anda."

Manfaat

Karena berperan dalam banyak fungsi tubuh, Engelman mengatakan, asam amino "sangat serbaguna" dalam hal perawatan kulit dan mengemas beberapa manfaat.

"Mereka menghidrasi, mengurangi peradangan, membangun kolagen, meningkatkan kemanjuran produk lain, memberikan perlindungan antioksidan, dan perbaikan, meminimalkan tanda-tanda penuaan, dan banyak lagi,” ungkapnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fungsi

Tidak seperti banyak jenis "asam" pada produk perawatan kulit yang memerlukan kehati-hatian saat diperkenalkan ke rejimen, asam amino mudah dimasukkan ke dalam rutinitas Anda saat ini.

"Mereka bekerja dengan baik dengan hampir semua jenis kulit, selama seluruh produk baik untuk kulit orang yang menggunakannya," kata Engelman.

"Misalnya, seseorang dengan kulit sensitif mungkin masih mengalami iritasi setelah menggunakan produk yang lebih aktif/keras yang mengandung asam amino, tetapi produk yang lebih lembut yang mengandung asam amino harus cocok."

Asam amino dapat ditemukan di semua jenis produk perawatan kulit, mulai dari pelembab hingga serum, krim mata, dan pembersih.

Engelamn menuturkan, "Pikirkan tentang masalah atau tujuan kulit Anda, dan cari produk yang mengandung asam amino dan juga atasi kebutuhan tersebut.”.

Akan tetapi, katanya, sebagian besar produk tidak mencantumkan "asam amino" pada rincian bahan di bagian kemasan.

Dalam hal ini, Engelman menyarankan Anda untuk mencari "arginin, lisin, histidin, glisin, dan leusin" yang tercantum dalam bahan-bahannya. "Ini menunjukkan adanya asam amino,” tuturnya.

Pada dasarnya, jika Anda ingin kulit terhidrasi, halus, dan montok, Anda bisa mendapatkan manfaat dari menambahkan asam amino ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.