Sukses

Cari Tahu Alasan Bangun Tidur Justru Merasa Lelah, Kenapa?

Ketika Anda bangun dengan lelah, itu mungkin memengaruhi kesejahteraan secara keseluruhan.

Liputan6.com, Jakarta Tidur menjadi salah satu upaya melepas lelah dan kantuk setelah seharian beraktivitas. Namun, tidak semua orang merasakan kesegaran ketika bangun tidur. Beberapa orang justru merasa semakin lelah setelah tidur yang bahkan mungkin dengan waktu cukup lama.

Mengapa bisa demikian?

Ketika Anda bangun dengan lelah, itu mungkin memengaruhi kesejahteraan secara keseluruhan. Ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan yang akan membantu Anda tidur nyenyak. Dari minyak esensial hingga teh tertentu. Selain itu, ada pula sejumlah cara yang dapat membantu Anda jika sulit tidur.

Ketika Anda bangun dalam keadaan lelah, hal itu kemungkinan akan mempengaruhi kualitas hidup. Oleh karena itu, tidur yang nyenyak itu penting. Jika Anda tidak cukup tidur, cari tahu penyebabnya lalu coba perbaiki penyebabnya.

Bila bingung, berikut ini beberapa alasan ketika Anda justru merasa lelah saat bangun tidur seperti melansir lama Timesnownews, Kamis (18/8/2022).

1. Gaya hidup menetap

Ketika Anda menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak, kemungkinan saat Anda bangun tidur, Anda masih bisa merasa lelah karena tubuh sudah terbiasa dengan tingkat energi yang rendah. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melakukan beberapa jenis aktivitas secara teratur untuk menjaga tingkat energi tubuh.

2. Kecemasan atau depresi

Kecemasan atau depresi adalah alasan utama lainnya mengapa Anda mungkin merasa lelah setelah bangun tidur. Kondisi ini dapat melelahkan secara emosional yang mungkin membuat Anda lelah. Selain itu, obat-obatan yang Anda minum untuk kondisi ini mungkin juga berpengaruh pada tidur Anda.

3. Dehidrasi

Ini adalah alasan mengapa Anda mungkin merasa lelah dan bahkan setelah tidur. Saat Anda mengalami dehidrasi, kemungkinan besar Anda akan merasa mengantuk dan lelah bahkan setelah Anda tidur selama tujuh hingga delapan jam.

4. Gangguan tidur

Gangguan tidur adalah alasan lain mengapa Anda mungkin merasa lelah setelah bangun tidur. Ketika menderita gangguan tidur, Anda mungkin terbangun di tengah malam yang pada akhirnya dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda. Hal itulah yang mungkin membuat Anda lelah.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.