Sukses

Kini YouTube Hadirkan Fitur Belanja Buat Para Pembuat Konten

Liputan6.com, Jakarta Menjadi salah satu platform streaming video, YouTube mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan konten yang dapat dibeli untuk pemirsa.

Belum bisa dicoba di seluruh negara, inovasi tersebut baru bisa digunakan di beberapa negara, seperti di Amerika Serikat, India, dan Brasil, mulai minggu depan.

YouTube dalam sebuah postingan blog seperti dilansir dari laman Enterpreneur, Senin (25/7/2022), menjelaskan jika mengetahui bahwa pembuat konten dan pemirsa memiliki hubungan yang unik dan kepercayaan di antara merekalah yang membantu menginformasikan apa yang akhirnya dibeli pemirsa.

"Faktanya, menurut sebuah penelitian yang kami lakukan dalam kemitraan dengan Publicis dan TalkShoppe, 89 persen pemirsa setuju bahwa YouTube pembuat konten memberikan rekomendasi yang dapat mereka percayai. Jadi, penting bahwa semua yang kami kerjakan di YouTube Shopping adalah untuk mendukung memastikan pengalaman pemirsa dan pembuat konten yang lancar," kata pihak Youtube.

Sebagai bagian dari usaha baru ini, YouTube juga memberi tahu tentang kemitraannya dengan Shopify, pengaktif e-niaga yang mengintegrasikan belanja langsung di platform.

Ini pada akhirnya akan membantu pembuat konten untuk mengintegrasikan toko Shopify mereka ke Saluran YouTube masing-masing.

"Kami mengumumkan kemitraan kami dengan Shopify untuk memungkinkan pembuat dan penjual dengan mudah menampilkan produk mereka di saluran dan konten YouTube mereka. Sekarang pembuat yang memenuhi syarat dapat menautkan toko Shopify mereka ke saluran YouTube mereka hanya dalam beberapa langkah," kata YouTube.

Mengomentari kemitraan ini, Kaz Nejatian selaku VP produk di Shopify mengatakan, "Shopify adalah infrastruktur perdagangan internet, yang menggerakkan jutaan bisnis independen di seluruh dunia. Kami percaya pembuat konten adalah generasi pedagang berikutnya dan YouTube telah lama berdiri. -pemimpin waktu dalam memberdayakan kelompok wirausahawan baru ini. Kami senang bermitra dengan YouTube, dan membantu meningkatkan ekonomi kreator ke fase pertumbuhan berikutnya."

Sesuai dengan YouTube, hal ini terus memperluas belanja di video langsung, pendek, dan berdurasi panjang untuk membantu lebih banyak pembuat konten terhubung dengan pemirsa dan penggemar mereka dengan cara yang menyenangkan dan kreatif, dan tidak sabar untuk melihat bagaimana pembuat konten menghidupkan belanja di YouTube.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati