Sukses

4000 UMKM Minati Pelatihan Digelar JDL Express Indonesia dan Dinkop UMKM Jabar

Liputan6.com, Jakarta JDL Express Indonesia, perusahaan penyedia logistik yang berafiliasi dengan JD.ID dan JD Logistics, bersama Dinas Koperasi & Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat bekerjasama memfasilitasi pelatihan pendampingan serta peningkatan produktivitas pelaku koperasi, usaha kecil dan pesantren berbasis teknologi dan inovasi.

Sebanyak 4.000 UMKM Binaan Dinkop Jawa Barat dilaporkan akan ikut kegiatan ini. Kegiatan ini merupakan sinergi antara perusahaan dan Pemda Provinsi Jawa Barat untuk memajukan UMKM dan pelaku bisnis online (online seller) agar dapat bersaing di pasar digital yang kian ramai.

Acara peresmian kerjasama berlangsung pada Rakorda Dinkop & Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat di Hotel Horison Ultima Bhuvana Ciawi, pada Selasa (14/6/2022). Acara ini dibuka Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat, Kusmana Hartadji.

Tujuan sinergi ini juga demi mempromosikan produk-produk unggulan UMKM binaan Dinkop Jawa Barat kepada masyarakat di luar daerah.  

Chief Financial Officer JDL Express Indonesia, Leonard Johanes Pontoh, yang juga hadir dalam acara tersebut menyampaikan apresiasinya atas sambutan baik Kepala Dinas Koperasi & Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat.

“Apalagi ditambah dengan  antusiasme sekitar 4.000 UMKM Binaan Dinkop Jawa Barat sangat tinggi untuk berpartisipasi dalam pelatihan-pelatihan praktis yang difasilitasi oleh JDL Express Indonesia,” tegas Leonard Johanes Pontoh.  

Dia mengatakan jika bentuk dukungan yang diberikan pihaknya tidak hanya menjadi partner logistik bagi rekan-rekan UMKM dan pelaku online seller saja, tapi juga memberikan pelatihan-pelatihan yang dibutuhkan agar dapat bersaing dan terus berinovasi.

"Misalnya saja, pelatihan pemasaran digital (digital marketing), copywriting, branding, legalitas, serta kelas finansial untuk pebisnis,” tambah Leonard.  

Dipilihnya Jawa Barat, menurut Leonard, Kawasan ini merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang dikenal sebagai rumah dari industri kreatif yang telah melahirkan banyak brand lokal yang mengglobal. Produk-prodak lokal yang mengglobal itu seperti NAH Project, Visval, Esensi, dan Serra Footwear.  

“Besar harapan kami, sinergi antara Dinas Koperasi & Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat dan JDL Express Indonesia ini mampu mencapai misi kami untuk menaikan kelas para UMKM melalui Program UMKM JUARA JABAR, yang bertujuan agar para UMKM mendapatkan manfaat penguatan diri dan manajemen usaha," kata dia.

 

2 dari 2 halaman

Naik Kelas

Selain itu, UMKM juga diharapkan untuk bisa naik kelas dari skala kecil ke menengah, dengan memanfaatkan teknologi dalam berbisnis untuk mencapai pasar.  

Kusmana Hartadji juga berharap melalui kegiatan ini dapat mendorong daya saing UMKM Jawa Barat, yang sekaligus juga meningkatkan perekonomian warga.

Kusmana percaya, layanan logistik dan fasilitas pendukung yang disediakan oleh JDL Express Indonesia seperti pengiriman barang dengan metode Cash On Delivery, Card Swipe on Delivery, fulfilment, tailor-made, dan Distribution Centre memudahkan para pelanggan dan pembeli menerima produk penjual lebih cepat.  

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan penandatangan kerja sama resmi antara JDL Express Indonesia dan Dinas Koperasi & Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat, yang disambung dengan sesi sharing program yang akan menjadi langkah selanjutnya oleh kedua belah pihak.