Sukses

Hai Wanita, Hati-hati dengan Kebiasaan Ini Jika Tidak Ingin Kulit Wajah Kusam

Liputan6.com, Jakarta Hampir setiap wanita menginginkan punya kulit wajah bersih bercahaya. Namun, beberapa orang mungkin merasa sudah perawatan tapi tetap tidak ada perubahan alias kulit wajah tetap kusam. Siapa sangka, hal itu bisa saja terjadi karena faktor kebiasaan yang dilakukan sehari-hari..

Di sisi lain, mempertahankan kulit bercahaya pun bukan tugas yang mudah. Wajah bercahaya bisa menjadi kusam kembali karena beberapa faktor. Salah satunya kebiaasaan buruk sehari-hari.

Lantas apa saja kira-kira kebiasaan itu?

Melansir Pinkvilla, Rabu (12/4/2022), berikut ini kebiasaan yang dapat menyebabkan wajah menjadi kusam.

1. Dehidrasi

Salah satu penyebab utama kulit kusam adalah dehidrasi. Jika Anda tidak minum cukup air, darah yang mengalir ke kulit akan berkurang. Hal itu kemudian akan membuat Anda terlihat lebih pucat.

Karenanya, terus-menerus mengalami dehidrasi juga dapat menyebabkan masalah jangka panjang seperti garis-garis halus, kulit kendur, dan kerutan.

Untuk mengatasinya, tentu Anda harus minum minimal 8 gelas air setiap hari untuk menjaga kulit Anda terhidrasi dan sehat.

2. Tidak cukup tidur

Bagi yang hobi begadang, hati-hati kulit bisa menjadi kusam. Begadang sampai dini hari ternyata dapat menyebabkan kerusakan permanen pada kulit.

Saat Anda tidur, kulit Anda memperbaiki dirinya sendiri dan sel-sel beregenerasi. Jika Anda tidak cukup tidur, sel-sel tidak mendapatkan cukup waktu untuk memperbaiki dan beregenerasi, menyebabkan kulit terlihat kusam.

Sebagai gantinya, tidur antara 7 - 9 jam setiap malam membantu kulit memperbaiki dan menyembuhkan kulit itu sendiri.

3. Overdosis riasan

Terlalu banyak menggunakan riasan matte dan tebal dapat menyumbat kulit dan pori-pori. Hal itu dapat mengacaukan keseimbangan pH kulit dan menghasilkan sebum secara berlebihan.

Langkah terbaik adalah menghindari alas bedak yang berat dan kental. Sebagai gantinya Anda bisa memilih sesuatu yang lebih ringan, seperti warna kulit atau krim BB yang menghidrasi kulit dan ringan tetapi juga optimal.

 

2 dari 2 halaman

Solusi

Mengatasi kulit kusam

1. Vitamin C

Serum tepercaya yang dapat Anda sertakan dalam rutinitas perawatan kulit Anda adalah serum vitamin C. Bahan itu merupakan agen pencerah karena mengandung antioksidan yang membantu mengisi warna kulit asli dan meningkatkan cahaya.

Selain itu, juga membantu menghilangkan jerawat, memperbaiki jaringan dan kerusakan sel dan meningkatkan produksi kolagen.

2. Aloe Vera Gel

Gel aloe vera punya banyak manfaat untuk kulit. Beberapa di antaranya mampu meningkatkan hidrasi, mengurangi peradangan kulit, meningkatkan produksi kolagen, membersihkan pori-pori, menetralkan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan banyak lagi.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati