Sukses

Tahu Cranberi? Buah Satu Ini Dapat Membantu Kesehatan Jantung Lho

Hasilnya, peserta yang mengonsumsi kranberi memiliki peningkatan flow-mediated dilation (FMD) secara signifikan.

Liputan6.com, Jakarta Menurut uji klinis baru yang dipimpin oleh King's College, mengonsumsi cranberry atau cranberi selama kurang lebih satu bulan dapat meningkatkan fungsi kardiovaskular pada pria sehat.

Temuan penelitian ini telah diterbitkan dalam jurnal ‘Food & Function’. Adapun peserta yang terlibat dalam studi ini melibatkan 45 pria sehat.

Mereka sebelumnya telah mengonsumsi bubuk cranberi secara utuh atau setara dengan 110 g per hari. Durasi mengonsumsi kranberi tersebut selama sebulan.

Hasilnya, peserta yang mengonsumsi cranberi memiliki peningkatan flow-mediated dilation (FMD) secara signifikan. Hal ini menandakan adanya peningkatan jantung dan fungsi pembuluh darah.

Sementara itu, PMK dianggap sebagai biomarker risiko penyakit kardiovaskular yang sensitif dan mengukur bagaimana pembuluh darah melebar ketika aliran darah meningkat.

Melansir Timenownews, Rabu (30/3/2022), seorang Dosen Senior Nutrisi di Departemen Ilmu Gizi di King's College London sekaligus penulis senior studi tersebut Ana Rodriguez-Mateos mengatakan, "Peningkatan polifenol dan metabolit dalam aliran darah dan peningkatan terkait dalam pelebaran yang dimediasi aliran setelah konsumsi cranberi menekankan peran penting bahwa buah ini terkait dalam pencegahan penyakit kardiovaskular."

Lebih lanjut dia menambahkan, "Fakta bahwa perbaikan kesehatan jantung ini terlihat dengan banyaknya cranberi yang dapat dikonsumsi secara wajar setiap hari, menjadikan cranberi sebagai buah yang penting dalam pencegahan penyakit kardiovaskular bagi masyarakat umum."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Risiko Penyakit

Perlu diketahui, kurang mengonsumsi buah-buahan dan sayuran adalah salah satu faktor risiko teratas yang dapat menyebabkan risiko penyakit kardiovaskular.

Dalam hal ini, cranberi yang kaya akan proanthocyanidins memiliki sifat yang berbeda dibandingkan dengan polifenol di dalam buah-buahan lain.

Studi ini telah mengeksplorasi beragam Cranberi. Salah satunya bubuk beku-kering kranberi utuh itu setara dengan 100 g cranberi segar. Jadi, buah ini begitu sehat untuk menjaga kardiovaskular tetap sehat.

Di samping itu, hasil penelitian pun menunjukkan bahwa mengonsumsi cranberi sebagai bagian dari makanan sehat diet dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Salah satu Profesor Kedokteran Kardiovaskular di University of Surrey sekaligus rekan penulis penelitian Christian Heiss menjelaskan, "Temuan kami memberikan bukti kuat bahwa kranberi dapat secara signifikan mempengaruhi kesehatan pembuluh darah bahkan pada orang dengan risiko kardiovaskular rendah.

Studi ini lebih lanjut menunjukkan bahwa metabolit spesifik hadir dalam darah setelah konsumsi cranberry terkait dengan efek menguntungkan."

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.