Sukses

Makanan yang Baik Dikonsumsi Buat Pertumbuhan Rambut, Apa Saja?

Setidaknya ada enam nutrisi utama yang ditemukan dalam makanan terbaik untuk mendukung rambut agar tetap sehat.

Liputan6.com, Jakarta Merawat rambut tidak hanya menggunakan produk yang cocok. Akan tetapi, juga memperhatikan asupan makanan yang harus dikonsumsi agar rambut mengalami pertumbuhan yang baik.

“Konsumsi makanan tidak hanya untuk kesehatan, tetapi juga untuk pertumbuhan rambut yang optimal,” kata ahli nutrisi dan kesehatan Samantha Cassetty, seperti melansir Lifestyle Asia, Selasa (15/3/2022).

Cassetty menjelaskan, “Dalam kedua kasus, mendapatkan protein yang cukup sementara juga berfokus pada makanan nabati yang sehat akan membantu memastikan Anda mendapatkan nutrisi, antioksidan, dan senyawa anti-inflamasi agar rambut lebih sehat.”

Setidaknya ada enam nutrisi utama yang ditemukan dalam makanan terbaik untuk mendukung rambut agar tetap sehat.

“Rambut yang sehat bergantung pada nutrisi tertentu, seperti protein, biotin, vitamin A, dan vitamin C,” jelasnya lebih lanjut.

Di samping itu, zat besi dan asam lemak omega-3 juga termasuk dua nutrisi utama lainnya dalam mendukung pertumbuhan rambut, tambahnya.

Lebih lanjut, inilah enam nutrisi yang mendukung pertumbuhan rambut menurut Cassetty,

a. Protein

“Protein sangat penting untuk kesehatan rambut,” kata Cassetty.

b. Biotin

Biotin adalah salah satu nutrisi rambut paling terkenal karena suatu alasan, menurut Cassetty.

“Kekurangan biotin dapat menyebabkan penipisan dan kerontokan rambut . Wanita yang sedang hamil atau menyusui berisiko lebih tinggi mengalami defisiensi,” katanya.

c. Vitamin A

“Rendahnya asupan Vitamin A sering dikaitkan dengan kerontokan rambut pada hewan, tetapi terlalu banyak vitamin A juga terkait dengan kerontokan rambut pada manusia . Asupan vitamin A yang tepat dapat membantu menjaga kesehatan sel-sel yang mengelilingi folikel rambut yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut yang sehat,” jelas Cassetty.

d. Vitamin C

Vitamin C dianggap mampu merangsang kolagen yang merupakan komponen utama keratin, jenis protein yang membentuk rambut.

e. Besi

“Kekurangan zat besi dapat menyebabkan kerontokan rambut. Ini terkait dengan kondisi GI tertentu, pola makan vegan, pola makan yang tidak sehat, dan menstruasi yang berat,” kata Cassetty.

f. Asam lemak omega-3

“Stres, peradangan, dan stres oksidatif dapat menyebabkan penipisan rambut. Jadi, antioksidan dan senyawa anti-inflamasi, seperti asam lemak omega-3, dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut dan pertumbuhan rambut,” kata Cassetty.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makanan yang Membantu Pertumbuhan Rambut

Lebih rinci, berikut ini makanan yang baik dikonsumsi untuk membantu pertumbuhan rambut.

1. Yoghurt

Anda akan menemukan protein dan zat besi di dalam yoghurt. Hal ini menjadikannya makanan yang ideal untuk pertumbuhan rambut.

 

2. Stroberi

“Secangkir stroberi mengandung banyak vitamin C. Nutrisi ini dibutuhkan untuk membentuk kolagen, yang merupakan komponen utama rambut Anda,” kata Cassetty.

 

3. Kubis Brussel

Kubis Brussel memiliki beragam manfaat nutrisi khususnya untuk pertumbuhan rambut.

“Secangkir kubis Brussel juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda. Itu berarti makanan ini dapat membantu membentuk kolagen serta membantu penyerapan zat besi nabati. Selain itu, kubis ini juga merupakan antioksidan yang dapat memerangi stres oksidatif. Jadi vitamin C memiliki banyak peran dalam menjaga kesehatan rambut,” tutur Cassetty.

 

4. Ikan salmon

“Inilah makanan yang mengandung protein dan biotin, keduanya bermanfaat untuk rambut,” kata seorang ahli diet terdaftar nabati dan pemilik Plant-Based Eats di Stamford Amy Gorin.

Di samping itu, salmon yang kaya akan asam lemak omega-3 ini juga memiliki tiga nutrisi penting untuk pertumbuhan rambut.

 

5. Telur

Telur adalah salah satu sumber protein yang paling terjangkau dan bagus untuk pertumbuhan rambut. Satu butir telur mengandung 6 gram protein, ditambah biotin.

 

6. Kacang-kacangan

"Secangkir lentil memiliki 18 gram protein ditambah 7 miligram zat besi," kata Cassetty. Oleh karena itu, "Anda akan memaksimalkan penyerapan zat besi jika Anda makan lentil dengan makanan yang kaya vitamin C, seperti kubis Brussel,” tambahnya.

 

7. Tahu

Menurut Gorin, tahu adalah sumber protein nabati yang memiliki protein lengkap . Ini berarti tahu mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh.

 

8. Daging merah

“Daging sapi, kerbau, domba, hati adalah makanan super untuk rambut,” kata seorang ahli trikologi di Advanced Trichology William Gaunitz.

Lebih lanjut dia menjelaskan, “Daging merah mengandung zat besi bioavailable dengan persentase tertinggi dibandingkan makanan lainnya. Selain itu, daging merah juga mengandung biotin, B kompleks, dan zinc yang sangat tinggi dan berperan dalam menjaga kesehatan khususnya untuk rambut Anda.”

 

9. Minyak hati ikan kod

Kekurangan vitamin D dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut, kata Gaunitz.

“Berdasarkan persentase, minyak hati ikan kod memiliki kandungan vitamin D3 tertinggi dari makanan apa pun,” ungkap Gaunitz.

Dalam hal ini, vitamin D3 mampu mengontrol aspek sistem kekebalan, keratinisasi, dan metabolisme hormone. Semua itu dapat mempengaruhi ketebalan dan kepanjangan rambut, kata Gaunitz.

 

10. Ikan sarden

Asam lemak dan proteinnya di dalam ikan sarden menjadikannya makanan yang baik untuk pertumbuhan rambut.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.