Sukses

Cegah dan Hindari Kerutan di Bawah Mata, Begini Caranya

Tidak perlu khawatir, Anda bisa menghilangkan atau mencegah adanya kerutan di bawah mata.

Liputan6.com, Jakarta Seiring bertambahnya usia, kondisi kulit mulai berubah. Bahkan dalam usia yang masih muda pun kulit bisa saja mengeriput. Salah satu tandanya terlihat dari area bawah mata.

Tidak perlu khawatir, Anda bisa menghilangkan atau mencegah adanya kerutan di bawah mata. Namun, perawatan di area tersebut perlu cara khusus. Sebab, kulit di daerah tersebut lebih tipis dibanding bagian lainnya. Selain itu, juga lebih rentan terhadap faktor eksternal yang dapat meningkatkan tanda-tanda penuaan.

“Ketika kolagen dan elastin mulai menurun mulai usia 20-an, kita mulai membentuk garis dan kerutan pada usia 30-an,” tutur salah satu dokter kulit dan pendisi AziMD Skincare Azadeh Shirazi seperti melansir laman InStyle, Kamis (10/02/2022).

Dia menjelaskan, seiring bertambahnya usia ada tiga jenis kerutan yang dapat berkembang di area sekitar mata. Pertama, kerutan dinamis yang terbentuk dari kontraksi otot di bawah permukaan kulit. Seiring berjalannya waktu, kerutan dinamis dapat menjadi kerutan statis, yang merupakan hasil dari proses penuaan alami dan faktor lingkungan, seperti paparan sinar matahari yang dapat memperburuk kerutan.

Sementara itu, ada kerutan statis. Ini adalah kerutan dan garis halus yang terlihat saat wajah Anda tidak bergerak. "Jenis terakhir adalah lipatan kerutan yang disebabkan oleh hilangnya dukungan dan struktur seiring bertambahnya usia yang menyebabkan lipatan kendur dan kerutan," jelas Shirazi.

Berawal dari hal itu kemudian Shirazi membagikan tips-tips yang mungkin dibutuhkan seseorang untuk melakukan perawatan area bawah mata. Khususnya untuk menghilangkan kerutan, berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan dalam perawatannya.

1. Gunakan retinol

Retinol adalah turunan dari vitamin A yang merupakan salah satu bahan anti-penuaan. Kandungan ini dapat bekerja untuk mengurangi garis-garis halus dan kerutan dengan merangsang produksi kolagen — sesuatu yang kita semua butuhkan untuk kulit yang tampak montok.

"Penyebab utama kerutan di bawah mata adalah karena melemahnya serat kolagen dan elastisitas akibat paparan sinar matahari, berkedip, menyipitkan mata, tersenyum, dan gerakan wajah, serta berlalunya waktu," jelas salah satu ahli kecantikan Renée Rouleau.

Oleh sebab itu, menambahkan krim mata yang diformulasikan dengan retinol dapat membantu menjaga kulit di bawah mata terlihat lebih halus dan awet muda. Dengan penggunaan yang konsisten, Anda pasti akan melihat perbedaan di bawah mata.

"Ini cukup mengesankan tingkat peningkatan yang dapat Anda lihat hanya dengan menggunakan retinol secara konsisten di bawah mata selama lebih dari setahun," tutur Shirazi.

2. Eksfoliasi

Sama seperti bagian tubuh lainnya, sel-sel kulit mati dapat menumpuk di bawah mata. Hal inilah yang kemudian dapat mencegah produk Anda menyerap sepenuhnya, kata Rouleau.

Oleh karena itu, Rouleau mengatakan, "Eskfoliasi serta menambahkan kelembapan di bawah mata dapat membantu menciptakan penampilan yang lebih halus.”

Kuncinya adalah Anda bisa menggunakan krim mata dengan exfoliant kimia. Lebih baik tidak menggunakan eksfolian fisik, seperti scrub, karena area tersebut sangat tipis dan rapuh. Sebagai gantinya, Rouleau menyarankan untuk menggunakan serum untuk area mata.

Serum tersebut nantinya dapat membantu mengeksfoliasi kulit dengan lembut untuk mencegah kekeringan, garis-garis halus, dan benjolan milia. Anda juga dapat mengaplikasikannya sebagai tambahan pada krim mata Anda untuk kelembapan dan hidrasi maksimum. "Hasilnya adalah efek mengencangkan kulit dengan lebih sedikit garis permukaan yang terlihat," katanya.

3. Gunakan Serum Asam Hyaluronic

“Serum dengan asam hialuronat membantu menambah kelembapan pada kulit,” kata dokter kulit dari MDCS Dermatology Brendan Camp. Area kulit mata yang lembap dapat membuatnya lebih kenyal sehingga kerutan tidak terlalu terlihat.

4. Coba Microneedling Profesional

Microneedling adalah prosedur yang merangsang produksi kolagen dan meremajakan kulit.

"Perangkat ini menyebabkan ribuan jarum kecil masuk dan keluar dari kulit untuk memperbaiki tekstur kulit dan menghaluskan permukaan kulit," jelas. Shirazi. Microneedling biasanya bisa dilakukan hanya di dokter kulit.

5. Menyuntik

Untuk garis yang lebih dalam atau lipatan kerutan, tanyakan kepada dokter kulit Anda tentang pengisi.

“Suntikan pengisi kulit dapat mengangkat dan mencerahkan bagian bawah mata. Pengisi asam hialuronat paling baik untuk lipatan di bawah mata,” ujar Shirazi.

Camp menambahkan, “Suntikan dengan neuromodulator juga dapat membantu membatasi kemampuan otot tertentu untuk berkontraksi, yang mencegah pembentukan garis dinamis yang terbentuk saat membuat ekspresi wajah tertentu."

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.