Sukses

Ketahui Manfaat dan Jenis Aromaterapi yang Dapat Menenangkan

Berikut ini manfaat-manfaat bila Anda menggunakan aromaterapi di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Selain menenangkan, aromaterapi juga bisa membantu menghilangkan rasa stres. Tidak hanya itu, masih ada lagi manfaat lain yang ditawarkan dari aromaterapi untuk pengobatan.

Lantas apa saja manfaat dari aromaterapi?

Melansir laman Times of India, Sabtu (29/1/2022), berikut ini manfaat-manfaat bila Anda menggunakan aromaterapi di rumah.

Membantu menghilangkan stres dan kecemasan

Aromaterapi dapat digunakan untuk membantu menghilangkan stres atau kecemasan. Terlebih ketika digunakan saat meditasi. Keduanya merupakan perpaduan yang cocok untuk mengatasi rasa stres dan cemas. Selain itu, aromaterapi juga dapat menangkan sistem saraf, merelaksasikan pikiran, hingga menurunkan tekanan darah.

Meningkatkan kualitas tidur

Kualitas tidur sangat penting untuk fungsi otak dan memori. Dalam hal ini, aromaterapi seperti minyak esensial memiliki sifat merelaksasi tubuh. Hal itulah yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur sehingga lebih nyenyak. Lavender merupakan salah satu minyak esensial yang populer digunakan untuk membuat tidur nyenyak.

Kelelahan

Aromaterapi untuk mengatasi kelelahan Anda bisa gunakan minyak atsiri. Minyak ini memiliki sifat yang memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan. Bahkan minyak ini dapat mempengaruhi pikiran seseorang untuk membantu merasa lebih santai.

Sekadar informasi, aromaterapi yang digunakan ketika sedang kelelahan itu dapat merevitalisasi tubuh dan memberikan relaksasi otot. Jadi, minyak atsiri yang bekerja untuk menyeimbangkan sistem saraf tersebut akan sangat membantu dalam menenangkan tubuh agar bisa kembali berenergi.

Meredakan nyeri otot

Selanjutnya, aromaterapi juga menjadi solusi untuk mengelola dan meredakan nyeri ringan. Itu termasuk kram perut, sakit kepala, leher, nyeri lutut, dan nyeri punggung bawah. Untuk meredakan nyeri otot, Anda bisa coba membuat campuran minyak untuk memijat diri sendiri dengan lembut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jenis Minyak Esensial dan Manfaatnya

 Minyak lavender

Ini adalah salah satu jenis paling umum yang digunakan dalam aromaterapi. Minyak ini dapat membantu menghilangkan stres dan kecemasan serta meningkatkan kualitas tidur. 

Minyak pohon teh

Minyak pohon teh terkenal karena antibakterinya. Efek anti-inflamasi minyak pohon teh dapat membantu menenangkan dan meredakan kulit yang sakit dan teriritasi. Selain itu, minyak ini juga digunakan dalam perawatan luka, menghilangkan kutu kepala, dan mengendalikan ketombe.

Minyak lemon

Aroma lemon yang segar dapat menenangkan otak Anda.

Minyak peppermint

Minyak esensial peppermint bersumber dari tanaman peppermint yang berguna untuk menyegarkan nafas. Menurut para peneliti, peppermint sangat bagus untuk membangunkan otak Anda, meningkatkan konsentrasi, dan meningkatkan kewaspadaan.

 

 

3 dari 3 halaman

Cara Gunakan Aromaterapi di Rumah

Cara sederhana menggunakan minyak esensial adalah melalui diffuser. Anda bisa menuangkan 3-5 tetes minyak esensial ke dalam air. Kemudian nikmati difusi selama 30-60 menit.

Selain dengan cara tersebut, Anda juga bisa gunakan minyak esensial tersebut ketika mandi, menikmati bersantai dengan mendengarkan musik, membaca buku, melakukan yoga atau bermeditasi. Dengan demikian, aromaterapi tersebut dapat membantu meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup Anda.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini