Sukses

Bersihkan Pori-pori dengan 5 Bahan Rumahan Ini

Selain melakukan perawatan ke dokter kecantikan, Anda juga bisa mencoba beberapa bahan rumahan yang dipercaya dapat membantu menghilangkan komedo.

Liputan6.com, Jakarta Komedo atau jerawat yang muncul bermula dari pori-pori wajah. Ketika pori-pori kotor dan tidak pernah dibersihkan, masalah kulit tersebut pasti akan muncul.

Oleh karena itu, setiap orang perlu menjaga kebersihan dan melakukan perawatan kulit untuk mengantisipasi agar masalah tersebut tidak terjadi.

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan adalah membersihkan kotoran di dalam pori-pori tersebut. Baik komedo hitam maupun putih, keduanya harus dihilangkan. Dengan demikian ketika pori-pori sudah bersih, kulit Anda pun akan mudah untuk bernafas dan menjadi lebih sehat.

Akan tetapi, tidak semua cara menghilangkan komedo dapat bekerja dengan baik. Selain melakukan perawatan ke dokter kecantikan, Anda juga bisa mencoba beberapa bahan rumahan yang dipercaya dapat membantu menghilangkan komedo.

Melansir laman Pinkvilla, Kamis (06/01/2022), berikut ini lima bahan rumahan yang bisa Anda coba untuk memberishkan pori-pori pada wajah.

1) Pepaya dan Yoghurt

Untuk membersihkan pori-pori, Anda bisa memanfaatkan pepaya dan yoghurt. Caranya dengan mencampurkan satu sendok makan papaya yang ditumbuk halus dan yoghurt tanpa pemanis. Kemudian oleskan pada wajah dan leher Anda. Lakukanlah dengan memijat lembut kulit, bisa dengan gerakan melingkar. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

Sebagai informasi, kedua bahan ini berfungsi sebagai eksfoliator kulit. Dengan catatan, jangan lakukan perawatan ini lebih dari dua kali dalam seminggu.

2) Membersihkan Kulit dengan Uap

Cara kedua bila Anda ingin membersihkan pori-pori adalah dengan memanfaatkan uap. Duduk dan lakukan pembersihan dengan uap. Jangan lupa untuk menutup rambut Anda dengan handuk. Biarkan uap meresap sehingga bisa membebaskan kotoran dari kulit Anda. Selain membersihkan pori-pori, cara ini juga termasuk tips yang baik untuk menghilangkan komedo.

3) Tanah Liat Kaolin

Kaoling terkenal dengan khasiatnya yang mampu mengontrol sebum dan membersihkan pori-pori dari kotoran. Bahan ini sangat baik digunakan terlebih bagi orang-orang yang memiliki kulit berminyak. Mereka dapat menjadikan Kaolin sebagai masker.

Untuk menerapkannya, ambil 2 sendok makan bubuk tanah liat kaolin dan campurkan dengan 1 sendok makan air mawar. Kemudian oleskan secara merata pada kulit Anda dan bilas setelah 20 menit kemudian. Lakukan perawatan ini setidaknya dua kali dalam seminggu.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4) Lemon dan Lidah Buaya

Selanjutnya bahan keempat yang dipercaya mampu membersihkan pori-pori adalah lemon dan lidah buaya. Akan tetapi, ingatlah bahwa jangan membiarkan lemon menempel di kulit selama berjam-jam karena dapat mengiritasi. Jika memang terjadi iritasi, Anda harus cepat-cepat membersihkannya.

Untuk menerapkan bahan ini, ambil 1 sendok makan lemon yang sudah dihaluskan dan campurkan dengan 1/2 gel lidah buaya. Ditambahkan lidah buaya karena untuk menjaga keseimbangan kulit. Sebab, terkadang asam sitrat bisa menyebabkan masalah.

Selain membantu membersihkan pori-pori, lemon juga dapat membantu pengelupasan dan mengusir bakteri pada kulit. Sedangkan untuk lidah buaya, itu berperan sebagai pendingin.

5) Oatmeal dan Alpukat atau Madu

Bahan terakhir yang dipercaya membantu membersihkan pori-pori adalah oatmeal. Cukup ambil 2 sdm oatmeal dan tambahkan 1/2 sdm alpukat atau madu. Kedua bahan tersebut bisa Anda jadikan sebagai scrub.

Sebagai informasi, alpukat dapat membantu mencegah kekeringan kulit, meningkatkan elastisitas, dan mengurangi jerawat. Sedangkan madu adalah agen anti-bakteri utama yang membantu menjaga kulit tetap ternutrisi, mencegah jerawat, dan sebagai anti-oksidan.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini