Sukses

Hai Ladies, Ini Hal yang Perlu dan Tidak Perlu Dilakukan Saat Merawat Rambut

Untuk mencapai rambut yang diinginkan, tidak semua orang bisa mendapatkannya.

Liputan6.com, Jakarta Rambut terbilang menjadi mahkota bagi para wanita. Karena itu, rambut perlu dijaga dan dirawat dengan sebaik mungkin. Kesalahan merawatnya tentu tidak akan membuahkan rambut yang lembut, indah, dan terlihat sehat.

Memiliki rambut yang indah dan terlihat merupakan dambaan bagi banyak orang. Tak sedikit dari mereka akhirnya melakukan perawatan bahkan hingga ke salon kecantikan.

Namun sayangnya, untuk mencapai rambut yang diinginkan tersebut tidak semua orang bisa mendapatkannya. Ada pula seseorang yang masih memiliki sejumlah permasalahan pada rambut meski sudah merawatnya.

Sebagai informasi, kekuatan, ukuran, hingga tekstur rambut itu bisa ditentukan oleh gen. Sementara rambut yang rusak, itu bisa disebabkan karena beberapa faktor, seperti polusi, masalah kesehatan, atau gaya hidup.

Salah satu hal yang harus diperhatikan untuk merawat rambut adalah mengingat apa yang perlu dan tidak perlu dilakukan. Lebih lanjut, inilah hal-hal yang perlu dan tidak perlu dilakukan dalam merawat rambut, seperti dikutip dari laman Timesnownews, Kamis (25/11/2021).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Yang Perlu Dilakukan

Berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan bagi seseorang yang ingin merawat rambut.

1. Memotong rambut bercabang

Ujung rambut yang bercabang adalah hal yang buruk. Membiarkannya alias tidak memotong rambut bercabang itu lebih buruk lagi.

Perlu diketahui, ujung rambut yang bercabang dapat meningkatkan risiko kerusakan rambut serta membatasi pertumbuhannya. Untuk menghindari hal ini terjadi, pastikan Anda memperhatikan rambut dan memotongnya setiap 1 hingga 2 bulan sekali.

2. Lindungi dari sinar matahari

Selain kulit, Anda juga perlu melindungi rambut dari paparan sinar UV yang berbahaya. Rambut yang tidak terlindungi akan lebih rentan terhadap kerusakan. Lebih dari itu, warna rambut pun bisa jadi mengalami perubahan karena hal itu.

Oleh sebab itu, saat keluar rumah, pastikan Anda menggunakan produk dan penutup yang sesuai untuk melindungi rambut dari sinar matahari dan polutan luar ruangan.

3. Atur rutinitas keramas

Berkeramas akan membersihkan rambut Anda dari beragam kotoran. Namun, terlalu banyak keramas juga tidak baik.

Anda harus mengatur waktu untuk jadwal keramas yang sesuai. Sebab, keramas terlalu sering dapat menyebabkan kulit kepala mengering dan keramas terlalu jarang juga dapat menyebabkan penumpukan minyak di kulit kepala.

 

 

3 dari 3 halaman

Yang Tidak Perlu Dilakukan

Selain melakukan yang seharusnya dilakukan, Anda juga perlu menghindari beberapa hal yang justru bisa merusak rambut ketika merawatnya.

Hal-hal yang tidak perlu dilakukan untuk merawat rambut itu antara lain.

1. Jangan menggunakan catokan rambut yang terlalu panas

Jika Anda sering menggunakan pengeriting, pelurus, atau pengering rambut, jangan gunakan terlalu panas. Bahkan jangan pula gunakan terlalu sering.

Panas yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada tekstur, kilau, dan warna rambut. Selain itu, juga dapat menyebabkan rambut lemah dan rapuh. Lebih dari itu bahkan dapat meningkatkan risiko kerusakan rambut.

2. Jangan mengikat rambut terlalu kencang

Pemilik rambut panjang mungkin sering mengikatnya. Ketika mengikat rambut, usahakanlah jangan terlalu kencang.

Mengikat rambut terlalu kencang juga dapat menyebabkan kerusakan rambut. Selain itu, mengepang rambut terlalu sering juga ternyata menyebabkan rambut patah. Selanjutnya hal itu dapat menyebabkan kondisi rambut yang dikenal sebagai traksi alopecia.

3. Berhenti menyisir rambut ketika basah

Setelah keramas, rambut Anda otomatis akan basah. Pada saat tersebut, Anda sebaiknya jangan langsung menyisirnya. Beri rambut Anda waktu untuk bernapas setelah Anda keluar dari kamar mandi.

Perlu tahu, menyisir rambut basah tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan rambut rontok dan patah. Lebih disarankan untuk mengeringkannya terlebih dahulu. Namun, cobalah mengeringkannya dengan tidak menggosok rambut dengan handuk.

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.