Sukses

Lima Tips Mudah Jaga Kesehatan Mata

Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) mencatat 1 miliar orang di dunia memiliki gangguan penglihatan.

Liputan6.com, Jakarta Gangguan penglihatan menjadi permasalahan umum yang sering dihadapi masyarakat. Beberapa di antaranya yang sering terdengar adalah mata minus, katarak, mata kering, hingga degenerasi makula.

Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) mencatat 1 miliar orang di dunia memiliki gangguan penglihatan, baik yang bisa dicegah atau yang belum mendapatkan penanganan. Tentunya penglihatan yang terganggu memiliki dampak negatif pada kehidupan sehari-hari.

Dengan demikian, menjadi penting untuk menjaga kesehatan mata. Melansir dari NDTV Food, Selasa (14/9/2021), berikut adalah lima tips mudah yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata.

1. Konsumsi Makanan yang Kaya Vitamin

Menurut Asosiasi Optometri Amerika atau American Optometric Association (AOA), vitamin A, C, dan E bisa mengurangi risiko penyakit mata tertentu, seperti katarak dan degenerasi makula.

Oleh karena itu, para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi buah citrus (jeruk), kacang-kacangan, biji-bijian, hingga ikan untuk kesehatan mata yang lebih baik.

2. Konsumsi Sayuran Hijau

Sayuran hijau kaya akan nutrisi yang sehat sehingga bisa meningkatkan kesehatan. Akademi Nutrisi dan Diet (Academy of Nutrition and Dietetics) menerangkan bahwa sayuran berdaun hijau mengandung lutein, zeaxanthin, vitamin, dan beta karoten.

Berbagai kandungan tersebut dikenal untuk melindungi mata dari sinar UV dan radiasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Tetap Terhidrasi

Para ahli menekankan seseorang harus minum cukup air setiap hari. Tujuannya agar menghindari dehidrasi yang mungkin memiliki efek berbahaya pada kesehatan mata.

4. Kontrol Berat Badan

Menurut studi Beaver Dam Eye yang dilakukan oleh Departemen Oftalmologi Universitas Wisconsin, obesitas juga bisa memengaruhi kesehatan mata. Hal itu menyebabkan tekanan mata menjadi meningkat.

Para ahli menyarankan bahwa seseorang harus mengonsumsi pola makan sehat untuk mengatur berat badannya.

3 dari 3 halaman

5. Berhenti Merokok

Sebuah laporan yang diterbitkan di situs resmi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menjelaskan bahwa merokok memicu perubahan pada mata sehingga menyebabkan seseorang kehilangan penglihatan.

Selain itu, laporan tersebut menunjukkan perokok memiliki kemungkinan dua hingga tiga kali lebih besar untuk mengembangkan penyakit mata seperti katarak dibandingkan dengan orang yang tidak merokok.

Reporter: Shania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.