Sukses

Simaklah Alasan Gigi Bisa Menguning Serta Cara Mengatasinya

Perubahan warna gigi yang semula berwarna putih menjadi kuning dapat disebabkan karena beberapa hal.

Liputan6.com, Jakarta Gigi berperan untuk membuat penampilan menjadi lebih menarik. Oleh karena itu, gigi pun perlu dijaga dan dirawat dengan baik agar tetap sehat, bersih, rapi, dan putih. Terjadi kesalahan dalam merawat gigi, akan membuat gigi berubah salah satunya dari segi warna.

Perubahan warna gigi yang semula berwarna putih menjadi kuning dapat disebabkan karena beberapa hal. Bisa jadi karena gaya hidup yang tidak sehat, merokok, atau minum alkohol.

Gigi yang menguning ini sebaiknya kembali dibersihkan agar bisa berwarna putih seperti sedia kala. Akan tetapi, beberapa orang tidak percaya bahwa gigi kuning bisa dibersihkan hingga menjadi putih seperti semula. Kebanyakan lebih percaya bahwa memutihkan gigi justru akan membuat kerusakan pada gigi.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kenapa Gigi Bisa Menguning?

Dikutip dari laman Timesnownews, ada beberapa penyebab umum gigi bisa menguning. Salah satunya adalah gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok dan minum alkohol. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi kopi pun bisa membuat gigi menguning. Bahkan kelebihan karbohidrat pun bisa menjadi penyebabnya.

Di samping itu, perubahan pada warna gigi juga bisa disebabkan karena ada masalah kesehatan lain yang memerlukan konsumsi obat-obatan dan bahan kimia. Bahkan tanpa disadari, faktor umur juga berpengaruh dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi.

 

 

 

3 dari 3 halaman

Tips Memiliki Gigi yang Sehat dan Putih

Ada beberapa cara yang bisa membantu memutihkan gigi yang kuning. Selain itu, cara ini juga dapat menyehatkan gigi. Cara-cara itu antara lain sebagai berikut.

1. Gunakan cuka sari apel

Menurut sebuah penelitian dari PubMed Central, “Efek cuka pada pemutihan gigi dan jaringan keras gigi in vitro”. Hal ini menunjukkan, cuka sari apel dapat membantu untuk memutihkan gigi yang kuning.

Akan tetapi, menggunakan cuka sari apel untuk memutihkan gigi pun ada aturannya. Ada jumlah minimal dan tidak boleh terlalu sering menggunakan cuka sari apel ini. Sebab jika berlebihan, justru akan merusak gigi.

 2. Menyikat gigi

Untuk menjaga warna gigi atau membuat gigi putih, pastikan Anda menyikat gigi setidaknya dua kali sehari. Selain itu, alangkah lebih baiknya setiap menyikat gigi durasinya antara 2-3 menit.

Bersihkanlah bagian mulut Anda, dari gigi hingga lidah. Anda bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung pemutih gigi untuk membantu membuat gigi yang kuning menjadi putih.

3. Menjaga asupan makanan

Gigi yang menguning bisa disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat. Untuk itu, konsumsilah makanan yang kaya akan vitamin C, serat, buah-buahan, dan sayuran. Semua itu dipercaya membantu menjaga kesehatan gigi. Bahkan bukan hanya gigi yang terawat, badan pun akan terawat jika Anda mengonsumsi makanan yang sehat. Sebaliknya, hindarilah mengonsumsi makanan yang justru akan membuat gigi menguning, seperti berry, kopi, atau buat bit.

4. Coba pasta gigi dengan kandungan arang aktif

Kini sudah banyak perusahaan yang mulai memproduksi pasta gigi yang mengandung arang aktif. Pasta gigi seperti ini juga dianggap mampu menjaga gigi tetap putih dan menghilangkan noda pada gigi.

Jika tidak ada dalam bentuk pasta gigi, Anda bisa gunakan arang aktif dalam bentuk kapsul. Caranya dengan menggosokkan isi kapsul tersebut pada gigi dan membilasnya setelah beberapa menit kemudian.

5. Gunakan hidrogen peroksida dan soda kue

Kombinasi kedua bahan ini juga dinilai mampu untuk menghilangkan gigi yang menguning. Anda dapat menggunakannya melalui pasta gigi yang mengandung hidrogen peroksida dan soda kue.

Jika tidak membeli pasta gigi dengan kedua kandungan ini, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya, campurkan 2 sendok makan hidrogen peroksida dengan 1 sendok soda kue. Kemudian, oleskanlah pada gigi Anda yang kuning.

 Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.