Sukses

Selain Menyegarkan, Air Kelapa Ternyata Bermanfaat buat Kulit

Liputan6.com, Jakarta Mungkin belum banyak orang yang tahu bahwa air kelapa juga bermanfaat untuk kulit. Banyaknya vitamin dan mineral alami yang terkandung di dalamnya, dinilai mampu menghidrasi dan melembapkan kulit.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa air kelapa yang bisa dimanfaatkan untuk kulit ini lebih baik langsung dioleskan ke bagian kulit tersebut.

Dikutip dari laman healthline, Senin (3/7/2021), berikut ini beberapa manfaat air kelapa untuk kulit.

 Untuk kulit kering atau sensitif

Menurut Marie Hayag yang merupakan dokter kulit bersertifikat dan pendiri 5th Avenue Aesthetic di New York City, air kelapa yang banyak mengandung gula dan asam amino dinilai dapat membantu menyehatkan dan melembapkan kulit kering jika langsung dioleskan.

Selain itu, Diane Madfes, seorang dokter dan asisten profesor dermatologi di Mount Sinai School of Medicine di New York City juga mengatakan bahwa air kelapa mengandung elektrolit yang tinggi. Berkat kandungan tersebut, air kelapa akan menenangkan jika dioleskan ke bagian kulit.

Membantu melawan jerawat

Sebuah studi di awal 2017 menunjukkan bahwa air kelapa memiliki sifat antimikroba yang berarti bisa pula membantu untuk melawan jerawat.

“Namun, tidak ada bukti yang kuat menunjukkan bahwa air kelapa dapat bermanfaat bagi jerawat, bekas jerawat, pigmentasi kulit, atau bercak hitam,” ujar Hayag.

Itu artinya air kelapa saja tidak akan menyebuhkan jerawat. Akan tetapi, air kelapa mungkin bisa digunakan dalam rutinitas perawatan kulit berjerawat yang bisa dicampurkan dengan bahan lain untuk mempercepat prosesnya.Madfes menyarankan untuk mencampurkan air kelapa dengan kunyit untuk dijadikan masker wajah.

Anti penuaan

Sebuah studi tahun 2015 mengemukakan bahwa dengan mengonsumsi air kelapa dinilai mampu menetralisir efek radikal bebas dan bisa pula untuk mendukung anti penuaan.

Itulah ketiga manfaat air kelapa untuk kulit. Perlu diketahui, air kelapa tidak akan membantu mengatasi beberapa masalah kulit lain, seperti kemerahan, komedo, pigmentasi dan lingkaran hitam, dan untuk mencerahkan kulit.

Madfes mengatakan bahwa meskipun air kelapa memang mengandung bahan pencerah kulit, seperti vitamin C dan asam amino, tetapi kadar bahan ini terlalu rendah untuk menunjukkan manfaat mencerahkan pada kulit.

 

 

 

2 dari 2 halaman

Manfaat mengonsumsi air kelapa untuk kulit

Air kelapa mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin B2, vitamin B3, dan vitamin C yang jika dikonsumsi dapat memberikan manfaat untuk kulit. Jika mengonsumsinya langsung dengan cara diminum, air kelapa dapat membantu mengurani kerutan dan garis halus, meningkatkan hidrasi dan elastisitas kulit, meningkatkan produksi kolagenm dan membuat kulit lebih bercahaya.

Hayag mengatakan, “Air kelapa memiliki fitohormon yang disebut kinetin, itu dapat memberikan efek anti penuaan dan antiosidan. Selain itu, air kelapa juga kaya akan mikronutrien yang dapat mmebantu aktivitas antioksidan melawan radikal bebas.”Selain itu, air kelapa juga memiliki kandungan elektrolit yang jika dikonsumsi dapat membuat tubuh lebih terhidrasi.

Sara Lutz, seorang ahli gizi dan pelatih nutrisi di Wellory menegaskan, “Penting untuk dicatat bahwa kekurangan cairan dapat menyebabkan kulit kering, gatal, dan membuat garis-garis halus. Oleh karena itu, tetaplah terhidrasi untuk menghindari efek buruk tersebut.”

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati