Sukses

Selain Bersabar, Ini Cara Lain Menghadapi Orang Kasar

Liputan6.com, Jakarta Tak semua orang dapat berperilaku sopan sementara beberapa lainnya kasar. Tergantung bagaimana cara berpikir mereka.

Tapi, berurusan dengan orang yang kasar menjadi agak sulit karena memerlukan pendekatan yang berbeda. Anda perlu memiliki toleransi untuk berurusan dengan orang-orang seperti itu.

Melansir dari laman magforwoman, berikut adalah beberapa cara menghadapi orang yang kasar.

1. Sabar

Mungkin terdengar aneh, tetapi Anda memang harus bersabar dalam situasi seperti itu. Jika orang lain bersikap kasar, itu tidak berarti Anda juga berperilaku dengan cara yang sama.

Mungkin ada alasan mengapa orang tersebut berperilaku seperti itu. Jadi, jangan kehilangan ketenangan, karena itu tidak akan membantu Anda menghadapi orang tersebut. Tenangkan diri dan perlakukanlah orang tersebut dengan cara yang lebih baik.

2. Hadapi dengan cara yang sopan

Jika seseorang bersikap kasar, tunggu sebentar lalu tanyakan alasan orang itu bersikap kasar. Lakukan dengan cara yang sopan. Tanyakan saja tentang beberapa alasan atau masalah.

Jika orang itu menjadi defensif pada konfrontasi Anda, tinggalkan saja percakapan dan lanjutkan, atau alihkan topik jika memungkinkan.

3. Jangan dibawa ke hati

Ada kemungkinan bahwa orang yang bersikap kasar kepada Anda mungkin sedang menghadapi masa-masa sulit. Jadi, beri mereka kesempatan dan jangan menyuarakan pendapat Anda tentang situasi tertentu.

Jangan kembalikan dengan kata-katamu. Jika itu terjadi sekali, maka abaikan saja situasinya. Ini adalah cara terbaik untuk berurusan dengan orang-orang kasar dalam beberapa situasi.

4. Analisis situasinya

Ada alasan untuk semua yang terjadi dalam hidup. Anda perlu menganalisis situasinya. Ketahui mengapa orang tersebut bersikap kasar. Mungkin ada semacam kesalahpahaman, yang mengarah pada situasi ini.

Dalam hal ini, Anda perlu menghapus kesalahpahaman itu, sehingga orang tersebut berperilaku normal kembali.

2 dari 2 halaman

5. Tawarkan bantuan Anda

Jika seseorang bersikap kasar, bersikaplah toleran terhadap orang tersebut. Ketika orang itu tenang, cukup tawarkan bantuan. Itu tidak berarti bahwa Anda melupakan segalanya tentang situasinya.

Katakan saja kepada orang tersebut bahwa berbicara akan sangat membantu untuk mengubah situasi. Mungkin Anda dapat memecahkan kebekuan dalam situasi seperti itu.

6. Watak

Beberapa orang kasar bisa saja karena itu kebiasaan mereka. Anda tidak bisa benar-benar mengubah kebiasaan seseorang, seperti kekasaran yang sifatnya negatif tentu sulit diubah.

Tetapi, kerangka berpikir dan situasi yang positif dapat membantu. Jadi, jika seseorang berperilaku kasar, jangan dibawa ke hati, karena itu bisa menjadi masalah pribadi.

7. Abaikan

Anda tidak bisa selalu bersikap baik kepada seseorang yang selalu kasar.  Jadi, inti masalahnya adalah mengabaikan situasinya. Setiap orang juga memiliki tingkat toleransi tertentu.

Jika orang tertentu berperilaku kasar berulang kali, abaikan saja orang tersebut. Abaikan saja, jangan kasar sebagai balasannya, karena Anda tidak seperti orang tersebut.

8. Tersenyumlah dan bersikaplah ramah

Jika Anda bertemu orang yang tidak sopan, cukup tersenyum. Ya, Anda mendengarnya dengan benar. Dengan tersenyum, akan mengubah pola pikir orang tersebut. Tunjukkan sikap ramah dengan orang itu dan ia tidak akan lagi bersikap kasar kepada Anda.

Ini adalah cara terbaik untuk berurusan dengan orang yang kasar.