Sukses

Hati-Hati, Ini Bahaya Punya Gangguan Kecemasan Berlebih Terhadap Kesehatan saat Pandemi

Bagi sebagian orang, virus corona telah memicu pelemahan kondisi kesehatan mental yang yang dikenal sebagai kecemasan terhadap kesehatan atau health anxiety.

Liputan6.com, Jakarta Orang yang secara obsesif mengkhawatirkan kesehatan mereka sering dianggap hipokondria. Tetapi bagi sebagian orang, virus corona telah memicu pelemahan kondisi kesehatan mental yang yang dikenal sebagai kecemasan terhadap kesehatan atau health anxiety

Seperti yang dieksplorasi Andrew Kersley, hal itu dapat menyebabkan hilangnya pekerjaan dan bahkan pikiran untuk bunuh diri.

Melansir dari BBC, Jumat (23/04/2021), seorang pria bernama Ben berhenti dari pekerjaannya sebagai sopir bus pada Maret 2020. Setiap kali dia libur, tidak bisa berhenti memikirkan bagaimana salah satu penumpangnya pasti terjangkit Covid-19 dan menginfeksinya. 

Meskipun dia masih muda dan sehat dan kemungkinannya untuk terkena penyakit serius rendah, dia terpaku pada gagasan bahwa dia akan terinfeksi dan kemudian mati.

Dalam dua minggu, Ben telah pindah dari rumah keluarganya di Birmingham dan memutuskan tinggal di rumah kosong yang ditinggalkan teman-temannya. 

"Saya terus berpikir tentang berada di tempat di mana tidak ada orang yang masuk atau keluar," jelas Ben.

Meskipun meninggalkan rumah dan berhenti dari pekerjaannya, kecemasannya tentang terinfeksi ternyata masih mendominasi pikirannya. "Saya akan bangun dan memeriksa apakah tubuh saya baik-baik saja," lanjutnya.

"Saya selalu memberikan gejala pada diri saya sendiri, jika saya lelah saya akan sepenuhnya yakin saya terkena (Covid-19). Saya takut pergi ke toko. Saya akan menghindari keluar dan bertemu orang sama sekali. Ini semua tentang 'bagaimana jika’ daripada (melihat) kenyataan dan tidak ada yang bisa memberi tahu Anda bahwa Anda akan baik-baik saja,” jelasnya.

Ben telah mengalami apa yang disebut kecemasan terhadap kesehatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hampir merenggut nyawa

Meskipun kita semua terkadang mengkhawatirkan kesehatan kita, kecemasan terhadap kesehatan sebenarnya telah diakui dalam Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-5) yang juga dikenal sebagai kitab suci psikiatri, sebagai suatu kondisi dimana seseorang memiliki ketakutan obsesif tentang kesehatan.

Hal ini didefinisikan dengan ciri-ciri dimana seseorang secara kompulsif memeriksa gejala, meneliti penyakit, terobsesi dengan sensasi tubuh normal atau menghindari apapun yang berpotensi menyebabkan Anda terkena penyakit.

Kondisi yang sedikit diketahui, namun meluas ini, telah menyerang lebih banyak orang tahun ini setelah pandemi.

Banyak yang tidak dapat meninggalkan rumah atau bahkan membuka jendela karena takut terinfeksi. Beberapa, seperti Ben, telah berhenti bekerja. 

Yang lain membersihkan rumah mereka selama berjam-jam sehari. Hampir semuanya telah diganggu oleh pikiran yang tidak terkendali tentang kematian akibat Covid.

"Ketika orang mengatakan itu hanya kecemasan ringan, (kenyataannya itu) hampir merenggut nyawa saya," kata Cherelle Farrugia, dari Cardiff, yang mengelola saluran YouTube tentang hidup dengan kecemasan terhadap kesehatan.

Dia pertama kali mengembangkannya tiga setengah tahun yang lalu setelah menemukan benjolan kecil dan meyakinkan dirinya bahwa dia menderita limfoma.

Setelah dikesampingkan, dia mengidap kanker payudara, tumor otak, dan banyak lagi. Dia tidak hanya khawatir sakit, tapi yakin dia sekarat dan tidak ada yang mendengarkan.

"Saya orang yang relatif logis dan cerdas, tetapi kecemasan (akan) kesehatan menghilangkan semua logika dari saya," jelasnya. 

Fiksasi terus-menerus menjadi sangat buruk sehingga dia berulang kali berakhir di pusat krisis kesehatan mental setempat karena semakin membuatnya tidak dapat berfungsi.

"Saya terdorong untuk bunuh diri, yang aneh karena saya berusaha menghindari kematian," katanya. 

"Tapi itu menjadi sangat buruk sehingga saya tidak bisa hidup dengan proses berpikir lagi. Tidak ada yang (dapat) saya lakukan yang bisa menenangkan saya." 

Pandemi telah memperburuk keadaan.

"Itu membuat Anda merasa seperti pencari perhatian. Itu benar-benar menghancurkan hidup saya,” kata Cherelle. 

Cherelle mengatakan kecemasannya mereda selama setahun karena Covid mulai merasa lebih "nyata" dan terlihat olehnya daripada penyakit hipotesis yang sebelumnya diyakinkan dirinya sendiri, tetapi banyak orang lain tidak dapat mengatakan hal yang sama.

3 dari 4 halaman

Musuh yang tidak bisa dilihat

Kecemasan akan kesehatan umumnya mencakup dua area dimana ketakutan bahwa Anda sudah sakit atau ketakutan akan sakit. Selama pandemi, yang terakhir memengaruhi semua orang. Tapi seperti kebanyakan penyakit mental, ini adalah spektrum. 

Sementara beberapa orang jarang memikirkannya, bagi yang lain hanya itu yang mereka pikirkan. Namun jumlah orang yang mengalami kecemasan akan kesehatan terus meningkat.

Dr Rob Willson, seorang ahli terapi perilaku kognitif dan ahli kecemasan terhadap kesehatan yang tinggal di London, mengatakan dia "tidak pernah memiliki permintaan keterangan sebanyak ini" tentang kecemasan terhadap kesehatan. Spesialis lain mengatakan kepada BBC bahwa dia sudah dipesan penuh untuk beberapa bulan ke depan.

Tetapi mencari perhatian medis tidak selalu meredakan kecemasan. 

"Kepastian tidak pernah meyakinkan, itulah yang selalu kami katakan," jelas psikolog klinis Dr Marianne Trent, yang menjalankan praktik kesehatan mental swasta di Coventry. "Dunia mereka menjadi sangat kecil, tetapi kesusahan mereka masih sangat tinggi."

Coronavirus khususnya menimbulkan masalah bagi mereka yang mengalami kecemasan akan kesehatan.

Gejala seperti sesak napas dapat menjadi gejala kecemasan dan Covid, dan keduanya dapat menciptakan lingkaran setan. Semakin Anda cemas, semakin banyak "bukti" yang Anda miliki bahwa Anda sakit.

Ditambah ada ketidakpastian tentang infeksi. 

"Ketika Anda menghadapi musuh yang tidak dapat Anda lihat, sulit untuk menurunkan radar ancaman itu," kata Dr Trent.

Bagi Myra Ali, di London utara, 12 bulan terakhir terasa sangat lama. "Saya belum benar-benar keluar rumah selama setahun," katanya. "Yang kami dengar hanyalah betapa mudahnya Anda bisa tertular Covid, jadi itu tertanam di benak Anda."

Wanita berusia 33 tahun itu berisiko rendah, tetapi ketakutan yang kuat tentang dirawat di rumah sakit karena Covid mengendalikan pikirannya. Dia bahkan menunda operasi karena kondisi kronisnya.

Hanya memesan makanan pada satu malam saja sudah cukup untuk memicu sebuah episode. "Keesokan harinya saya harus menelepon dokter karena saya terus berpikir 'bagaimana jika saya mendapatkan gejala?'," lanjut Ali.

4 dari 4 halaman

Terapi perilaku kognitif dapat membantu

Cara kita berbicara tentang kecemasan terhadap kesehatan di masyarakat hanya memperburuknya. Istilah seperti hipokondria dapat semakin mengabaikan mereka yang terlalu mengkhawatirkan kesehatannya, dan hanya sedikit orang yang menyadari bahwa kecemasan akan kesehatan benar adanya.

Sikap itu bahkan masuk ke komunitas medis dan Dr Willson mengatakan mungkin sulit untuk mendapatkan bantuan dari dokter karena persepsi negatif mereka sendiri tentang hal itu. Kondisi ini sebelumnya disebut hipokondriasis, tetapi stigma membuat para profesional menyebutnya kecemasan akan kesehatan.

Dr Willson, yang ikut menulis buku tentang kondisi tersebut, mengatakan ada kekurangan dokter yang mengkhususkan diri di dalamnya meskipun kondisi tersebut dapat memiliki dampak yang mengubah hidup. Dua dari pasiennya telah bunuh diri dan dia mengatakan itu mendominasi kehidupan banyak orang lainnya.

Tapi dia, bersama dengan Dr Trent, setuju kecemasan akan kesehatan dapat dikelola melalui terapi perilaku kognitif atau cognitive behavioural therapy (CBT), terapi bicara yang membantu mengubah cara berpikir dan berperilaku serta terapi eksposur, dimana dengan dukungan profesional, orang perlahan-lahan mengekspos diri mereka sendiri. untuk hal-hal yang membuat mereka cemas, seperti pergi keluar.

Dr Trent mengatakan dia menghargai dampak merugikan yang ditimbulkannya. 

"Ini masalah kehidupan dan kematian yang nyata. Ini pasti bisa melemahkan seperti kondisi kesehatan mental lainnya,” ujar Dr Trent.

Ketika kehidupan masyarakat sudah bisa berjalan normal, kehidupan dapat dilanjutkan bagi banyak orang, tetapi bagi mereka yang memiliki kecemasan akan kesehatan, kemungkinan tidak akan kembali normal sepenuhnya. 

Diperkirakan jumlah penderita kecemasan terhadap kesehatan akan terus meningkat bahkan lama setelah pandemi berakhir.

Dr Willson berkata: "Sudah cukup lama bagi mereka untuk mengembangkan kebiasaan memeriksa gejala, googling, dan terobsesi. Otak tidak cepat melepaskan kebiasaan semacam itu."

Reporter: Priscilla Dewi Kirana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini