Sukses

Tips Merawat Kulit Sebelum, Selama, dan Setelah Berolahraga

Olahraga kini tidak hanya menjadi upaya menjaga kesehatan dan kebugaran melainkan juga opsi yang tepat untuk mengisi waktu luang di antara kesibukan bekerja dari rumah.

Liputan6.com, Jakarta Olahraga kini tidak hanya menjadi upaya menjaga kesehatan dan kebugaran melainkan juga opsi yang tepat untuk mengisi waktu luang di antara kesibukan bekerja dari rumah. Selain membangun dan mempertahankan kekuatan otot dan tulang, Anda juga perlu memperhatikan kondisi kulit, baik sebelum, selama, bahkan setelah berolahraga.

Olahraga teratur membuat kulit Anda terasa segar dan bercahaya. Namun, tidak banyak yang menyadari bahwa kesalahan perawatan kulit tertentu mungkin menyebabkan kulit tidak bisa bernapas dengan baik.

Dr Geetika Mittal Gupta selaku kosmetologis membagikan beberapa petunjuk yang mungkin berguna untuk Anda sebagaimana dikutip dari The Indian Express, Senin (22/03/2021).

“Seperti yang Anda ketahui, aturan nomor satu dari berolahraga adalah menghapus riasan Anda. Melakukan ini sangat bagus untuk mulai memastikan kulit Anda terlihat lebih baik, di akhir latihan. Tetapi, ketika harus berolahraga, kita tidak sering memikirkan rutinitas perawatan kulit kita. Merawat kulit Anda dengan benar sebelum, sesudah, dan selama latihan akan membuat perbedaan besar pada kulit Anda,” ucap Gupta.

1. Sesi sebelum latihan (Pre-workout session)

Anda lebih mungkin mengalami jerawat jika Anda memulai latihan dengan kulit kotor. Hapus riasan Anda dengan pembersih berbasis minyak dan kemudian dengan pembersih yang lembut.

Oleskan pelembab dan lip balm karena bibir Anda bisa terasa kering dan pecah-pecah setelah berolahraga juga jangan lupakan tabir surya setidaknya yang mengandung SPF 30.

2. Sesi selama latihan (During workout session)

Ingatlah untuk jangan menyentuh wajah Anda. Semua kuman dan bakteri dari peralatan olahraga dapat menyebabkan jerawat dan bahkan infeksi bakteri. Jadi, jauhkan tangan Anda dari wajah saat berolahraga.

Jangan menyeka atau menggosok wajah Anda ke pakaian karena dapat menyebabkan ruam dan gatal-gatal. Sebagai gantinya, gunakan handuk lembut dan tepuk-tepuk kulit untuk menghilangkan keringat.

Tetap minum air selama latihan Anda. Jika Anda tidak minum cukup air, Anda mungkin mengalami gejala seperti dehidrasi dan bibir kering.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Sesi pasca latihan (Post-workout session)

Selalu bersihkan wajah Anda setelah berolahraga. Gunakan pembersih berbahan lembut yang sesuai untuk jenis kulit Anda. Menjaga wajah bebas keringat dapat mencegah pori-pori tersumbat.

Racun pasca-olahraga biasanya meresap ke dalam pakaian. Idealnya, seseorang harus mandi sebentar dan segera berganti ke pakaian bersih.

Kulit bisa memerah akibat merasakan panas setelah berolahraga. Jangan lupa oleskan pelembab setelah mandi untuk membantu menenangkan kondisi kulit.

Reporter: Priscilla Dewi Kirana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini