Sukses

Konsumsi 4 Buah Ini buat Penderita Kolesterol

Liputan6.com, Jakarta Kolesterol merupakan salah satu zat yang mirip dengan lemak atau biasa disebut lipid atau sterol. Zat tersebut diproduksi di hati dan bersilkulasi di dalam darah sehingga dapat membantu segala proses dalam tubuh.

Layaknya manusia, hewan sekalipun memiliki kolesterol . Ini artinya kolesterol ada di dalam daging, susu, dan juga telur.

Beberapa makanan yang mengandung kolesterol terasa baik-baik saja. Namun, jika dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan masalah.

Kelebihan tersebut akan tersimpan dalam arteri yang nantinya akan menyebabkan risiko penyakit jantung.

Salah satu cara untuk menurunkan kadar kolesterol adalah dengan mengonsumsi buah yang tinggi serat serta mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

Melansir laman Livestrong, Jumat (7/1/2021), berikut ini beberapa jenis buah yang bisa dikonsumsi bagi penderita kolesterol.

 1. Jeruk Bali

Sebuah studi “Journal of Agricultural and Food Chemistry” dari American Chemical Society di Universitas Ibrani Yerusalem melaporkan pada tahun 2006 bahwa orang dengan kadar kolesterol yang tinggi dapat mengalami penurunan secara signifikan dengan memakan satu porsi jeruk bali dalam sehari. Rutinitas itu dilakukan setidaknya dalam waktu sebulan.

Jeruk bali yang berwarna putih dan merah dinilai berhasil menurunkan kolesterol. Jeruk bali berwarna merah dinilai lebih efektif dan memberikan efek lebih besar pada kadar trigliserida.

Penulis studi yang dipimpin oleh Shela Gorinstein, PhD, itu mengeluarkan teori bahwa sifat antioksidan jeruk bali bertanggung jawab atas efek penurunan kolesterol.

2. Apel

Selain jeruk bali, apel juga mengandung serat yang banyak memiliki manfaat. Menurut Mayo Clinic, buah ini pun telah terbukti dapat menurunkan tingkat lipoprotein densitas rendah.

Lipoprotein densitas rendah dianggap sebagai kolesterol jahat karena dapat membentuk endapan di arteri. Jika sudah mengendap seperti itu, nantinya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Selain apel, Mayo Clinic pun menyarankan untuk mengonsumsi pir atau plum sebagai buah berserat tinggi lain yang dapat menurunkan kolesterol.

 

 

2 dari 3 halaman

3. Buah Beri

Sejumlah penelitian menemukan bahwa stroberi, blueberi, dan keluarga beri lainnya dapat membantu menurunkan kolesterol LDL. Sebuah studi yang dilakukan oleh A. Basu dan koleganya di Oklahoma Sate University pada tahun 2009 melakukan penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam “Nutrition Journal”.

Mereka menemukan bahwa wanita yang makan bubuk stroberi kering beku dalam minuman dinilai mampu menurunkan LDL dan kadar kolesterol. Penurunan tersebut bisa terjadi secara siginifikan hanya dalam waktu empat minggu.

Dalam studi lain, penelitian yang dipimpin oleh Edwin Frankel, PhD, dari University of California Davis yang hasilnya diterbitkan dalam “Journal of Agricultural and Food Chemistry” pada tahun 1998 menunjukkan bahwa rasberi merah, ceri manis, bluberi, dan stroberi dinilai mampu menurunkan kadar kolesterol LDL.

 4. Jus Jeruk

Siapa sangka jeruk pun dinilai mampu menurunkan kadar kolesterol. Banyak jenis jeruk yang diperkaya dengan sterol tumbuhan, menurut Mayo Clinic zat tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol LDL hingga 10 persen.

Jus jeruk juga telah terbukti dalam studi klinis yang dapat meningkatkan HDL atau kadar kolesterol baik. tingkat HDL yang tinggi tentu baik untuk kesehatan karena HDL dapat membantu memindahkan kolesterol keluar dari arteri dan kembali ke hati untuk selanjutnya dibuang.

Dalam studi lain yang dilaporkan oleh Elzbieta M. Kurowska dan rekannya dalam “American Journal of Clinical Nutrition” pada tahun 2000 menunjukkan bahwa seorang pria dan wanita yang minum setidaknya 750 ml jus jeruk sehari dapat meningkatkan kadar HDL hingga sebesar 21 persen. Dengan begitu jus jeruk dinilai dapat menurunkan risiko kolesterol.

 

 Reporter: Aprilia Wahyu Melati

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Ini