Sukses

7 Bahan Alami yang Ampuh Hilangkan Ketombe

Liputan6.com, Jakarta Selain rambut rontok, permasalahan wanita lainnya adalah kulit kepala yang berketombe. Sama seperti rambut rontok, kebanyakan wanita seringkali merasa terganggu karena adanya ketombe pada kulit kepala. Jika ketombe muncul, kulit kepala terasa panas dan begitu gatal.

Ketombe bisa disebabkan oleh beberapa alasan. Kemungkinan bisa karena kulit kepala yang kering. Untuk menghindari rasa gatal dan menghilangkan ketombe, tentu ada usaha yang harus dilakukan. Selain pengaruh sampo, ketombe juga bisa diobati dengan bahan alami.

Mengutip laman magforwoman, Jumat (25/12/2020), berikut ini bahan-bahan yang dapat membantu Anda menghilangkan atau mengatasi ketombe.

1. Soda kue dan jus lemon

Ternyata soda kue dinilai dapat membantu mengurangi serpihan kulit kepala yang kering. Selain soda kue, jus lemon juga dinilai mampu mengurangi ketombe yang ada di kulit kepala. Cara untuk menggunakannya cukup mudah.

Anda cukup mengambil bagian dari sodar kue dan tambahkan beberapa tetes jus lemon ke dalamnya. Setelah itu, oleskan campuran tersebut pada kulit kepala Anda.

Diamkan sekitar 10-15 menit. Kemudian, cuci rambut Anda dengan sampo biasa. Dengan begitu, campuran tersebut akan mengurangi ketombe yang ada di kulit kepala Anda.

2. Biji fenugreek dan minyak zaitun

Bahan selanjutnya yang bisa Anda gunakan adalah biji fenugreek dan minyak zaitun. Kedua bahan tersebut dinilai sangat bagus untuk mengatasi masalah ketombe.

Anda cukup merendam biji fenugreek selama 5-6 jam. Setelah itu, giling biji fenugreek tersebut. Tambahkan minyak zaitun. Kemudian oleskan ramuan tersebut ke kulit kepala Anda dan diamkan selama 10-15 menit.

Mungkin cara ini sedikit lebih rumit, namun cara ini dinilai efektif untuk masalah ketombe. Setelah didiamkan, cuci rambut Anda dengan sampo biasa. Anda bisa melakukannya selama dua kali dalam seminggu.

3. Yoghurt dan pasta neem

Jika Anda memiliki yoghurt berlebih di rumah, pakailah untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala Anda. Anda bisa menggunakan yoghurt secukupnya dan campurkan dengan pasta neem alami ke dalamnya.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan sedikit jus lemon ke dalam campuran itu. Oleskan pada kulit kepala Anda dan biarkan selama satu jam. Pasta alami tersebut dinilai mampu mengurangi rasa gatal dan menyebabkan kulit kepala mengelupas akibat ketombe yang sudah parah.

 

2 dari 2 halaman

4. Aspirin dan sampo

Aspirin juga ternyata bermanfaat untuk menghilangkan ketombe. Anda cukup menghancurkan satu tablet aspirin dan campurkan dengan sampo yang biasa Anda gunakan.

Setelah itu, aplikasikan kedua bahan tersebut ke kulit kepala. Agar lebih menikmati, pijatlah kepala Anda dengan benar.

Selanjutnya, jangan lupa untuk menggunakan kondisioner yang bagus untuk rambut. Kedua bahan tersebut dinilai mampu bekerja dengan baik untuk mengatasi masalah ketombe.

5. Cuka sari apel dan jus lemon

Kedua bahan tersebut dinilai efektif mengatasi masalah ketombe. Caranya, Anda ambil secukupnya cuka apel dan jus lemon. Campurkan keduanya dan aduk sampai rata. Setelah itu, oleskan ke kulit kepala Anda.

Cuci rambut jika sudah dibiarkan selama beberapa waktu. Jangan lupa untuk melembapkan rambut Anda setelahnya. Mungkin campuran kedua bahan tersebut bisa Anda simpan jika masih ada agar sewaktu-waktu dapat digunakan kembali.

 6. Jus lidah buaya dan lemon

Selain sebagai tanaman hias, lidah buaya juga dinilai mampu merawat kulit kepala khususnya untuk menghilangkan ketombe.

Lidah buaya diyakini mampu membantu mengurangi kemerahan dan rasa gatal yang disebabkan oleh ketombe. Aduk rata jus lidah buaya dan lemon. Setelah itu, aplikasikan ke kulit kepala Anda dan biarkan setidaknya selama 15 menit.

Kemudian cuci rambut Anda jika sudah selesai dengan menggunakan air hangat untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

7. Minyak kelapa dan ekstrak rosemary

Mungkin banyak yang belum mengetahui kalau ekstrak rosemary dapat membantu mengurangi masalah ketombe. Anda bisa menghilangkan ketombe dengan mencampurkan ekstrak rosemary dengan minyak kelapa.

Setelah itu, oleskan campuran tersebut ke kulit kepala Anda. Lakukanlah sambil memijat kepala Anda. Diamkan selama satu jam dan cucilah rambut Anda dengan sampo setelahnya. Kedua bahan ini dinilai mampu mengatasi masalah ketombe bahkan jika masalah tersebut parah.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati