Sukses

Kiat Bepergian Aman Saat Libur Tahun Baru Walau Pandemi

Liputan6.com, Jakarta Beberapa hari lagi akhir tahun akan segera tiba. Mungkin perayaan tahun baru kali ini tidak dapat dinikmati seperti tahun-tahun yang lalu karena sedang terjadinya pandemi Covid-19 di seluruh dunia. 

Walaupun sebagian besar dari kita telah terkunci dirumah selama sebagian besar tahun 2020 ini, mungkin ada saatnya Anda perlu bepergian untuk sejenak melepas penat di penghujung tahun.

Laman Cincinnati.com memberikan beberapa tips mudah untuk tetap aman dan sehat selama perjalanan Anda di saat-saat pandemi seperti ini.

1. Isolasi diri

Karantina sendiri selama 2 minggu sebelum dan 2 minggu setelah memulai perjalanan. Dengan mengisolasi diri selama 2 minggu sebelumnya, akan tahu bahwa Anda cukup sehat untuk bepergian tanpa menyebarkan Covid-19 selama perjalanan pada tujuan perjalanan.

Setelah kembali ke kediaman, lakukan isolasi mandiri sekali lagi selama 2 minggu untuk memastikan tidak tertular virus selama perjalanan.

Meskipun 2 minggu tampak seperti waktu yang lama, Anda akan membantu mencegah penyebaran virus ke orang lain. 

2. Lakukan perjalanan darat

Jika ingin bepergian, boleh saja, namun, yang terbaik saat ini adalah bepergian ke tujuan terdekat. 

Misalnya, jika bepergian untuk kesenangan, Anda mungkin merencanakan perjalanan staycation yang sebagian besar waktunya akan dihabiskan di hotel yang ada di kota Anda tentunya.

 Ide lain jika ingin ke lujar kota, gunakanlah mobil pribadi dan siapkan perbekalan seperti bahan makanan dan kebutuhan pokok sehingga tidak perlu makan di luar kecuali benar-benar diperlukan. 

3. Periksa persyaratan tujuan

Sebelum bertualang ke tujuan mana pun, pastikan untuk memeriksa petunjuk perjalanan ke setiap daerah bagian. Sebagian besar daerah bagian memiliki situs web pariwisata di mana Anda dapat mengakses informasi terbaru tentang persyaratan dan protokol untuk daerah tersebut.

 

2 dari 3 halaman

4. Sering-seringlah mencuci tangan

Selalu pastikan untuk mencuci tangan Anda secara menyeluruh dan sering. Bawalah pembersih tangan setiap saat karena tidak semua tempat menyediakan wastafel dan sabun yang tersedia. Jika Anda bisa mendapatkan tisu desinfektan, bawalah beberapa untuk keadaan darurat.

5.  Saat di pesawat

Jika perjalanan udara terpaksa harus dilakukan dan tidak dapat dihindari, pastikan untuk memakai masker rangkap dan membawa beberapa lainnya untuk berjaga-jaga.

 Jika memungkinkan, bawalah makanan ringan sendiri daripada membelinya. Meskipun sebagian besar toko dan restoran mungkin mengikuti protokol keamanan, tidak ada salahnya membawa makanan sendiri karena hanya Anda yang menanganinya.

6. Jangan pernah berasumsi

Hubungi terlebih dahulu ke perhentian yang Anda rencanakan seperti hotel, restoran, tempat perkemahan, dan lainnya. Untuk memastikan mereka beroperasi. 

Untuk hotel, tanyakan tentang logistik tambahan. Misalnya, beberapa hotel secara strategis membuat satu pintu masuk terbuka untuk orang-orang yang check-in dan yang lainnya untuk check-out sehingga orang tidak perlu berkumpul di area tertutup. 

Beberapa tempat usaha juga tidak menawarkan pembenahan kamar harian dan layanan merapikan tempat tidur, fasilitas yang biasanya mereka tawarkan, namun tidak untuk saat ini.

7. Bersikaplah fleksibel

Pahami bahwa ini adalah waktu baru dan tidak terduga untuk semua orang termasuk wisatawan lain, bisnis, petugas layanan, dan bahkan penegak hukum. 

Bersabarlah dan bersiaplah untuk mengubah rencana jika perlu, karena batasan atau aturan baru. Meskipun Anda harus ekstra hati-hati saat bepergian, jangan biarkan hal itu menghilangkan kegembiraan dari perjalanan. 

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Ini