Sukses

5 Makanan Pemberi Dampak Buruk untuk Kulit

Liputan6.com, Jakarta Kulit merupakan salah satu anggota tubuh yang juga berperan penting. Tanpa adanya kulit, tulang-tulang Anda mungkin dapat terlihat. Selain itu, yang paling terlihat dari sekian banyak anggota tubuh lain ya kulit Anda.

Perlu diketahui, keadaan internal dari tubuh Anda dapat terbaca atau tercermin dengan jelas saat melihat kondisi kulit Anda. Salah satu yang menjadi pengaruh perubahan kondisi kulit Anda berasal dari apa yang Anda konsumsi.

Selain itu, kurangnya waktu tidur Anda juga dapat memberi dampak buruk bagi kulit. Mungkin saja kulit Anda akan terlihat kusam. Hal-hal tersebut merupakan dampak buruk yang akan Anda rasakan jika tidak memerhatikan jenis makanan dan waktu tidur Anda.

Di sisi lain, jika Anda lebih memperhatikan hal-hal itu, mungkin dampak buruk tersebut tidak akan terjadi. Ketika Anda mengonsumsi makanan yang baik dan berolahraga dengan cukup itu dinilai mampu menjaga kesehatan kulit. Secara otomatis, kulit Anda akan lebih bersinar dan menunjukkan bahwa Anda sehat secara internal.

Mengutip laman magforwoman, Jumat (18/12/2020), setidaknya ada 5 hal, makanan dan minuman, yang dapat memberi dampak buruk untuk kulit Anda. Berikut penjelasannya.

1. Makanan olahan

Mengonsumsi makanan olahan, seperti makanan kaleng, memang memudahkan Anda saat sedang lapar.

Memasaknya pun tidak membutuhkan waktu yang lama. Namun, sadarlah bahwa ternyata sebagian besar makanan olahan seperti itu mengandung zat aditif dan pengawet dalam jumlah yang tinggi.

Zat tersebut dapat meningkatkan kandungan gula dalam tubuh sehingga menyebabkan hormon memproduksi lebih banyak minyak. Hal tersebut dapat memicu timbulnya jerawat.

Fakta lain juga menunjukkan, makanan yang diawetkan seperti itu membuat kulit tampak lebih kusam karena kurangnya nutrisi segar di dalamnya.

 2. Kafein

Tidak sedikit orang yang menikmati secangkir kopi di pagi hari karena memang dapat mengurangi kantuk dan membuat tubuh terasa lebih segar. Namun di sisi lain, ternyata mengonsumsi kafein setiap hari tidak terlalu baik untuk kulit Anda.

Kafein dinilai dapat menyebabkan kulit dehirasi dan kering. Bahkan bisa juga menyebabkan kulit Anda terlihat kusam.

 

2 dari 3 halaman

3. Gula

Ternyata mengonsum terlalu banyak gula dapat menyebabkan keseimbangan tubuh menjadi terganggu. Selain itu, juga dapat menyebabkan munculnya jerawat.

Jika hal itu tidak ingin terjadi, Anda harus mengurangi asupan gula ketika Anda menginginkan untuk mendapat kulit yang baik.

Jika Anda menyukai makanan yang manis, mungkin bisa coba mengonsumsi makanan manis lain, seperti buah-buahanm kurma, jus segar, air kelapa, dan lain-lain.

4. Keripik dan makanan ringan dalam kemasan

Perlu diketahui bahwa mengonsumsi terlalu banyak garam dan pengawet dalam keripik, seperti camilan, dapat menyebabkan retensi air dalam tubuh. Tidak hanya akan menambah berat badan Anda, tetapi juga dapat menyebabkan masalah, seperti kulit berkeriput dan berjerawat.

Untuk itu, sebisa mungkin hindarilah mengonsumsi makanan semacam itu. Terutama makanan yang mengandung banyak garam yang tidak sehat untuk dikonsumsi. Selain itu, juga tidak mampu mendukung keseimbangan tubuh yang baik.

5. Mengonsumsi makanan cepat saji

Mungkin makanan cepat saji menjadi makanan terfavorit banyak orang. Namun di samping itu, Anda juga perlu mengetahui bahwa makanan cepat saji, seperti pizza, pasta, kentang goreng, dan lain-lain, dapat menumpuk karbohidrat di dalam tubuh.

Selain dapat menambah berat badan Anda, makanan tersebut dapat menyebabkan masalah pada aliran darah dan meningkatkan kadar kolesterol.

Oleh karena itu, kulit Anda jelas tidak mendapat suplai darah yang sehat. Alhasil dapat menyebabkan kulit berminyak dan timbul beberapa jenis masalah kulit lainnya.

Kebanyakan orang mungkin menganggap mudah untuk mengatasi masalah kulit tersebut. Mungkin sebagian orang berpikir bahwa hanya dengan bantuan toner, krim, pembersih wajah, dan produk kecantikan lainnya itu dapat menyelesaikan permasalahan kulit yang ada.

Namun, penting juga untuk Anda menyadari bahwa kulit pun membutuhkan nutrisi dalam bentuk alami, bukan hanya dengan aplikasi kosmetik eksternal.

Semakin Anda meningkatkan pola makan dan kualitas bahan makanan yang Anda konsumsi dengan baik, semakin baik pula kondisi kulit yang akan Anda dapatkan. Mungkin saja dapat membuat Anda terlihat lebih muda dan cantik.

 Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Ini