Sukses

Ternyata, 9 Makanan Ini Bermanfaat buat Kesehatan Otak

Liputan6.com, Jakarta Otak adalah organ paling rumit dan paling kuat dibandingkan dengan bagian tubuh lain. Ini pada dasarnya adalah komputer super dalam tubuh.

Jika memiliki Ferrari, apakah Anda akan memasukkan bensin murah ke dalamnya? Tentu saja tidak. Anda ingin menggunakan bahan bakar performa tinggi untuk mendapatkan hasil maksimal.

Ketika berbicara tentang otak, banyak orang mencari makanan terbaik untuk meningkatkan kekuatan otak untuk membantu fokus lebih baik, berpikir lebih jernih dan memiliki kesehatan otak yang lebih baik.

Melansir dari berbagai laman, berikut 9 makanan untuk kesehatan otak yang akan membantu menciptakan energi yang besar.

 

 

 

2 dari 10 halaman

1. Salmon

Salmon mengandung Omega-3 yang sangat penting untuk membangun otak yang sehat, tetapi salah satu omega-3 yang penting adalah DHA.

DHA membentuk hampir dua pertiga dari omega-3 yang ditemukan di otak Anda. Omega-3 dan DHA secara khusus membantu membentuk lapisan pelindung di sekitar neuron dan memungkinkan kekuatan otak bekerja dengan kapasitas penuh.

 

3 dari 10 halaman

2. Bluberry

Blueberry memiliki kandungan antioksidan tertinggi, terutama antosianin, dibandingkan buah lainnya, yang membantu  melindungi otak dari stres dan meningkatkan penuaan otak yang sehat.

Kandungan antioksidan blueberry juga membantu mengurangi peradangan, yang memungkinkan otak untuk menjaga tingkat energi yang sehat. 

 

4 dari 10 halaman

3. Kunyit

Kunyit adalah bumbu yang sangat mengesankan yang telah diteliti dengan baik dan terbukti memiliki manfaat luar biasa untuk otak. Senyawa utama kunyit yang bermanfaat bagi otak disebut kurkumin, yang bertanggung jawab atas munculnya kuning cerah pada kunyit. Kurkumin telah didokumentasikan dengan baik memiliki efek anti-depresi yang kuat.

 

5 dari 10 halaman

4. Kopi

Kopi adalah ramuan energi yang sangat disukai banyak orang setiap pagi. Alasan terbesar orang minum kopi adalah untuk mendapatkan dosis kafein.

Kafein adalah stimulan neurologis alami yang tidak hanya memberi Anda energi tetapi juga mencegah adenosin, neurotransmitter yang terlibat dengan rasa lelah, agar tidak mengikat di otak.

 

6 dari 10 halaman

5. Brokoli

Brokoli mungkin bukan pilihan utama Anda, tetapi brokoli menjadi pilihan utama untuk otak. Sayur ini kaya akan nutrisi penting Vitamin K dan Folat. 

Vitamin K berperan penting dalam melindungi sel-sel otak. Folat berperan penting dalam detoksifikasi dan mengurangi peradangan di otak.

 

7 dari 10 halaman

6. Kaldu tulang

Banyak manfaat gizi dan nilai kaldu tulang berasal dari kandungan vitamin dan mineralnya yang substansial. Terutama kalsium, fosfor, magnesium, dan kalium.

Penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan langsung dan tidak langsung antara usus dan otak. Usus Anda juga menampung dan menyimpan banyak senyawa otak penting yang terlibat dengan kinerja otak yang optimal. Maka, kesehatan usus sangat penting untuk kesehatan dan kinerja otak.

 

8 dari 10 halaman

7. Kenari

Kacang kenari adalah salah satu pilihan kacang terbaik untuk kesehatan otak. Kenari juga terlihat mirip dengan otak.

Di antara berbagai jenis kacang yang tersedia, kenari mengandung jumlah tertinggi omega-3 DHA penting. DHA, seperti yang terlihat di atas, adalah blok bangunan penting untuk otak yang sehat.

 

9 dari 10 halaman

8. Kuning telur

Telur dapat memberikan dorongan luar biasa untuk kesehatan otak dan umur panjang. Telur, terutama kuningnya, mengandung senyawa yang disebut kolin. Kolin sangat penting untuk membangun neurotransmitter asetilkolin.

Asetilkolin  memainkan peran penting dalam  suasana hati, memori, dan kecerdasan. Ini sangat penting karena kadar kolin yang rendah dapat menyebabkan kadar asetilkolin rendah, yang pada gilirannya dapat menyebabkan peningkatan peradangan, kabut otak, kesulitan berkonsentrasi dan kelelahan.

 

10 dari 10 halaman

9. Dark Cokelat

Cokelat meningkatkan kadar endorfin, bahan kimia yang membuat otak nyaman. Inilah mengapa Anda merasa bahagia ketika makan cokelat. Cokelat juga meningkatkan aliran darah ke otak yang dapat membantu  meningkatkan daya ingat, perhatian, fokus, dan waktu reaksi.

BERANI BERUBAH: Gelas Kesuksesan Korban PHK