Sukses

Konsumsi Cokelat, Rasakan Sejuta Manfaatnya

Liputan6.com, Jakarta Cokelat selain manis dan enak untuk dikonsumsi namun juga baik untuk mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kesehatan.

Cokelat dianggap sebagai makanan super karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan Anda.  Manfaat cokelat berasal dari biji kakaonya.

Semakin tinggi konsentrasi kakao dalam cokelat maka semakin banyak manfaat kesehatan yang akan Anda dapatkan.

Selain itu cokelat hitam lebih unggul daripada cokelat susu karena memiliki asam lemak yang lebih sehat, sedikit kabohdirat, sedikit gula, banyak serat, kadar zat besi, magnesium, fosfor dan kalium yang tinggi.

Cokelat hitam juga memiliki banyak flavonoid yang merupakan nutrisi di dalam tanaman yang dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan kekebalan.

Mengutip dari Yourtango, Senin (28/9/2020) berikut 14 manfaat mengonsumsi cokelat hitam bagi kesehatan:

1. Endorphin perasaan baik Anda meningkat

Hasil yang didapatkan akan mengurangi rasa sakit dan meningkatkan mood Anda. Cokelat meningkatkan pelepasan amfetamin alami tubuh.

Sehingga cokelat menjadi salah satu alasan mengapa begitu banyak orang yang ingin mengonsumsinya ketika mereka membutuhkan peningkatan suasana hati.

 

 

2 dari 4 halaman

Manfaat selanjutnya

2. Baik untuk hati

Manfaat cokelat untuk jantung sangatlah besar. Ini membantu mengembalikan kelenturan arteri serta mencegah sel darah putih menempel di dinding pembuluh darah.

Selain itu makan cokelat juga telah terbukti menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Sehingga konsumsi cokelat setiap hari dikaitkan dengan penurunan risiko stroke.

3. Cokelat juga bagus untuk otak

Sebuah studi menemukan bahwa dua cangkir cokelat panas sehari membantu meningkatkan aliran darah ke bagian penting otak. Menungjukkan bahwa cokelat dapat membantu melawan penyakit penurunan kognitif progresif.

4. Memiliki manfaat selama kehamilan

Ada manfaat kesehatan dari makan cokelat untuk ibu dan juga bayinya. Sebuah penelitian menemukan bahwa wanita hamil yang makan cokelat memiliki lebih sedikit stress dan bayi akan lebih banyak tersenyum daripada bayi dari ibu yang tidka makan cokelat.

5. Cokelat hitam dapat menurunkan tekanan darah

Oksida nitrat dihasilakn dari flavanol dalam cokelat hitam dapat mengendurkan arteri sehingga menurunkan tekanna darah. Penelitian menemukan bahwa hubungan antara cokelat dan cokelat hitam dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan aliran darah.  

 

6. Kaya akan nutrisi dan antioksidan yang diperlukan

Sebenarnya cokelat hitam mengandung banyak mineral dan elemen yang sangat dibutuhkan yakni tembaga, magnesium, besi, fibert, kalium, seng, dan banyak lagi. Namun ingatlah bahwa mengonsumsinya mengandung banyak gula sehingga pertimbangkan asupan kalorinya.

 

 

3 dari 4 halaman

Manfaat lain

7. Mengurangi risiko penyakit jantung

Penelitian menunjukkan bahwa kolesterol jahat tidak cocok dengan senyawa dalam cokelat. cokelat hitam dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 50 persen, menurut sebuah penelitian.

8. Cokelat hitam dapat bertindak sebagai anti inflamasi

Meskipun makan cokelat adalah penguat endorfin dan otak yang hebat namun manfaat kesehatannya tidak berhenti sampai sana. Siafat anti inflamasi cokelat hitam dapat membantu tubuh melawan radang sendi, kanker dan diabetes.

9. Meningkatkan memori

Dapat mempengaruhi memori dengan cara yang sangat bermanfaat. Flavonoid dalam cokelat mungkin bertanggung jawab untuk meningkatkan pembelajaran.

10. Cokelat juga bermanfaat bagi kulit

Kalsium dan mangan memperbaiki kulit dan menghasilkan kolagen. Selain itu penelitian menunjukkan bahwa antioksidan daoat meningkatkan elastisitas julit dan melindunginya dari sinar UV.

11. Mengurangi risiko terkena diabetes

Walaupun cokelat memiliki kadar gula yang tinggi, penelitian menemukan bahwa kakao dapat membantu metabolisme glukosa dan resistensi insulin. Orang yang mengonsumsi cokelat hitam seminggu sekali tidak berisiko terkena diabetes.

12.Baik untuk kesehatan usus dan menurunkan berat badan

Penelitian menemukan bahwa cokelat hitam dapat membantu mengendalikan nafsu makan. Cokelat bertindak sebagai prebiotic selama pencernaan, mendorong bakteri menguntungkan untuk tumbuh di usus. Ini berarti tubuh menyerap nutrisi dan meningkatkan metabolisme.

13. Mencegah kanker

Cokelat hitam dapat membantu mencegah jenis kanker tertentu. Penelitian menemukan bahwa mengonsumsi cokelat kaya akan antioksidan dan flavonoid mengembangkan lebih sedikit kanker.

14. Pereda batuk

Theobromine adalah salah satu bahan kimia dalam kakao, dan telah terbukti menjadi penekan batuk yang lebih baik daripada obat batuk.

 

Reporter: Tasya Stevany

4 dari 4 halaman

Saksikan video di bawah ini: